PERAN KOKO CICI JAKARTA DALAM PROMOSI DESTINASI BUDAYA TIONGHOA STUDI KASUS PETAK 9 JAKARTA

Peran Koko Cici Jakarta Dalam Promosi Destinasi Budaya Tionghoa Studi Kasus Petak 9 Jakarta

Authors

  • Hari Iskandar Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i2.50015

Keywords:

Destinasi, Koko Cici Jakarta, Budaya Tionghoa, Petak 9, Duta Pariwisata, Promosi

Abstract

Indonesia kaya akan berbagai macam adat istiadat, budaya dan suku. Keanekaragaman ini membuat Indonesia menjadi kaya di mata dunia. Salah satu budaya yang kental dengan negara Indonesia adalah budaya tionghoa yang sudah menjadi satu keluarga dari budaya Indonesia sendiri. Kota Jakarta sebagai ibukota Negara Indonesia merupakan destinasi tujuan wisata dimana didalam nya terdapat Petak 9 yang menjadi salah satu destinasi Budaya Tionghoa. Di Kota Jakarta, terdapat Duta Ambasador Budaya Tionghoa Yaitu Koko Cici Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana melakukan wawancara langsung dengan narasumber dari tahun 2018, 2019, dan 2021. Hasil yang didapat adalah Peran keterlibatan Koko Cici Jakarta pada pengembangan serta pelestarian pariwisata dan kebudayaan karena mereka merupakan ujung tombak cerminan muda-mudi yang berkepribadian baik untuk menjadi contoh bagi masyarakat. Peran berikutnya adalah sumber informasi kepada wisatawan yang dating ke destinasi tersebut untuk alat bantu promosi. Harapannya Duta Wisata Koko Cici Jakarta mampu bersinergi dengan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta adalah strategi yang digunakan mengembangkan bidang kepariwisataan dengan ikut melibatkan duta wisata Koko Cici sebagai pemuda pemudi daerah yang memiliki ketertarikan terhadap bidang pariwisata tidak hanya untuk mengembangkan namun juga melestarikan dan mempromosikan pariwisata dan kebudayaan Tionghoa khususnya kawasan Pecinan petak sembilan.

Author Biography

Hari Iskandar, Universitas Bunda Mulia

Prodi Hospitality dan Pariwisata

References

Achnes, S., & Randa, R. (2015). Peran duta wisata dalam mempromosikan pariwisata Kabupaten Solok. Jom FISIP Volume 2 No.2 Oktober 2015.

Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi pemasaran terpadu: Implementasi untuk UMKM. Neo-Bis, 8(2), 179–189.

Christina, C. (2017). Sebuah analisis semiotik logo Koko Cici Indonesia. Semiotika: Jurnal Komunikasi, 10(2).

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.

Fatimah, T. (2014). Sejarah kawasan Pecinan Pancoran-Glodok dalam konteks lokalitas kampung kota Jakarta. Karya Ilmiah Dosen, 3–129.

Ganiem, L. M., & Kurnia, E. (2019). Komunikasi korporat: Konteks teoretis dan praktis. Prenada Media.

Hakim, A. R. (2017). Profil potensi sektor pariwisata di provinsi DKI Jakarta. Technical Report.

Huda, K., & Feriandi, Y. A. (2018). Pendidikan konservasi perspektif warisan budaya untuk membangun history for life. Aristo, 6(2), 329–343.

Lestari, H. P. (n.d.). Resistensi etnis pribumi di wilayah Petak Sembilan, Glodok. Fisip UIN Jakarta.

Maulida, C. N., & Kamila, A. D. (2021). Pengaruh K-POP brand ambassador terhadap loyalitas konsumen. Kinesik 8(2), 137–145.

Paul, K. M., Pasoreh, Y., & Waleleng, G. J. (2017). Peranan duta pariwisata Randa Kabilasa dalam mempromosikan potensi wisata Kota Palu. Acta Diurna Komunikasi, 6(1).

Poluan, F. M. A., Mandey, S., & Ogi, I. W. J. (2019). Strategi marketing mix dalam meningkatkan volume penjualan (Studi pada minuman kesehatan instant Alvero). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).

Rahadian, D., & Pratomo, A. (2013). Pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan penjualan kamar di Hotel Benua Bandung. Binus Business Review, 4(2), 776–790.

Repi, O. W., Lumanaw, B., & Wenas, R. S. (2020). Pengaruh bauran promosi, kesadaran merek dan persepsi nilai terhadap minat beli di Bukalapak pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4).

Ridha, N. (2017). Proses penelitian, masalah, variabel dan paradigma penelitian. Hikmah, 14(1), 62–70.

Sari, A. M., & Aslami, N. (2022). Strategi komunikasi pemasaran asuransi syariah. Transformasi Managerial: Journal of Islamic Education Management, 2(1), 57–72.

Sugihartati, R. (2019). Gambang Kromong sebagai identitas orang Cina Benteng. Jurnal Desain, 6(02), 129–144.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif kualitatif, & RnD. C.V. Alfabeta

Suharto, I. (2017). Peran Duta Wisata Panji Galuh dalam pengembangan wisata budaya di Kota Kediri. Jurnal Mediasosian: Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 1(1).

Suryaningsih, D. (2018). Pengaruh Zaskia Adya Mecca sebagai brand ambassador terhadap keputusan beli konsumen butik Meccanism Yogyakarta. Tugas Akhir. Universitas Islam Indonesia

Ulfa, R. (2021). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan. AL-Fathonah, 1(1), 342–351.

Downloads

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles