Model Reciprocal Teaching Berbasis Reinforcement Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.26439Kata Kunci:
Reciprocal Teaching, reinforcement, kompetensi pengetahuan IPAAbstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching berbasis reinforcement terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN. Jenis penelitian yaitu quasi experiment dengan bentuk Non-Equivalent Control Grup Design. Populasinya ialah seluruh kelas V SDN sebanyak 9 kelas, 253 siswa. Penentuan sampel dengan teknik random sampling sehingga terpilih 68 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Data dikumpulkan menggunakan metode tes berupa tes pilihan ganda biasa sebanyak 36 soal. Selanjutnya dianalisis dengan uji-t polled varian. Berdasarkan hasil analisis diperoleh harga thitung = 2,086 , dk = 66 dan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 1,997. Dengan demikian, harga thitung = 2,086 > ttabel = 1,997, maka H0 ditolak sehinga adanya perbedaan signifikan kompetensi pengetahuan IPA terhadap kedua kelompok sampel. Sehingga disimpulkan, model Reciprocal Teaching berbasis reinforcement berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN.
Referensi
Alma, B. dkk. (2010). Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.
Antari, N. W., Sujana, I. W., & Wiarta, I. W. (2013). Pengaruh Model Reciprocal Teaching ( Pembelajaran Terbalik ) Berbantuan Multimedia Terhadao Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD GUGUS I Denpasar Selatan.
Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ariyasa, Gd I; Madri Antari, Ni Ngh; Sulastri, N. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tulamben. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1), 10.
Aswat, H. (2019). SangPencerah Penggunaan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri I Abstrak. 4(i), 12–20.
Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.
Darmayanti. Putu Laksmi, Putra, M., & Suara, I. M. (2014). Model open ended berbasis reinforcement berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 18 Dangin Puri Denpasar Utara. Mimbar Pgsd, 2(1). http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3020/2504
Gemaydha, I. G., Putra, I. K. A., & Darsana, I. W. (2014). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Reinforcement Berbantuan Bahan Ajar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , FIP Universitas Pendidikan Ganesha.
Gita, P., Dantes, N., & Sariyasa. (2014). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika Siswa kelas V SD. E-Journal Program Pascsarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–10.
Komang, N., & Mas, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbasis Reinforcement Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan. 1, 145–152.
Kosasih. (2016). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
Kurniawati, N. E., Nym, D., Mahadewi, L. P. P., & Pgsd, J. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal TeachingTerhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng Universitas Pendidikan Ganesha. 3.
Luh, N., Yuliana, P., Suniasih, N. W., Agung, I. G., & Negara, O. (2014). Pengaruh Pendekatan Starters Eksperimen ( PSE ) Berbasis Reinforcement Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Sekolah Dasar Denpasar Utara Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , FIP Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan G. E-Journal PGSD Universitas Ganesha, 2(1).
Mahayanti, Gst. A. Md. Atiek; Pudjawan, Kt.; Margunayasa, I. G. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Mind MappingTerhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV Semester II SD NO. 1 Baktiseraga. 1.
Ngr, I. G., Putra, D., Arcana, I. N., & Pgsd, J. (2013). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas V SD Di Gugus7.
Novita Dewi, Sari Rahayu; Gusmaweti; Sari, R. T. (2013). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD N 03 Binuang Kampung Dalam Padang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sakaningsih, N., Asri, I. G. A. A. S., Agung, I. G., & Negara, O. (2014). Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Reinforcement Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD N 18 Dangin Puri Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.
Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta Barat: PT. Indeks.
Sethiawan, I Komang Agus; Sri Asri, IGA Agung; Semara Putra, D. B. K. . N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Terbalik ( Reciprocal Teaching ) Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Semester II SD Gugus I Gusti Ketut Jelantik. Mimbar Pgsd, 2(1), 1–10.
Setyosari, P. H. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suastana, I. W., Abadi, I. B. S., Putra, M., Pendidikan, J., & Sekolah, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbais Reinforcement Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V GugusIV Abiansemal Tahun Pelajaran 2016 / 2017 Universitas Pendidikan Ganesha. 2.
Sudametri Dewi, I Dewa Ayu; Wiarta, I Wyn. ; Meter, I. G. (2014). Model Reciprocal Teaching (Pembelajaran Terbalik) Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus MAYOR METRA. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sutami, N. K. (2018). Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining Berbasis Reinforcement Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas Iv. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i2.14710
Suteni, K., Wirya, I. N., Pt, L., & Mahadewi, P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sd Gugus 1 Kecamatan Buleleng. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Tulamben, 2, 1.
Wahyuni, K. M., & Putra, Made ; Darsana, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Turnament (TGT) Melalui Variasi Reinforcement Terhadap Hasil Belajar IPS rn Siswa Kelas V SD Gugus III Batuan Sukawati rn Tahun Pelajaran 2013/2014. Mimbar Pgsd, 2(1). http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3205
Widarini, Kadek Linda; Sri Asri, I.G.A Agung; Semara Putra, D. K. N. ; (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching Berbasis Reinforcement Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas V Sd Gugus I Gusti Ngurah Rai. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10661
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)