ANALISIS TIDAK TERCAPAINYA STANDAR KINERJA KARYAWAN (Sebuah Kajian Dari Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia)

Authors

  • I Ketut Adi Astawa Giri .
  • Dr.I Wayan Bagia, M.Si .
  • Komang Krisna Heryanda, S.E., M.M. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan deskriptif mengenai penyebab tidak tercapainya standar kinerja di hotel Rela, dampak tidak tercapainya standar kinerja hotel Rela dan karyawan, serta upaya yang dilakukan untuk mencapai standar kinerja pada hotel Rela. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab ketidaktercapaian standar kinerja karyawan dari aspek internal adalah dari segi perusahaan dan karyawan, kemudian penyebab ketidak tercapaian standar kinerja dari aspek eksternal disebabkan oleh budaya dan adat-istiadat dari karyawan, dampak yang ditimbulkan akibat ketidaktercapaian standar kinerja karyawan terbagi menjadi tiga yaitu bagi perusahaan adalah menurunnya tingkat penjualan kamar dan menurunnya pendapatan hotel Rela, kemudian dari pihak karyawan adalah menurunnya gaji yang diterima karyawan, motivasi kerja dan semangat kerja karyawan menurun, komitmen kerja menurun sehingga rentan berhenti bekerja atau beralih perusahaan lain, selanjutnya dari pihak konsumen atau pelanggan adalah timbulnya rasa kecewa dari pelanggan sehingga kepuasan pelanggan menurun, timbulnya persepsi pelanggan untuk tidak menginap di hotel Rela dan memilih tempat lain, upaya yang dapat dilakukan adalah melakukan seleksi karyawan yang tepat, menerapkan kompensasi yang berbasis kinerja dan pemberian motivasi dan pengharagaan.
Kata Kunci : kinerja karyawan, motivasi dan gaji

This research aims to obtain a descriptive finding on the causes of non-achievement of performance standards at Rela hotels, the impact of the lack of performance standards of the hotel and employees, as well as efforts made to achieve performance standards at Rela hotel. The results showed that the cause of non-achievement of employee performance standards from internal aspects is in terms of companies and employees, then the cause of non-achievement of performance standards from external aspects caused by the culture and customs of employees, the impact caused by non-achievement of employee performance standards is divided into three, namely for the company is decreasing the level of room sales and decreased revenue Rela hotel, then from the employee is the decline in salaries received by employees, work motivation and employee morale decreased, work commitment decreases so that the vulnerable stop working or switch other companies, then from the consumer or customer is the emergence of disappointment from customers so that customer satisfaction decreases, the incidence of customer perception not to stay at hotel Rela and choose another place, the efforts that can be done is to make the right employee selection, applying performance-based compensation and motivating and rewarding.
keyword : employee performance, motivation and salary

Published

2018-07-27

How to Cite

., I. K. A. A. G., ., D. W. B. M., & ., K. K. H. S. M. (2018). ANALISIS TIDAK TERCAPAINYA STANDAR KINERJA KARYAWAN (Sebuah Kajian Dari Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia) . Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/15214

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>