PENGARUH PENEMPATAN KERJA DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA HOTEL ADI ASRI PEMUTERAN

Fathur Rizqi Samawi, Wayan Cipta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penempatan kerja dan budaya kerja terhadap kinerja karyawan di Hotel Adi Asri Pemuteran yaitu pengaruh secara parsial dan pengaruh secara simultan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini merupakan karyawan Hotel Adi Asri Pemuteran sedangkan objek penelitian ini adalah penempatan kerja, budaya kerja dan kinerja karyawan. Populasi penelitian yang digunakan berjumlah 46 orang karyawan. Data yang didapatkan dari hasil kuisioner dan wawancara kemudian dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penempatan kerja dan budaya kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, (2) penempatan kerja berpengaruh positif terhadap budaya kerja karyawan, (3) penempatan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, dan (4) budaya kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan.


Keywords


budaya kerja; kinerja karyawan; penempatan kerja

Full Text:

PDF

References


Ardana, I. K., Mujiati, N., & Utama, I. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu.

Arianto, D. A. N. (2013). Pengaruh Kedisiplinan, Lingkungan Kerja dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Pengajar. Jurnal Ekonomi, 9(2).

Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga.

Devy, P. A. D. S. (2017). Pengaruh Penempatan Kerja dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV Prabu Tirta Gunung Negara Tahun 2016. Universitas Pendidikan Ganesha.

Efendy, E. S. (2017). Pengaruh Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kejaksaan Negeri Kendari. Sekripsi Manajemen Universitas Halu Oleo. Mahirot, Tua Efendi Hariandja. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Pengadaan, Pengembangan, Pengo. Grafindo.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Remaja Rosdakarya.

Michell. (2008). Human Resource Management: The Strategic Prespective. Herper Collins College Publishers.

Moeljono, D. (2005). Budaya Korporat dan Keunggulan Korporasi. PT. Elex Media Komunikasi.

Mustofa. (2016). Pengaruh Penempatan dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2).

Naliebrata, A. (2007). Analisis Pengaruh Penempatan Pegawai Berbasis Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai. Universitas Saburai Bandar Lampung.

Rutherford, R. D. (1993). Statistical Model for Causal Analysis. John Wiley & Sons Inc.

Siagian. (2004). Pengaruh Kompetensi, Budaya Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Rajawali Pers.

Yunita, K. E., Yulianthini, N. N., & Bagia, I. W. (2016). Pengaruh Pengalaman Kerja dan Penempatan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bali. Bisma, 4. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/download/6714/4575




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jmpp.v4i1.29604

Article Metrics

Abstract view : 157 times
PDF file view : 87 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/jmpp.v4i1.29604.g18560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata is published by:



Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Manajemen Perhotelan dan Parisiwata is indexed by:

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  


Creative Commons License
 
Jurnal Manajemen Perhotelan dan Parisiwata is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License