Penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental, Sustainability) untuk Pencegahan COVID-19 di Front Office Hotel Puri Saron Lovina Singaraja

Authors

  • Kadek Arya Krisna Jaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Putra Nugraha Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.47564

Keywords:

Pandemi, Covid-19, CHSE

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 ini tentu saja masalah terbesar yang harus dihadapi yaitu tentang kesehatan serta kebersihan diri sendiri dan juga lingkungan. Penerapan kesehatan dan kebersihan juga harus dapat diterapkan secara benar dan maksimal pada tempat umum, pusat kota, tempat berbelanja, hotel, homestay, atau tempat rekreasi/wisata. Dalam hal ini lebih menekankan pada penerapan kesehatan atau kebersihan pada hotel yang mana disebut dengan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability). CHSE ini merupakan salah satu usaha pemerintah melalui Kemenparekraf untuk menggairahkan kembali pariwisata Indonesia terutama di Pulau Bali. Dalam memastikan kegiatan wisata yang dilakukan dengan menerapkan prinsip kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan ini perlu adanya kesadaran pada setiap individu untuk membangun rasa percaya diri mereka dalam melaksanakan segala aktivitas. Segala sesuatu yang berkaitan dengan CHSE harus sesuai dengan informasi yang disampaikan dan dapat dipahami oleh seluruh kalangan masyarakat.

Author Biographies

Kadek Arya Krisna Jaya, Universitas Pendidikan Ganesha

 

 

I Gede Putra Nugraha, Universitas Pendidikan Ganesha

 

 

References

Agusnawar. (2002). Pengantar operasional kantor depan hotel. PT. Perca.

Agusnawar. (2000). Operasional tata graha hotel: Hotel housekeeping operational. Gramedia Pustaka Utama.

Ardika, I Wayan. (2020). Pariwisata budaya berkelanjutan, refleksi dan harapan di tengah perkembangan global. [Thesis, Pascasarjana Universitas Udayana]

Darsono, A. (2003). Kantor depan hotel “hotel front office”. PT. Gasindo.

Sitompul, D. F., Sutisna, M., & Pharmawati, K. (2013). Pengolahan limbah cair Hotel Aston Braga City Walk dengan proses fitoremediasi menggunakan tumbuhan eceng gondok. Jurnal Reka Lingkungan, 1(2), https://doi.org/10.26760/rekalingkungan.v1i2.105-114

Fitri, A. M., Nurcandra, F., & Pristya, T. Y. R. (2020). Pelatihan upaya kesehatan kerja bagi masyarakat Cipayung Kota Depok. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 605-610. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4366. Nasional, 2(1), 106- 113

Junita, T. D. (2017). Peranan SOP pada organisasi pemerintahan kota Surabaya dalam peningkatan kepuasan pelayanan kepada masyarakat (Studi di bagian umum dan protokol pemerintahan kota Surabaya). JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 3(2), 858-863. https://doi.org.10.30996/jpap.v3i2.1266.

Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif. (2021). Kedisiplinan penerapan protokol CHSE diharapkan mampu kembalikan citra pariwisata Bali. Badan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Labindao, I. G. J., Sri, A. A. P., & Sari, N. P. R. (2019). Implementasi sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja di Hard Rock Hotel Bali, Kuta, Bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, 3(1), 74-88.

Sihite, R. (2010). Hotel management. Penerbit SC.

Tarmoezi, T., & Manurung, H. (2000). Hotel front office. Kesaint Blanc.

Utami, B., & Kafabih, A. (2021). Sektor pariwisata Indonesia di tengah pandemi covid- 19. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan (JDEP), 4(1), 383 - 389. https://doi.org/https://doi.org/10.33005/jdep.v4i1.198.

Wahyudi, E. (2020). Perubahan tren pasca covid-19 diprediksi positif bagi pariwisata. Tempo.Co. Diunduh dari https://bisnis.tempo.co/read/1335603/perubahan-tren-pasca-covid-19-diprediksi-positif-bagi-pariwisata/full&view=ok.

Winartha, I. M. (2006). Metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif. Gaha Ilmu.

Witayasa, I.G. & Sudiarta, I.N. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan di f&b service departement Nusa Dua Beach Hotel Bali. Jurnal Ilmiah Hospitality Management. 10, 189-198. DOI: https://doi.org/10.22334/jihm.v10i2.169.

Yuswohady. (2020). 30 prediksi perilaku konsumen di new normal. Yuswohady.com. Diunduh dari https://www.yuswohady.com/2020/04/23/perilaku-konsumen-di-new-normal/.

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles