Pengaruh Media Sosial dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mixue di Kota Singaraja

Authors

  • Kellyna Marshanda Putri Pramana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Dwi Ariani Mayasari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.61766

Keywords:

Harga, Keputusan Pembelian, Media Sosial

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh media sosial dan harga terhadap keputusan pembelian Mixue di Kota Singaraja, baik dengan cara parsial maupun juga simultan. Pendekatan penelitian kuantitatif diterapkan dalam penelitian ini yang berfokus pada pendekatan kausal. Penentuan sampel yang dipergunakan yaitu melalui teknik sampling incidental/accidental sampling. Data dari 100 responden dikumpulkan melalui penggunaan kuensioner sebagai instrumen pengumpulan data dan untuk menganalisis data digunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil pada penelitian ini mengemukakan bahwa (1) media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Mixue di Kota Singaraja, (2) harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian Mixue di Kota Singaraja, serta (3) media sosial dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Mixue di Kota Singaraja.

Author Biography

Ni Made Dwi Ariani Mayasari, Universitas Pendidikan Ganesha

 

 

References

Antony, M. (2008). What is social media?. London: iCrossing.

Anwar, R. N., & Aprillia, R. (2018). Pengaruh kepercayaan dan media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen e-commerce fashion muslim hijup di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1), 75-85.

Ariella, I. R.. (2018). Pengaruh kualitas produk, harga produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian konsumen Mazelnid. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 3(2), 215-221.

Bayu, D. (2022). APJII: Pengguna internet indonesia tembus 210 juta pada 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-tembus-210-juta-pada-2022.

Bimantara, I. M. W. (2021). Peranan media sosial dan harga terhadap keputusan pembelian jasa rekaman di Demores Rumah Musik. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 108-116.

Ferdinand, A. (2006). Metode penelitian manajemen. Edisi Kedua. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryanto, dkk. (2021). Social media and viral marketing analysis of purchase decisions through tiktok applications. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 9(2), 33-39.

Irwansyah, R., dkk. (2021). Perilaku konsumen. Cetakan Pertama. Bandung: Widina Bhakti Persada (Grup CV. Widina Media Utama).

Kotler, P. & Gary A. (2016). Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Marketing management, 15th edition. United States: Pearson Education.

Lyna, L., & Ditiolebiet, H. (2021). Peranan media sosial instagram, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada toko online masker Solopunya. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(2), 84-89.

Muliajaya, I Made, dkk. (2019). Pengaruh viral marketing dan harga terhadap keputusan pembelian melalui media sosial instagram pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 628-635.

Nasution, A. E., dkk. (2019). Analisis pengaruh harga, promosi, kepercayaan dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, PUSKIBII (Pusat Kewirausahaan, Inovasi dan Inkubator Bisnis), 1(1), 165-173.

Priansa, D.J. (2017). Komunikasi pemasaran terpadu pada era media sosial. Bandung: CV Pustaka Setia. Eilean Hooper-Greenhil, 2000.

Riskyady, Y. F., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh media sosial dan harga terhadap keputusan pembelian tiket pertandingan sepak bola persebaya pada Loket.com. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1181-1187.

Rizaty, M.A. (2022). Pengguna tiktok Indonesia terbesar kedua di dunia. https://dataindonesia.id/Digital/detail/pengguna-tiktok-indonesia-terbesar-kedua-di-dunia.

Sari, D. P., & Nuvriasari, A. (2018). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk merek eiger (kajian pada mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta). Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 3(2), 73-83.

Sitompul, S. S., dkk. (2022). Pengaruh kualitas produk, citra merek, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada PT. Campina Ice Cream Industry Tbk. LUCRUM: Jurnal Bisnis Terapan, 2(3), 379-392.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, A. (2021). The influence of product innovation and brand image on customer purchase decision on oppo smartphone products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 2(1), 472-481.

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles