Pengaruh Fasilitas Hotel terhadap Loyalitas Pelanggan

Studi Kasus Hotel Bintang Dua

Authors

  • Deni Somantri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Hendrajaya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Renny Aprilliyani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Bayu Ade Prabowo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i1.79112

Keywords:

Fasilitas Hotel, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh fasilitas hotel terhadap loyalitas pelanggan dengan studi kasus pada hotel bintang dua di Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya fasilitas hotel dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain survei, melibatkan 102 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner berbasis skala Likert dan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas hotel dan loyalitas pelanggan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dengan koefisien regresi masing-masing sebesar 0.202 dan 0.422. Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan kualitas fasilitas dan strategi loyalitas pelanggan dapat meningkatkan kepuasan konsumen secara signifikan. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah manajemen hotel harus fokus pada peningkatan kualitas fasilitas dan layanan serta mengembangkan program loyalitas yang efektif untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

References

Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Sari., M. E. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Metodologi Penelitian Kuantitatif (Issue May).

Anggia, Y., Sri, P., & Astuti, R. T. (2010). Analisis Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel “X” Semarang. Jurnal Ilmiah Aset, 12(2), 191–199. https://journal.widyamanggala.ac.id/index.php/jurnalaset/article/view/67

Christmas, I., Suwarno, W., Martini, E., & Sos, S. (2021). Peran Customer Relationship Management Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan : Studi Kasus Di Hotel Zaen Syariah Solo the Role of Customer Relationship Management on Customer ’ S Loyalty Improvement : Study Case in Hotel Zaen Syariah Solo. 8(2), 995–1003.

Falakh. (2016). Analisis Pengaruh Harga, Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Hotel Bintang Tawangmangu.

Farhan, M. (2023). Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menginap dan untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Gran Melia Jakarta. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(10), 4594–4611.

Haerani, S., Munir, A. R., Fakultas, M., Universitas, E., Manajemen, M., Ekonomi, F., & Hasanuddin, U. (2018). Dan Loyalitas Pelanggan Hotel Novotel Makassar Grand Shayla City Centre . the Influence of Marketing Mix Strategies To Customer Satisfaction and Hotel Loyalty Novotel Novotel Grand. Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 1, 52–64.

Jaya, W., Arifin, R., & Slamet, A. R. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. E – Jurnal Riset Manajemen, 46–62.

Leksono, A. B., & Pratiwi, R. (2022). Analisa Pengaruh Pendekatan Financial Benefit, Social Benefit, dan Structural Ties terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Ijen Suites Resort & Convention Malang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16190–16201. https://jatim.bps.go.id/

Luna-Arocas, R., Danvila-Del Valle, I., & Lara, F. J. (2020). Talent management and organizational commitment: the partial mediating role of pay satisfaction. Employee Relations, 42(4), 863–881. https://doi.org/10.1108/ER-11-2019-0429

Nadeak, J. A., & Yudhira, A. (2022). Analisa Pengaruh Fasilitas Dan Kepuasan pelanggan Terhadap Loyalitas pelanggan Menginap di Mikie Holiday Resort dan Hotel Berastagi. Value, 3(2), 50–62. https://doi.org/10.36490/value.v3i2.402

Nafisa, Ji., & Sukresna, I. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Harapan Kinerja dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Diponegoro Journal of Management, 7(3), 1–27.

Nurwati, E., & Riyanto, A. (2024). Analisa Determinan Kepuasan Pelanggan Terhadap Departemen Banquet Hotel ( Studi Kasus Grand Mercure Hotel Kemayoran Jakarta ). 4, 2136–2152.

Supeno, W. (2018). Analisis Penilaian Kepuasan Pelayanan Hotel Pelanggan Traveloka (Studi Kasus Hotel di Area Malioboro Yogyakarta). Perspektif, XVI(1), 50–61. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/3050

Published

2024-05-30