Analisis Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah pada SDN 1 Bebalang Bangli Tahun 2015

Authors

  • Siti Rodliyah Novita Jurusan Manajeme, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Swendra Jurusan Manajeme, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Yuliantini Jurusan Manajeme, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Akuntabilitas, Dana BOS, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui: (1) bagaimana akuntabilitas pengelolaan dana BOS yang diterima oleh SD Negeri 1 Bebalang Bangli, (2) siapakah pihak-pihak yang terlibat dalam pengelolaan dana BOS tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggambarkan atau menguraikan suatu situasi yang bersifat faktual secara sistematis dan akurat. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, antara lain: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) menarik simpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) akuntabilitas untuk pengelolaan dana BOS di SD Negeri 1 Bebalang Bangli berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan SD Negeri 1 Bebalang Bangli dalam mengelola dana dan membuat laporan pertanggungjawaban dilakukan dengan terbuka dan melibatkan banyak pihak, serta sudah sesuai dengan Juknis dana BOS tahun 2015. (2) Proses pengelolaan keuangan yang bersumber dari dana BOS pada SD Negeri 1 Bebalang Bangli melibatkan Kepala Sekolah, Bendahara, guru, pegawai  administrasi sekolah, pengawas dan Komite Sekolah.

               

 

References

Ferdiana dan Ansar.2012. Akuntabilitas Lsm, Milik Donor Atau Publik (Studi Analisis Wacana Studi Pada Kantor Eksekutif Daerah Walhi Sulawesi Tengah). Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako Palu.

Jayatri, Monika. 2012. “ Analisis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SMPN 11 Yogyakarta dan SMPN 1 Purworejo. Fakultas Ekonomi Program Studi Ekstensi Universitas Indonesia Jakarta.

Juwita, Afida Sari. 2014. “Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Ditinjau Dari Akuntabilitas. (Studi Kasus pada SD Jember Lor 3 tahun Anggaran 2012)”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.

Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Miles, Manthew B dan A. Michael Huberman. 2007. Terjemahan Tjejep Rohendi. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Meoleong, Lexy J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Peraturan Mendiknas Nomor 69 tahun 2009 tentang standar biaya operasi non personalia.

Peraturan Pemerintah Nomor 48 tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan

Rasul, Syahrudin. 2002. Pengintegrasian Sistem Akuntabilitas Kinerja dan Anggaran dalam Perspektif UU No. 17/2003 Tentang Keuangan Negara. Jakarta: PNRI

Simanjutak, Dahnil Anzar dan Yeni Januarsi. 2011. Akuntabilitas dan Pengelolaan Keuangan di Masjid. Simposium Nasional Akuntansi XIV Aceh. Makalah disampaikan pada 21-22 Juli 2011, Banda Aceh.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2019-07-30

How to Cite

Novita, S. R., Swendra, I. W., & Yuliantini, N. N. (2019). Analisis Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah pada SDN 1 Bebalang Bangli Tahun 2015. Jurnal Manajemen Indonesia, 7(2), 80–88. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/38315

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)