Pengaruh Variasi Menu Breakfast terhadap Kepuasan Tamu di Grand Basko Hotel Padang

Authors

  • Gaby Romauli Simanjuntak Universitas Negeri Padang
  • Lise Asnur Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.60987

Keywords:

Variasi, Menu Breakfast, Kepuasan Tamu

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan variasi menu sarapan pagi, mendeskripsikan kepuasan pelanggan dan menganalisis pengaruh variasi menu sarapan pagi pada kepuasan pelanggan Hotel Grand Basko Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode asosiasi kausal. Pada penelitian ini terdapat 915 tamu yang berkunjung ke Hotel Grand Basko Padang dengan sampel sebanyak 91 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada tamu yang sarapan pagi di Hotel Grand Basko Padang. Pengujian instrumen dilakukan melalui uji validitas dan reliabilitas. Pada tahap pemrosesan data, fungsi-fungsi seperti merancang struktur data, pengkodean, pengeditan, dan entri data dilakukan. Analisis persyaratan dilengkapi uji normalitas, uji homogenitas, linieritas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini adalah tingkat capaian responden pada variabel variasi menu breakfast sebesar 45%  dengan kategori sangat tidak puas. Tingkat capaian responden pada variabel kepuasan tamu sebesar 38% dengan kategori sangat tidak puas. Variasi menu breakfast berpengaruh sebesar 57,1% terhadap kepuasan tamu di Grand Basko Hotel Padang dan 42,9% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini

Author Biographies

Gaby Romauli Simanjuntak, Universitas Negeri Padang

 

 

Lise Asnur, Universitas Negeri Padang

 

 

References

Krisbiantoro, D., Suyanto, M., & Taufiqluthfi, E. (2015). Evaluasi keberhasilan implementasi sistem informasi dengan pendekatan Hot Fit Model ( Studi kasus: Perpustakaan STMIK AMIKOM Purwokerto). Konferensi Nasional Sistem & Informatika, 9–10.

Pramono, R., Cornelia, J., Tiffany, T., Sastradi, Y., & Purwanto, A. (2020). Pengaruh pembelajaran variasi menu, harga, lokasi dan promosi pada intensi beli di Restoran XYZ Gading Serpong. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 226–235. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.352

Rani, R. (2019). Hubungan pengetahuan, variasi menu, keterpaparan informasi dan dukungan orang tua dengan minat sarapan pagi pada siswa kelas IV di SDN Rujukan 11 Lubuk Buayatahun 2019 (Doctoral Dissertation, Stikes Perintis Padang).

Riyani, D., Larashat, I., & Juhana, D. (2021). The influence of menu variation and service quality on guest satisfaction. Majalah Bisnis & IPTEK, 14(2), 94–101.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tampanguma, I. K., Kalangi, J. A. F., Walangitan, O.F. C. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Rumah Es Miangas Bahu Kota Manado. Productivity, 3(1), 7–12.

Ulinnuha, M. A. (2019). Gambaran sumbangan zat gizi makro sarapan pagi pada remaja putri di pondok pesantren Kh. Sahlan Rosjidi Universitas Muhammadiyah Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Semarang).

Welasasih, A. P., & Suyuthie, H. (2020). Pengaruh servicescape terhadap kepuasan tamu di UNP Hotel and Convention Center. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 1(3), 119–123. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i3.15372

Wigati, E. & Safitri, M. D. (2021). Pengolahan dan variasi appetizer pada saat beakfast terhadap kepuasan tamu di The Alana Hotel & Convention Center Solo. Jurnal Nusantara, 4(2), 1–6.

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles