PENERAPAN CHSE DALAM MENINGKATKAN CITRA DAYA TARIK WISATA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI DAYA TARIK WISATA TAMAN TIRTA GANGGA DESA ADAT ABABI KECAMATAN ABANG KABUPATEN BANGLI

Authors

  • Ni Putu Sinta Sandyarini Universitas Udayana
  • Gde Indra Bhaskara Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i2.50213

Keywords:

Penerapan, CHSE, Citra, Daya Tarik Wisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi CHSE sesuai standar SOP CHSE dan upaya peningkatan citra daya tarik wisata di Taman Tirta Gangga. Jenis data yang digunakan yaitu kualitatif yang bersumber dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan informan menggunakan purposive sampling dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukka bahwa penerapan CHSE di Taman Tirta Gangga sesuai pedoman CHSE bagi daya tarik wisata. Upaya peningkatan produk wisata dan pelayanan melakukan kampanye iklan, promosi berkelanjutan, media sosial, kualitas produk dan pelayanan, bekerjasama dengan influencer, mengadakan festival, menaikkan mutu dan berkembang.

Author Biographies

Ni Putu Sinta Sandyarini, Universitas Udayana

Mahasiswa Jurusan Pariwisata

Gde Indra Bhaskara, Universitas Udayana

Dosen Jurusan Pariwisata

References

A. Yoeti. 2002. Perencanaan dan pengembangan pariwisata, Cetakan Pertama Pradnya Paramita. Jakarta.

Ali, Lukman. 1995. Kamus besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Baud-Bovy, Manuel & Fred Lawson. 1997. Tourism and recreation development: A Handbook of Physical Planning. Great Britian: The Architectural Press Ltd.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Pedoman pencegahan dan pengendalian corona virus disease (COVID-19).

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. 2020. Panduan pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan di daya tarik wisata.

Nugraheni, K. S., Maria, A. D., & Octafian, R. 2020. Penerapan cleanliness, health, safety and environment (CHSE) homestay untuk keselamatan wisatawan. Jurnal Abdimas Sosial dan Humaniora.

Nurdin Usman, 2001, Konteks implementasi berbasis kurikulum, Bandung, CV Sinar Baru.

Pandit, Nyoman. S. 1994. Ilmu pariwisata (Sebuah pengantar perdana). Jakarta: Pradnya Paramita.

Downloads

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles