PENGARUH E-WOM, FASILITAS, DAYA TARIK WISATA, DAN HARGA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG TAMAN SATWA TARU JURUG

Authors

  • Heny Setyowati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Aditya Liliyan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i1.44773

Keywords:

Ekonomi, Manajemen Pemasaran, Pariwisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh dari E-WOM, fasilitas, daya tarik wisata dan harga atas minat berkunjung di Taman satwa taru jurug Solo. Kota Solo dikenal menjadi kota akan penuh budaya dan memiliki ikonik yaitu sungai Bengawan Solo, sehingga memiliki banyak wisatawan untuk berkunjung ke Solo. Salah satu tempat wisata di Solo yang banyak diminati oleh wisatawan adalah Taman satwa taru jurug. Penelitian menggunakan analisa data pengujian regresi linier berganda dan pengolahan data program SPSS versi 21. Teknik sampel penelitian ini yaitu non-probability sampling metode purposive sampling, dengan mempergunakan ukuran sampel dengan jumlah 100 responden serta penyebaran kuesioner secara online. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa E-WOM, fasilitas dan harga berpengaruh secara positif signifikan, namun daya tarik wisata memiliki pengaruh yang positif tidak signifikan terhadap minat berkunjung di Taman Satwa Taru Jurug . saran yang diberikan dalam riset ini, sebaiknya membuat variasi harga tiket pada event tertentu yang diadakan oleh pengelola, karena akan dapat berdampak pada proses pemasaran yang dilakukan oleh konsumen. Fasilitas yang diberikan untuk pengunjung dapat semakin ditingkatkan, sehingga apabila perusahaan semakin membuat variasi harga, meningkatkan fasilitas bagi pengunjung maka akan dapat meningkatkan daya tarik wisata dari Taman Satwa Taru Jurug.

Downloads

Published

2022-03-08

Issue

Section

Articles