PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PADA KELOMPOK PETANI TANAMAN HIAS DESA PETIGA

Authors

  • I Made Dwi Ade Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Suarmanayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i1.35568

Keywords:

Training, Work Motivation, Work Productivity

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja pada petani tanaman hias baik secara simultan maupun parsial. Kuantitatif kausal merupakan desain riset yang dipakai pada penelitian ini. Subjek pada penelitian ini yakni anggota kelompok petani tanaman hias Tunas Mekar Sari Desa Petiga. Dan objek penelitian ini yakni Pelatihan, Motivasi Kerja dan Produktivitas Kerja. Populasi yang diambil pada penelitian ini ialah anggota dari kelompok petani tanaman hias Tunas Mekar Sari Desa Petiga sejumlah 80 responden. Instrument yang dipakai untuk mengumpulkan data yakni kuesioner serta teknik analisis data yang dipakai yakni analisis linear berganda. Hasil dari kajian ini yakni (1) pelatihan serta motivasi kerja memengaruhi produktivitas kerja secara positif serta signifikan, (2) pelatihan memengaruhi produktivitas kerja secara positif serta signifikan, (3) motivasi kerja memengaruhi produktivitas kerja secara positif serta signifikan. Jadi pelatihan dan motivasi kerja penting untuk terus diberikan kepada para petani untuk meningkatkan produktivitas kerja kelompok petani tanaman hias Tunas Mekar Sari Desa Petiga.

References

Anoraga. (2002). Psikologi Kerja. Rineka Cipta.

Apriliyantini, L. P. E., dkk. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi. E-Journal Bisma, 4.

Budiarta, I. G. N., dkk (2015). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. E-Journal Bisma, 3.

Firdiyanti, E. (2017). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(4).

Hadari, N. (2005). Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Jasa Marga Cabang (Belmera) Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(1).

Handoko, T. H. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan Belas. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, M. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kristianti, L. S. (2020). Pengaruh Motivasi dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Mobilindo Perkasa di TanggerangNo Title. Jurnal Manajemen Dan Akutansi, 15(2).

Kusniadi, M. K., dkk(2018). Pendapatan dan Tataniaga Usaha Tani Tanaman Hias di Desa Petiga Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan. E-Journal Unmas, 8.

Laksmiari, N. P. P. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Perusahaan Teh Bunga Teratai di Desa Patemon Kecamatan Seririt. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1).

Mustofa, A. (2018). Desa Petiga, Sentra Tanaman Hias di Bali, Sasar Pasar Luar Pulau. Radar Bali.

Rachmawati. (2008). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi di PG.Tjoekir, Jombang. Jurnal Ilmu Manajemen., 4(2).

Rivai, V. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk perusahaan. Dari Teori ke Praktik. Edisi ke-2. Rajawali Pers.

Rumahlaiselan, A. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Sumber Alfaria Trijaya, TBK Cabang Manado. Jurnal EMBA, 6(4).

Samsudin, S. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. CV Pustaka Setia.

Sedarmayanti. (2001). Semangat dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT.Jasa Raharja (Persero) Cabanag Sulawesi Utara. Journal EMBA, 1(4).

Setiadi, R. (2020). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja PT.Bank BRI Persero Cabang Pamanukan. Jurnal Al Amar, 1(3).

Sigala, C. (2019). Konsentrasi Klorofil Total Pada Daun Taaman puring Yang Diberi Perlakuan Naungan. Jurnal Ilmiah Sains, 19(2).

Siswadi, Y. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Jasa Marga Cabang (Belmera) Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(1).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia (pertama). Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Wibowo. (2012). Manajemen Produktivitas kerja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wijaya, E. (2020). Pengaruh Penilaian Kinerja dan Motivasi Terhadap Produktivitas Pegawai Pada Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kepahiang. Creative Research Management Journal, 3(1).

Yuba, Z. P. D. (2020). Pengembangan Desain Produk Packaging Tanaman Hias Mini yang dapat Menjadi Display Portabel.

Downloads

Published

2022-03-08

Issue

Section

Articles