Peranan Telepon Operator di Hotel The Westin Jakarta

Authors

  • Irfal Irfal Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Alvira Meirafina Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v4i2.43693

Keywords:

Peran, Hotel, Operator Telepon

Abstract

Operator Telepon bertugas memberikan pelayanan kepada tamu, mulai dari sebelum tamu datang, selama tamu menginap dan berkunjung sampai setelah mereka meninggalkan hotel. Operator telepon juga bekerja untuk memastikan bahwa semua kebutuhan dan permintaan tamu dapat dipenuhi sebelum mereka menginap, pada saat kedatangan, selama mereka menginap dan setelah tamu meninggalkan hotel. Dalam penelitian ini, hasil penelitian menunjukkan bahwa peran operator telepon di Hotel The Westin Jakarta berbeda dengan peran operator telepon hotel pada umumnya. Di The Westin Jakarta, Operator Telepon merupakan pusat komando pertama yang menerima informasi darurat. Mulai dari keadaan darurat yang terjadi di kamar, area operasional, dapur, tempat parkir hingga area umum. Operator Telepon juga bertanggung jawab untuk menerima, merekam, dan memproses permintaan dan pertanyaan tamu melalui telepon, email, obrolan, dan perangkat komunikasi seluler.

References

Andriani, E. (2012). Ruang Lingkup Pekerjaan Operator Telepon. Diakses Pada 25 Juni 2021, dari http://etikandriani.blogspot.com/?m=1.

Bagyono. (2012). Teori dan Praktik Hotel Front Office. Bandung; Alfabeta.

Darsono, A. (2011). Front Office Hotel. Jakarta; Grasindo.

Hartini. (2011). Bahan Ajar Telephone Operator. Diakse Pada 8 Maret 2021, dari https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/84412/Savira%2520Novriani%25.

Manurung, H., & Tarmoezi, T. (2002). Manajemen Front Offie Hotel. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Mujib, A. (2016). Analisis terhadap Konsep Syariah pada Industri Perhotelan di Indonesia. Asy-Syir’ah Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum, 50(2): 425–447.

Sambodo, A., & Bagyono. (2006). Dasar-Dasar Kantor Depan Hotel. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sulastiyono, A. (2011). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.

Wachidyah, W. (2017). Front Office Department dan Peranannya Dalam Layanan Tamu Hotel. Jurnal Bisnis & Teknologi Politeknik NSC Surabaya, 4(1): 62–71.

Wijayanti, A. N. (2015). Upaya Telepon Operator Dalam Meningkatkan Pelayanan di Hotel Grand Aston Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Published

2022-02-16

Issue

Section

Articles