Analisis Kebutuhan Tenaga Kerja Di PT Blutama Imawangi Tour and Travel Banyuwangi

Authors

  • Fika Feby Ayu Lestari Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Masetya Mukti Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Esa Riandy Cardias Politeknik Negeri Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i1.76791

Keywords:

Sumber Daya Manusia, Kebutuhan Tenaga Kerja, Beban Kerja, PT Blutama Imawangi Tour and Travel

Abstract

PT Blutama Imawangi Tour and Travel memiliki karyawan yang berjumlah 1 orang pada divisi operasional yaitu sebagai marketing, accounting dan tour division. Kondisi ini mengindikasi adanya beban kerja yang dirasakan oleh karyawan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk menjadi acuan dalam menentukan kebutuhan tenaga kerja yang harus dipenuhi oleh PT Blutama Imawangi Tour and Travel. Penelitian ini menggunakan responden yaitu karyawan divisi operasional PT Blutama Imawangi. Jenis penelitian ini menggunakan data analisis kuantitatif deskriptif yang terdiri dari analisis beban kerja, analisis kebutuhan tenaga kerja, analisis absensi tenaga kerja, dan analisis turnover dengan menggunakan teknik analisis WLA dan WFA. Penelitian ini menunjukkan hasil waktu kerja karyawan divisi operasional sebesar 1.070 menit/ hari atau 17 jam dengan hasil tersebut PT Blutama kekurangan jam kerja produktif. Sehingga berdasarkan hasil perhitungan beban kerja tersebut PT Blutama membutuhkan 3 orang karyawan pada divisi operasional.

References

Aliansyah. H dan Hermawan. 2019. “Peran sektor Pariwisata Pada Pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di jawab barat”. Bina Ekonomi. Sisipan 23(1):39-55.

Ardana, I Komang. Mujiati, Ni Wayan dan Utama I Wayan Mudiartha. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Terbitan: Graha Ilmu. Yogyakarta

Bungin, Burhan (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Gajah Mada Press.

Damardjati, R. S. 2010. Istilah-Istilah Dunia Pariwisata. Jakarta. Paradnya Paramita.

Larasanti. S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sleman: Penerbit Deepublish.

Mangkunegara. 2011. Manajemen sumber daya perusahaan PT. Remaja rosdakarya. Bandung.

Departemen Dalam Negeri, PerMen DamNeg. 2008. Pedoman Analisa Beban Kerja di Lingkungan Departemen Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah Jakarta.

Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

Sunarso. 2010. Pengaruh Kepemimpinan, Kedisiplinan, Beban Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah. Jurnal Managemen Sumber Daya Manusia. Vol 4. No1.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, Cv

Published

2024-04-30