Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Pande Putu Sudirama Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ngurah Japa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Yasmiartini Yasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36868

Keywords:

Discovery learning, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Hasil belajar IPA siswa tergolong rendah dikarenakan guru kurang menggunakan model pembelajaran yang inovatif, penggunaan media dalam proses pembelajaran juga kurang optimal, sedikitnya sumber belajar yang digunakan guru dalam pembelajaran daring, dan guru hanya memberikan tugas melalui WA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 17 orang. Data dikumpulkan dengan tes pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal dan lembar observasi aktivitas siswa. Data hasil belajar dan observasi aktivitas siswa dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan mencari persentase observasi aktivitas siswa dan persentase ketuntasan belajar siswa. Data diambil dari dua kegiatan yaitu siklus I, siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan, pada siklus I persentase aktivitas siswa 57% dan persentase ketuntasan klasikal 65%. Pada siklus II persentase aktivitas siswa 71% dan persentase ketuntasan klasikal 82%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV.

Author Biography

Pande Putu Sudirama, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar

References

Amna, Z. Y., & Muhammadi, M. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tematik Terpadu Kelas IV SD ( Studi Literatur ). Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(6), 79–89.

Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil BelajarIPA Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 23(1), 53–64. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407

Ardianto, A., Mulyono, D., & Handayani, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Inovasi Matematika, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i1.136. DOI: https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i1.136

Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 13. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28165. DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3221

Artawan, P. G. oki, Kurmariyanti, N., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20. DOI: https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Asmara, A. S., Hardi, H., & Ardiyanti, Y. (2019). Contextual learning on Mathematical subjects to enhance student motivation for learning in vocational high school. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(2), 228. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.13499. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.13499

Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 1(4), 231. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859

Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488

Basri, A. M., Rohana, R., & Pagarra, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 124 Batuasang Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Publikasi Pendidikan, 8(3), 160. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i3.5995. DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v8i3.5995

Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare, 17(2 SE-Research), 90–97.

Ermawati, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD Negeri 170 Palembang. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 19(1), 68. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i1.4999. DOI: https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i1.4999

Fitrianingtyas, A., & Radia, A. H. (2017). Peningkatan hasil belajar IPA melalui model discovery learning siswa kelas iv SDN Gedanganak 02. Mitra Pendidikan, 1(6), 708–720.

Hastuti, P. W., Tiarani, V. A., & Nurita, T. (2018). The influence of inquiry-based science issues learning on practical skills of junior high school students in environmental pollution topic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 232–238. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14263. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14263

Hutapea, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Program Cabri 3D untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Dimensi Tiga. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 77–85. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.4186. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.4186

Ismayani, M., Romdon, S., & Triyani, N. (2018). Penerapan Motode Discovery Learning Pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. 1(september), 713–720. http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i5p%25p.978.

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 20–29. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10126. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10126

Karina, R. M., Syafrina, A., & Habibah, S. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Pada Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 61–77.

Kasmini, L., & Munthe, I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar Kota Banda Aceh. 5(2), 145–154. https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i1.5384. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.766

Koyan, I. W. (2012). Konstruksi Tes. Undiksha Press.

Kurniawati, M., Santanapurba, H., & Kusumawati, E. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 8–19. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i1.6827. DOI: https://doi.org/10.20527/edumat.v7i1.6827

Kusumaningrum, Y. P., & Hardjono, N. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tematik. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 15–20. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.15-20. DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.15-20

Lawe, Y. U. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Journal of Education Technology, 2(1), 26. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13803. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13803

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333

Maharani, B. Y., & Hardini, A. T. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(5), 549–561.

Marsila, W., Connie, C., & Swistoro, E. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.1-8. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.1-8

Melinda, M., Nugraha, M. F., Hendrawan, B., & Kunci, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Puspajaya Materi Manfaat Gaya Dalam Kehidupan Sehari-hari. 5(2), 75–82. DOI: https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v5i2.1082

Miasari, N. P., Sumantri, M., & Renda, N. T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Sekitar Terhadap Hasil Belajar IPA. 3(2), 319–328. http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27452.

Naibaho, M. R. U., & Hoesein, E. R. (2021). Meta Analisis Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 19. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2290. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2290

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808

Nur Jannah, I. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135

Nurdin, H. S. (2016). Guru Profesional dan Penelitian Tindakan Kelas. 1(1). http://dx.doi.org/10.30983/educative.v1i1.118.

Patandung, Y. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(1), 9. https://doi.org/10.26858/est.v3i1.3508. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v3i1.3508

Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Untuk Meningkatkan Academic Skill Pada Mahasiswa. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 231. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p231-238. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p231-238

Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(1), 40–49. https://doi.org/10.23887/jptk.v14i1.9880. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i1.9880

Rahmawati, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA 2(April), 12–20. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175. DOI: https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175

Variani, N. L. D., & Gede Agung, A. A. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 290. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26631. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26631

Yuliana, N. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. DOI: https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000

Downloads

Published

2021-07-14

How to Cite

Sudirama, P. P., Japa, I. G. N., & Yasa, L. P. Y. (2021). Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 165–173. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36868

Issue

Section

Articles