Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Suasana Terhadap Keputusan Pembelian pada Denny’s Restoran

Authors

  • Alfadani Zikri Universitas Asa Indonesia
  • Hariadi Hadi Suwarno Universitas Asa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i1.76510

Keywords:

kualitas produk, persepsi harga, suasana, keputusan pembelian

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis dampak Kualitas produk, Persepsi harga & Suasana terhadap Keputusan pembelian pada Denny’s Restoran. Data yang dikumpulkan adalah data primer yang diproleh melalui survei dengan menggunakan kuesioner dilanjutkan pengolahan data menggunakan SPSS versi 25. Populasi penelitian yaitu konsumen yang berkunjung ke Denny’s Restoran, Data sample yang diambil sebanyak 100 responden yang dilakukan dengan Teknik Accidental Sampling. Dalam penelitian mencakup uji regresi linier Berganda, Metode yang dilakukan dalam penelitian ini mencakup uji asumsi klasik yaitu seperti uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, & uji linearitas, Selain itu hipotesis data juga diuji menggunak uji f & uji t. Dari penelitian ini menyimpulkan dalam uji analisis regresi linear berganda bahwa Kualitas produk, Persepsi harga, dan Suasana berpengaruh baik secara partial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian.

References

A.W. Marsum. (2005). Restoran dan Segala Permasalahannya. Andi.

Agustina, L., & Parjono. (2017). Pengaruh Suasana Toko Dan Keanekaragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Toserba Maya Di Kec. Randublatung Kab. Blora. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(1), 39–43.

Akbar, syamfaizal, & Tjahningsih, E. (2023). Influence Of Lifestyle, Price Perception And Store Atmosphere On The Purchase Decision (Study ON Zabo Coffee And Resto Jombang Consumers). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(2), 2192–2202.

Al., R. et. (2019). Factors influencing customers’ purchase decision of residential property in selangor, malaysia. Management Science Letters, 9(9), 1341–1348. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.5.016

Aloia, C. R., Gasevic, D., Yusuf, S., Teo, K., Chockalingam, A., Patro, B. K., Kumar, R., & Lear, S. A. (2013). Differences in perceptions and fast food eating behaviours between Indians living in high- and low-income neighbourhoods of Chandigarh, India. Nutrition Journal, 12(1), 2–9. https://doi.org/10.1186/1475-2891-12-4

Armstrong, kotler philip &. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran.

Baroroh, B. A., & Sutanto, J. E. (2021). The Effect of Service Quality, Price, and Brand Image on Purchasing Desicions of Moslem Wedding Equipment Service. International Journal of Review Management Business and Entrepreneurship (RMBE), 1(1), 41–49. https://doi.org/10.37715/rmbe.v1i1.1948

Barry Berman, J. R. E. (2001). Retail Management Eight Edition. Intermedia (terjemahan).

Baskoro, D. A., & Mahmudah, F. (2021). Pengaruh Harga dan Suasana Café terhadap Keputusan Pembelian. Global Research on Tourism Development and Advancement, 3(2), 136–162. https://doi.org/10.21632/garuda.3.2.136-162

Basu Swastha. (2015). Manajemen Penjualan (Edisi 3). BPFE.

Cahyadi, I. G. N. (2020). Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelia pada air minum dalam kemasan fotaqua di badung bali. Values, 1(4), 152–159. http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/value/article/view/1444

Daga, R. (2017). Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. Gobal Research and Consulting Institute.

Didik, G. (2022). Keputusan Pembelian Skicare Safi Berbasis Media Marketing.

Edriani Devi. (2021). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. 10(4), 213–220. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v10i21.114

Jerry C. Olson dan Peter J. Paul. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (Edisi 2). Salemba Empat.

Julianto, D., & Utari, P. A. (2019). Analisa Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan Individu Di Sumatera Barat. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 2(2), 122–131.

Kotler dan Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 1). Erlangga.

Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing.

Kotler Philip dan Amstrong Gary. (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 12). Erlangga.

Levy, & Weitz. (2009). Pengaruh Suasana Toko dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Keputusan Pembelian di Mcdonald ’ s Buaran. 2(3), 754–766.

Makuku, K. K., & Yulianto, A. E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ttheokbokki Di Resto Queen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 12(5).

Mulyani, P. A., Sudiartini, N. W., & Sariani, N. L. P. (2020). Perilaku masyarakat kota denpasar dalam mengkonsumsi makanan cepat saji (Fast food). JUMA: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2), 91–103.

Oscar, Y., & Keni, K. (2019). Pengaruh Brand Image, Persepi Harga, Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 20. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.3300

Paludi, S., & Juwita, R. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(01), 41–53. https://doi.org/10.25134/equi.v18i1.3498

Putra, Y. D., Lisa, L., Sutarno, S., Dewi Anggraini, & Supriyanto, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di PT. Alam Bumi Lestari. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 133–140. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i2.402

Putri, L. H. (2014). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan ( Studi pada Monopoli Cafe and Resto Soekarno Hatta Malang ). 15(2).

Ramli, S. (2014). Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja. PT Dian Rakyat.

Ratnasari, A. D., & Harti. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian di Djawi Lanbistro Coffee and Resto Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4, 1–11. http://repository.upy.ac.id/id/eprint/238

Ratnasari, D., Riyono, & Yulianto, H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Ms Glow. Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.54066/jiesa.v2i1.314

Risanti, A., & Khuzaini, K. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(4).

Salman, P. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan PembelianSalman, P. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Minimarket. Ecopreneur.12, 4(1), 30. https://doi. Ecopreneur.12, 4(1), 30. https://doi.org/10.51804/econ12.v4i1.919

Samari, & Z. (2018). Upaya Meningkatkan Keputusan Pembelian Melalui Persepsi Kualitas produk, Variasi Produk dan Packaging Obat Batuk Nellco Pada PT Lenko Surya Perkasa Cabang Kediri. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Schiffman, L.G., dan Kanuk, L. . (1983). Perilaku Konsumen. PT. Indeks.

Stanton, William J., Michael J. Etzel, dan B. J. W. (2016). Fundamentos De Marketing. Mcgraw-Hill/Interamericana Editores S.A. De C.V.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2020). pemasaran strategik domain,determinan,dinamika.

Winarsih, R., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Makanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Dabu – Dabu Lemong Resto Dan Coffee Kawasan Megamas Di Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 388. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.41953

Downloads

Published

2024-04-30