PENGEMBANGAN SELANCAR (SURFING) DI KAWASAN WISATA PANTAI KUTA, KABUPATEN BADUNG MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (COMMUNITY BASED DEVELOPMENT)

Authors

  • N. L. Henny Andayani
  • N Nym Yulianthini

Abstract

Abstrak

Kuta merupakan salah satu kawasan wisata di Kabupaten Badung yang dilengkapi dengan beragam fasilitas wisata, seperti restoran, bar, hotel, laundry, money changer, dll. Keberadaan kawasan wisata Kuta tidak terlepas dari atraksi wisata utama berupa keindahan pantai dengan pasir putihnya. Beragam aktifitas wisata seperti berjemur, surfing, dll dapat dilakukan di Kuta. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pengembangan selancar (surfing) di kawasan wisata pantai kuta, kabupaten badung melalui pemberdayaan masyarakat (community based development). Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran serta dan keikutsertaan masyarakat lokal dalam pengembangan selancar (surfing) di kawasan wisata Kuta masih sedikit. Para pelaku dan investor mayoritas berasal dari luar wilayah kuta. Berdasarkan analisis SWOT didapatkan strategi alternatif yang perlu dikembangkan di Kuta antara lain: pengembangan surfing berbasis masyarakat lokal di kawasan Kuta, pengembangan usaha jasa pelayanan surfing yang dimiliki dan dikelola oleh masyarakat lokal, strategi peningkatan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan yang melakukan kegiatan surfing di Kawasan Kuta, dan strategi pengembangan kelembagaan terhadap kegiatan surfing.

Kata Kunci : strategi, pengembangan, surfing, pemberdayaan masyarakat

Downloads

Published

2013-03-06

How to Cite

Andayani, N. L. H., & Yulianthini, N. N. (2013). PENGEMBANGAN SELANCAR (SURFING) DI KAWASAN WISATA PANTAI KUTA, KABUPATEN BADUNG MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (COMMUNITY BASED DEVELOPMENT). Jurnal Manajemen Indonesia, 1(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/380

Issue

Section

Articles