Storing System dalam Meningkatkan Kelancaran Operasional Barang di Discovery Kartika Plaza Hotel Bali

Authors

  • Kadek Yuli Pramawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Ary Widiastini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Dini Andiani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v2i2.22099

Abstract

Abstrak
Sistem penyimpanan barang sangat penting dilakukan pada setiap perusahaan karena dapat membantu dalam meningkatkan kelancaran operasional barang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem penyimpanan yang diterapkan pada Discovery Kartika Plaza Hotel. Sumber data penelitian diperoleh dengan mengadakan observasi dan wawancara langsung dengan narasumber pada bagian store di Discovery Kartika Plaza Hotel. Hasil penelitian dimasukkan secara deskriptif dan diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa dalam penyimpanan dan pengeluaran barang sudah menerapkan sistem penyimpanan dan prosedur yang telah ditetapkan yaitu dengan sistem First Expired First Out (FEFO) dan sistem First In First Out (FIFO). Masalah yang sering dihadapi yaitu kehilangan barang yang digunakan oleh departemen lain tanpa disertai formulir permintaan pengeluaran, oleh karena itu cara penanganan yang dapat dilakukan adalah selalu mengecek keadaan barang dan menyiapkan urgency form untuk mengambil barang diluar jam operasional store, sehingga kegiatan operasional barang untuk kebutuhan hotel dapat dilaksanakan dan berjalan dengan baik.
Kata kunci: Storing System, Operasional, Discovery Kartika Plaza Hotel dan Penanganan

Abstract
Stroring systems are very important to each company or hotel because it can help in improving the operational smooth of the stock. This research aims to find out how the storing system is applied in Discovery Kartika Plaza Hotel. The source of the research data obtained by conducting observations and interviews directly with the respondents in the store section of Discovery Kartika Plaza Hotel. The results of the study were inserted descriptively and obtained results indicating that in the storage and distribution of stock have implemented the storing system and procedures that have been established namely with First Expired First Out (FEFO) and First In First Out (FIFO) systems. The most common problem is the loss of stock used by other departments without an issued request form, therefore the way of handling that can be done is to always check the stock and prepare the emergency form to take the stock outside store operating hours, so that the operational activities of stock for hotel needs can be implemented and run well. Keywords: Storing System, Operational, Discovery Kartika Plaza Hotel and Handling

References

Elqorni Ahmad, 2009. Pengertian Sistem Manajemen Pergudangan. https://elqorni.wordpress.com/2009//11/11/sistem-manajemen-gudang/. Diakses pada tanggal 8 April 2019.

Kholifatun, Indri dan Nurcahyo, Jati. 2018. “Sistem Kerja Storage dan Purchasing Department terhadap Kelangsungan Operasional di Hotel Jambuluwuk Malioboro Yogyakarta”. file:///C:/Users/username/Downloads/3637-101531-PB.pdf. Diakses pada tanggal 8 April 2019.

Nurjanah, Ita dan Putri, Yuliani. 2018. “Upaya General Store Section dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan (Studi Pengendalian Mutu The Phoenix Hotel Yogyakarta”. https://osf.io/pukqm. Diakses pada tanggal 8 April 2019.

Rahman, Faisal dan Bagio, Tony Hartono. 2004. “Sistem Informasi Inventory dengan Menggunakan Metode First In First Out (FIFO)”. https://www.researchgate.net/profile/tony_bagio/publication/266411389_sist em_informasi_inventory_dengan_menggunakan_metode_first_in_first_out_ fifo/links/581321af08aeb720f680d7c4/sistem-informasi-inventory-denganmenggunakan-metode-first-in-first-out-fifo.pdf. Diakses pada tanggal 8 April 2019.

Sihite, Richard, 2000. Hotel Accounting and Cashier.Surabaya:SIC. Suarsana, Nyoman. 2007. Siklus Pengadaan Barang Aplikasi di Perhotelan dan Restoran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Issue

Section

Articles