Pengaruh Marketing Mix dan Pelayanan Prima terhadap Kepuasan Pengunjung dengan Daya Tarik Wisata sebagai Variabel Intervening di Goa Kreo Semarang

Authors

  • Bambang Guritno Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Andhi Supriyadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Laraswati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Firno Hadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Enik Rahayu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.67325

Keywords:

Daya Tarik Wisata, Wisata Kuliner, Pecinaan Glodok, Metode SWOC, Bauran Promosi

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap daya tarik wisata, pengaruh pelayanan prima terhadap daya tarik wisata, pengaruh marketing mix terhadap kepuasan pengunjung, pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan pengunjung, daya tarik wisata terhadap pengunjung, pengaruh marketing mix terhadap kepuasan pengunjung dengan daya tarik wisata sebagai variabel intervening, dan pengaruh pelayanan prima terhadapan kepuasan pengunjung dengan daya tarik wisata sebagai variabel intervening. Kuisoner yang disebarkan kepada 78 responden, secara spesifik, teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisa penelitian ini adalah menggunkan model analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data ditunjukan dari uji t, menunjukan bahwa marketing mix berpengaruh positif signifikan terhadap daya tarik wisata sebesar 0,000. Pelayanan prima berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap daya tarik wisata sebesar 0.554. marketing mix berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung sebesar 0.235. Pelayanan prima berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengunjung sebesar 0.000. Daya tarik wisata berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengunjung sebesar 0.027.dan Hasil analisis dengan sobel test calculator for the signification of mediaton kris preacher: hasil analisis dengan sobel tes menunjukan nilai statistik (z Value) untuk pengaruh dan tidak pengaruh Marketing Mix, pelayanan prima terhadap kepuasan pengunjung dengan daya tarik wisata sebagai variabel intervening. Sobel Test Statistic 1,689555266 dan one- tailed probalility dengan angka 0,013806 dan two tailed probability dengan angka 0,023326.

Author Biography

Enik Rahayu, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia

 

 

References

Adisantoso, J. 2010. Menentukan parameter pemulus pada model regresi smoothing spline. G16109011/STK.

Aep Nurbani, Dkk. 2019. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Kepercayaan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol. 16 No. 02 - Desember 2019.

Aprilia, E. R., Pangestuti, E. 2017. Pengaruh daya tarik wisata dan fasilitas layanan terhadap kepuasan wisatawan di Pantai Balekambang Kabupaten Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 51(2):16–21.

Candra, T. 2016. Service quality& satisfaction. Edisi. 4. CV. Andi Offset.

Veva, D. G. 2015. Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Resty Menara Pekanbaru. JOM FISIP Vol. 2 No. 2 – Oktober 2015 Pp. 1-9.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Heath, E. and Wall, G. 2012. Marketing tourism destinations, a strategic marketing planning approach. John Wiley and Sons, Inc.

Ikmala, M., Mufidah, E., and Fibriyani, V. 2020. Pengaruh marketing mix terhadap kepuasan pengunjung tempat wisata Bee Jay Bakau Resort (BJBR) Kota Probolinggo. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis 7(1). doi: 10.21107/jsmb.v7i1.7485.

Lupiyoadi, R. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi 3. Jakarta: Selemba empat.

Manullang, M., and Pakpahan, M. 2014. Metode penelitian: Proses penelitian praktis. Cipta Pustaka Media.

Pendit, N. S. 2016. Ilmu pariwisata: Sebuah pengantar perdana. Pradya Paramita.

Pitana, I. G., & Diarta, I. K. S. 2016. Pengantar ilmu pariwisata. Andi.

Priansa, D. J. 2017. Perilaku konsumen dalam persaingan bisnis kontemporer. ALFABETA.

Prihartono. 2012. Manajemen pelayanan prima. Andi Offset.

Rahmadi, S.Ag., M. Pd. I. 2011. Metodologi: Pengantar. Banjarmasin.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian bisnis. Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Warpani. 2017. Pariwisata dalam tata ruang wilayah. ITB.

Harinugroho, Y., Fahlefi, W. 2022. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung Pasar Seni dan Wisata Gabusan. Manajemen, Jurnal Manise 23–34.

Downloads

Published

2023-12-02

Issue

Section

Articles