UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENETAPKAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MELALAUI IN HOUSE TRANING

Penulis

  • Nendi Nendi SMA Negeri I Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24252

Abstrak

Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh kemampuan satuan pendidikan dalam mengelola proses pembelajaran. Penilaian merupakan bagian yang penting dalam pembelajaran. Dengan melakukan penilaian, pendidiksebagai pengelola kegiatan pembelajaran dapat mengetahui kemampuan yang dimiliki peserta didik, ketepatan metode mengajar yang digunakan, dan keberhasilan peserta didik dalam meraih kompetensi yang telah ditetapkan Berdasarkan permasalahan yang telah dikemukakan di atas bahwa cara pemecahan masalah yaitu dengan In House Training yang difasilitasi pengawas sekolah dapat meningkatkan kemampuan guru menetapkan KKM. Penelitin ini berbentuk PTS dilaksanakan 2 siklus dengan seting SMA Negeri I Cirebon dengan subyek sejumlah 67 Guru dengan setting waktu tanggal 1 Agustus 2019 untuk siklus I sedangkan siklus 2 dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2019 Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang disampaikan pada bab IV, maka simpulan yang dapat dipaparkan adalah sebagai berikut. 1) In House Training (IHT) dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menetapkan KKM di SMA Negeri I Cirebon.2) In House Training (IHT) dapat meningkat keaktifan dan tanggung jawab peserta/guru dalam menetapkan KKM. di SMA Negeri I Cirebon..3) Terjalinnya kolaborasi antara guru-guru  dengan kepala sekolah sekolah di sekolah binaan dalam rangka peningkatan profesionalisme guru di SMA Negeri I Cirebon

Kata Kunci: Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), In House Traning

Referensi

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. CV. Pustaka Setia: Bandung

Departemen Pendidikan Nasional (2008)Penetapan KKM

Departemen Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2008. Bahan Bantuan Teknis PTK dan Workshop Pengembangan Kurikulum. Jakarta.

Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Institut Pertanian Bandung. 2007. Training. http://web.mb.ipb.ac.id/pies/training, diakses pada tanggal 31 Agustus 2008

Krisnadira. 2008. Publik Training vs Inhouse Training Mana Yang Lebih Efektif. http://www.krisnandira.com/2008/03/14/public-training-vs-inhouse-training-mana-lebih-efektif/, diakses pada tanggal 31 Agustus 2008

Lembaga Pengembangan Auditor Internal. 2008. Inhouse Training. http://lpauditorinternal.org/index.php, diakses pada tanggal 31 Agustus 2008

Lestari, Tita. 2000. “Merencanakan dan Melaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah”. Disampaikan pada Kegiatan Pembekalan Pembimbing Penelitian Tindakan Sekolah di Bogor.

Diterbitkan

2020-04-01

Cara Mengutip

Nendi, N. (2020). UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENETAPKAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MELALAUI IN HOUSE TRANING. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 41–49. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24252

Terbitan

Bagian

Articles