KEPUASAN KERJA KARYAWAN HOUSE KEEPING DEPARTEMENT HOTEL ALEXANDER TEGAL

Ditinjau dari Aspek Komunikasi, Budaya Organisasi dan Insentif

Authors

  • Henry Yuliamir STIEPARI Semarang
  • Edy Priyanto STIEPARI Semarang
  • Eni Rahayu STIEPARI Semarang
  • Heru Yulianto STIEPARI Semarang
  • Dyah Palupiningtyas STIEPARI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i1.45279

Keywords:

Komunikasi, Budaya Organisasi, Insentif dan Kepuasan Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Komunikasi, Budaya Organisasi, Insentif dan Kepuasan Kerja terhadap karyawan Housekeeping di Hotel Alexander Tegal di Kota Tegal. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan itu diimplementasikan kepada 60 karyawan Hotel Alexander Tegal di Kota Tegal. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 17. Teknik pengambilan sampel menggunakan Metode sensus dan teknik uji data yang digunakan dalam penelitian termasuk validitas uji dengan analisis faktor, uji reliabilitas. Uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda, untuk memverifikasi dan membuktikan hipotesis penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa Komunikasi, Budaya Organisasi dan Insentif memiliki pengaruh positif terhadap Kepuasan Kerja karyawan Housekeeping Hotel Alexander Tegal.

References

Ainan, Muchamad; Supriyadi, Andhi; Hadi, Syamsul; Palupiningtyas, Dyah. 2021. “Analisis Faktor Kepemimpinan Transformasional Dan Motivasi Sebagai Antisedence Dari Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dalduk & KB Kota Semarang.” Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis) 5(2):338–52. doi: https://doi.org/10.37339/e-bis.v5i2.650.

Ghozali, Iman. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko. 2014. Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, S. P. and Melayu. 2012. Manajemen Sumberdaya Manusia. Revised Edition. Jakarta: Bumi Aksara.

Luthans, F. 2005. Perilaku Organisasi. New York: McGraw-Hill, Inc.

Mangkunagara, A. 2010. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.

Octafian, Ray, and Dyah Palupiningtyas. 2019. “FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN WISATAWAN (Studi Kasus Water Blaster Semarang).” Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo 5(2):20–23. doi: 10.35906/jm001.v5i2.362.

Palupiningtyas, Dyah; Aryaningtyas, AT. 2019. “Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Restoran S2 Semarang.” Jurnal Visi Manajemen 4(4):515–23.

Rivai, V. and Sagala, E. J. 2011. Human Resource Management for Business from Theory to Practice. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Robbins, S. P. 2015. Manajemen Coulter. 12th ed. Jakarta: Salemba Empat.

Robbins, Stephen P. dan Judge. 2008. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. 12th ed. Jakarta: PT Salemba Empat.

Said, Laila Refiana. 2020. “Analisis Dan Indikator Kepuasan Kerja.” Pp. 57–68 in Manajemen Sumber Daya Manusia Prinsip Dasar dan Aplikasi, edited by GCAINDO. Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Sawitri, D., Endang, S., and K Huda. 2016. “The Impact of Job Satisfaction, Organization Commitment, Organization Citizenship Behavior (OCB) On Employees’ Performance.” The International Journal of Organizational Innovation 9(2):24–45.

Stephen Robbins, Mary Coulter. 2012. Management. Eleventh. New Jersey: Pearson Education inc., Publishing as Prentice Hall.

Sugiyono. 2006. Metoda Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: CV Alfabeta.

Wibowo, Mada Adi, and Yanuar Surya Putra. 2016. “Pengaruh Motivasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Umum (Rsu) Salatiga.” Among Makarti 9(1):1–20. doi: 10.52353/ama.v9i1.124.

Yulianto, Heru; Sutomo, Yohanes; Palupiningtyas, Dyah; SN Krisnawati. 2021. “Investigating the Role of Interactive Social Media and Halal Brand Equity on Purchase Decision-Making: Direct and Indirect Effects.” Measuring Business Excellence, 25(4).

Downloads

Published

2022-03-08

Issue

Section

Articles