PENGARUH PERSON-JOB FIT DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Authors

  • I Kadek Dean Widyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Bagia Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i2.39545

Keywords:

Kinerja, kepuasan kerja, person-job fit

Abstract

Peneiltian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang pengaruh: 1) person-job fit dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, (2) person-job fit terhadap kepuasan kerja karyawan, (3) person-job fit terhadap kinerja karyawan, dan (4) kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT BPR Indra Candra. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PT BPR Indra Candra dan objeknya adalah person-job fit, kepuasan kerja dan kinerja karyawan. Penelitian ini dilaksanakan di PT BPR Indra Candra dengan mengambil seluruh populasi berjumlah 200 karyawan, jumlah sampel sebesar 133 karyawan dan objeknya adalah person-job fit , kepuasan kerja, dan kinerja karyawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) person-job fit dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan hubungan pengaruh sebesar 93,60%, (2) person-job fit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dengan hubungan pengaruh sebesar 95,70%, (3) person-job fit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan hubungan pengaruh sebesar 46,60%, dan (4) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan hubungan pengaruh sebesar 46,40% pada PT BPR Indra Candra.

References

Amelinda, E. 2018. pengaruh waktu maserasi terhadap aktivitas antioksidan ekstrak Rimpang Temulawak (Curcuma Xanthorriza Roxb). Jurnal Ilmu Dan Teknologi Pangan 7(4):165–74.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

As’ad, Moh. 2001. Seri ilmu SDM; Psikologi industri. Edisi Keempat. Yogyakarta: Liberty.

Hakim, Rustam. 2012. Komponen perancangan arsitektur lansekap (Edisi Kedua). Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu. 2001. Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Ivancevich, J. M., and R. Konopaske. 2006. Perilaku dan manajemen organisasi. Penerjemah: Gina Gania. Jakarta: Erlangga.

Kaswan. 2012. Manajemen sumber daya manusia untuk keunggulan bersaing organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kristianto, Dian. 2010. Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai dengan komitmen organisasional sebagai variabel intervening (Study kasus pada RSUD Tugurejo Semarang).” Jurnal Manajemen 3(2):1–10.

Kristof-Brown, A. L., R. D. Zimmerman, and E. C. Johnson. 2005. Consequences of individuals’ fit at work: A meta-analysis of person-job, person-organization, person-group, and person-supervisor fit. Personnel Psychology 58(2):281–342.

Manullang, Marihot. 2001. Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: BPFE.

Ranupandojo, H., and Suad Husnan. 2002. Manajemen personalia. Yogyakarta: BPFE.

Ratnaningsih, Ika Zenita. 2018. Hubungan antara person job-fit dengan kepuasan kerja pada karyawan kantor pusat Bank Jateng Semarang.” Jurnal Empati 7(1):73–79.

Spector, P. E. 2003. Industrial organizational psychology research and practice. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2007. Metode penelitian pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: CV

Umar, Husein. 2005. Sumber daya manusia dalam organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles