Tingkat Kepuasan Wisatawan terhadap Fasilitas Pariwisata di Pantai Matras, Kabupaten Bangka

Authors

  • Hadi Fitriansyah Universitas Bangka Belitung
  • Narissa Andesita Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pangkalpinang
  • Dwi Rizka Zulkia Universitas Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.64350

Keywords:

Fasilitas Wisata, Kepuasan Wisatawan, Pariwisata

Abstract

Pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata yang didukung oleh berbagai macam fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha dan pemerintah daerah. Berdasarkan Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah (RIPPARDA) Kabupaten Bangka Tahun 2017, pantai Matras merupakan destinasi unggulan di Kabupaten Bangka serta memiliki potensi dan keistimewaan yang menarik untuk wisatawan. Pantai Matras memiliki beberapa permasalahan yaitu dari sisi ketersediaan, kondisi dan pelayanan dari fasilitas- fasilitas pariwisata di Pantai Matras. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk  mengetahui tingkat kepuasan wisatawan terhadap fasilitas pariwisata di obyek wisata Pantai Matras. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deksriptif kuantitatif. Responden yang digunakan merupakan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Matras. Dari hasil analisis tingkat kepuasan wisatawan Pantai Matras secara keseluruhan wisatawan merasa puas terhadap fasilitas-fasilitas yang ada di Pantai Matras, hal tersebut dibuktikan dengan wisatawan merasa puas terhadap ketersediaan, kondisi dan pelayanan yang dianggap sudah baik dan sesuai dengan standar. Hasil analisis tersebut dapat menjadi masukkan terhadap stakeholder dalam perumusan kebijakan guna meningkatkan daya saing Pantai Matas sebagai destinasi unggulan di Kabupaten Bangka.

Author Biographies

Narissa Andesita, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pangkalpinang

 

 

 

Dwi Rizka Zulkia, Universitas Bangka Belitung

 

 

 

References

Arida, I. N. S. (2016). Buku ajar pariwisata berkelanjutan. Sustain Press

Ashraf, M. S., Hou, F., Kim, W. G., Ahmad, W., & Ashraf, R. U. (2020). Modeling tourists’ visiting intentions toward ecofriendly destinations: Implications for sustainable tourism operators. Business Strategy and the Environment, 29(1), 54–71. https://doi.org/10.1002/bse.2350

Asmelash, A. G., & Kumar, S. (2019). The structural relationship between tourist satisfaction and sustainable heritage tourism development in Tigrai, Ethiopia. Heliyon, 5(3), e01335. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e01335

Fanggidae, R. P. C., & R. Bere, M. L. (2020). Pengukuran tingkat kepuasan wisatawan terhadap fasilitas wisata di Pantai Lasiana. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 4(1), 53–66. https://doi.org/10.12962/j26151847.v4i1.6833

Hong, Y., Cai, G., Mo, Z., Gao, W., Xu, L., Jiang, Y., & Jiang, J. (2020). The impact of covid-19 on tourist satisfaction with b&b in zhejiang, china: An importance– performance analysis. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(10). https://doi.org/10.3390/ijerph17103747

Kiswantoro, A., & Susanto, D. R. (2019). Pengaruh sarana dan prasarana pendukung wisata terhadap kepuasan wisatawan di Umbul Ponggok, Klaten. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 10(2). https://doi.org/10.31294/khi.v10i2.6373

Mai, K. N., Nguyen, P. N. D., & Nguyen, P. T. M. (2019). International tourists’ loyalty to Ho Chi Minh City destination-a mediation analysis of perceived service quality and perceived value. Sustainability (Switzerland), 11(19). https://doi.org/10.3390/su11195447

Murni, N. G. N. S., Ruki, M., & Anatara, D. M. S. (2020). Beach utilization as tourist attraction and ritual in Badung Regency. 226(Icss), 538–542. https://doi.org/10.2991/icss-18.2018.111

Phillips, W. J., Wolfe, K., Hodur, N., & Leistritz, F. L. (2013). Tourist word of mouth and revisit intentions to rural tourism destinations: A case of North Dakota, USA. International Journal of Tourism Research, 15(1), 93–104. https://doi.org/10.1002/jtr.879

Polnyotee, M., & Thadaniti, S. (2014). The survey of factors influencing sustainable tourism at patong beach, Phuket Island, Thailand. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(9), 650–655. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n9p650

Puspitasari, M. L., & Sastrawan, I. G. A. (2020). Tingkat kepuasan wisatawan terhadap kualitas sarana dan prasarana di kawasan Kota Lama Semarang. Jurnal Destinasi Pariwisata, 8(2), 349. https://doi.org/10.24843/jdepar.2020.v08.i02.p25

Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional (RIPPARNAS) Tahun 2010-2025

Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA) Kabupaten Bangka Tahun 2008-2017

Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2014-2034

Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bangka Tahun 2010-2030

Sharma, P., & Nayak, J. K. (2019). Understanding memorable tourism experiences as the determinants of tourists’ behaviour. International Journal of Tourism Research, 21(4), 504–518. https://doi.org/10.1002/jtr.2278

Syahrial, S., & Badollahi, M. Z. (2020). Development of a community-based marine tourism attraction in the Samboang Beach in Bulukumba Regency. Journal La Bisecoman, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.37899/journallabisecoman.v1i2.83

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles