Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul

Authors

  • Roihatul Jannah Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
  • Nur Rohman Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
  • Amin Kiswantoro Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
  • Maria Ana Sila Hayatri Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
  • Rakhmat Ashartono Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.60942

Keywords:

Media Sosial, Keputusan Berkunjung , Instagram

Abstract

Fenomena media sosial adalah dampak dari perkembangan informasi dan komunikasi, dengan membawa perubahan cara berkomunikasi menjadi modern yang serba digital. Media sosial memungkinkan penggunanya dapat melakukan hubungan dengan pengguna lainnya yang membentuk ikatan secara virtual sehingga dapat mempengaruhi seorang dalam mengambil keputusan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari media sosial instagram terhadap keputusan berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan teknik analisis data regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa media sosial instagram (X) memiliki pengaruh positif terhadap keputusan berkunjung (Y). Penelitian ini menyimpulkan bahwa responden pada penelitian ini menggunakan instagram dengan frekuensi yang sering, maka saran bagi pengelola untuk lebih meningkatkan frekuensi dalam memposting foto, video, dan informasi mengenai Gunung Api Purba Nglanggeran.

Author Biographies

Maria Ana Sila Hayatri, Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta

 

 

Rakhmat Ashartono, Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta

 

 

References

Alviona, A., Salim, M. A., & Priyono, A. A. (2023). Pengaruh social media (instagram), celebrity endorse, dan harga terhadap keputusan pembelian Lozy Hijab (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang angkatan 2019. E-JRM, 12(2).

Ayudhita, T. V. (2020). Pengaruh social media marketing terhadap keputusan berkunjung (Survei terhadap pengunjung individu yang mendapatkan informasi melalui akun media sosial instagram Jungleland Adventure Theme Park Sentul Bogor). [S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. repository.upi.edu. http://repository.upi.edu/59756

Damayanti, S. (2023). Pengaruh social media marketing instagram dan preferensi merek terhadap keputusan pembelian produk Starbucks Tangcity Mall Kota Tangerang. Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu). https://jurnal.umt.ac.id/index.php/senamu/article/view/7930

Fadhilah, M., Cahya, A. D., & Maulida, P. (2023). Meningkatkan keputusan pembelian melalui influencer dan sosial media instagram pada busana muslim id Maera Indonesia Bandung. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(3), 1011-1025. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i3.1467

Hidayati, L. N., & Sugiyono, S. (2018). Pengaruh harga, kepercayaan, keamanan, dan persepsi akan risiko terhadap keputusan pembelian sepatu Nike melalui instagram. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 7(11).

Kiswantoro, A., Hendratono, T., & ... (2023). A Bibliometric Analysis on Satisfaction and Loyalty in Homestay. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 6(1). https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.57126

Pratama, T., & Rosha, Z. (2020). Pengaruh sosial media instagram dan citra destinasi terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Pantai Kata Kota Pariaman. Abstract of Undergraduate Research, 17(2).

Rahmah, N. F., & Wibowo, S. (2020). Pengaruh promosi social media instagram dan facebook terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Taman Wisata Alam Gunung Papandayan tahun 2020. EProceedings of Applied Science, 6(2).

Wahidar, T. I. (2019). Efektivitas instagram terhadap keputusan berkunjung ke desa wisata Buluhcina (Studi deskriptif kuantitatif terhadap akun instagram @desabuluhcina). Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1).

Zakiyah, N. N., & Romadi, U. (2022). Pengaruh media sosial instragram terhadap keputusan berkunjung di Kopi Taji Lereng Bromo. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, 6(1). https://doi.org/10.29244/jskpm.v6i1.970

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles