Pengaruh Customer Experience dan Variasi Menu Breakfast terhadap Repurchase Intention Tamu di Truntum Hotel Padang

Authors

  • Feriska Mulyani Universitas Negeri Padang
  • Nidia Wulansari Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.66996

Keywords:

Pengalaman Pelanggan, Variasi Menu Sarapan, Niat Membeli Kembali

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena repurchase intention tamu diduga karena customer experience dan variasi menu breakfast.  Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis pengaruh customer experience dan variasi menu breakfast terhadap repurchase intention tamu di Truntum Hotel Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan assosiatif kausal. Populasi pada penelitian ini adalah tamu yang menginap di Truntum Hotel Padang dengan sampel 100 orang. Dalam menentukan pengambilan sampel memakai teknik purposive sampling, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) yang disusun menurut skala likert. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 26.00 dan hasil analisis tersebut disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitain adalah customer experience pada Truntum Hotel Padang adalah 3,85 dengan kriteria baik, variasi menu breakfast pada Truntum Hotel Padang adalah 3,84  dengan kriteria baik dan repurchase intention adalah 3,86 dengan kriteria baik. Uji regresi linear berganda dengan uji T pada variabel customer experience dan variasi menu breakfast berpengaruh terhadap variabel repurchase intention tamu di Truntum Hotel Padang. Nilai uji F variabel customer experience dan variasi menu breakfast berpengaruh secara simultan terhadap repurchase intention tamu di Truntum Hotel Padang. Nilai Adj. R square sebesar  0,895 artinya variabel customer experience (X1) dan variabel variasi menu breakfast (X2) terhadap repurchase intention (Y) adalah sebesar 89,5% sedangkan sisanya 10,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.

References

Angriani, A. (2018). Pengaruh varian menu dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada catering Ukhuwah di Makassar. [Skripsi, Universitas Muhamadiyah Makasar]. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/2348-Full_Text.pdf

Chair, I. M., & Pramudia, H. (2017). Hotel room division management. Kencana.

Chen, S. C., & Lin, C. P. (2015). The impact of customer experience and perceived value on sustainable social relationship in blogs: An empirical study. Technological Forecasting and Social Change, 96, 40–50. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2014.11.011

Keni, K., & Sandra, K. K. (2021). Prediksi customer experience dan service quality terhadap customer loyalty: Customer satisfaction sebagai variabel mediasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 191. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i1.11196

Prastyaningsih, A. S., Suyadi, I., & Yulianto, E. (2014). Pengaruh customer experience terhadap repurchase intention (niat membeli ulang) (Survei pada konsumen KFC di lingkungan warga RW 3 Desa Kandangrejo, Kedungpring, Lamongan). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 16(1), 1–8.

Santoso, S. A. (2019). Pengaruh variasi menu, harga, jam kerja, dan lama usaha terhadap pendapatan warung tegal di Kecamatan Ciputat Timur. [Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah]. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47938

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Yulisetiarini, D., Subagio, A., Paramu, H., & Irawan, B. (2017). Customer repurchase intention and satisfaction in online shopping. International Business Management, 11(1), 215-221. https://dx.doi.org/10.36478/ibm.2017.215.221

Thomas. (2017). Pengaruh customer experience dan brand image terhadap customer statisfaction serta dampaknya pada customer loyality. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(1).

Utami, D. I. (2022). Pengaruh customer experience dan variasi produk terhadap minat beli ulang Bittersweet by Najla Cabang Depok. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(04), 33–42.

Valid, F., Wulansari, N., & Surendra, R. (2021). Analisis pengalaman konsumen menginap di Kriyad Hotel Bumiminang Kota Padang pada masa pandemi covid-19. Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan, 2(3). https://doi.org/10.24036/jkpbp.v2i3.17372

Downloads

Published

2023-08-25

Issue

Section

Articles