ANALISIS FAKTOR WISATA DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE KOTA BATAM
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i3.85547Keywords:
Faktor Perjalanan, Citra Merek, BatamAbstract
Batam adalah kota yang dikenal sebagai pusat industri, perdagangan, dan pariwisata. Letaknya yang strategis, berdekatan dengan Singapura dan Malaysia, menjadikannya sebagai tujuan yang ideal untuk pengembangan kota agar lebih dikenal oleh wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Penelitian ini dilakukan di kota Batam dengan fokus pada variabel-variabel yang berpotensi meningkatkan citra merek kota tersebut dalam konteks pariwisata. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang paling berpengaruh dalam membangun citra merek perjalanan kota Batam. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah wisatawan yang mengunjungi Batam, yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Metode analisis statistik yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Analisis Faktor, yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang mempengaruhi persepsi wisatawan terhadap Batam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima faktor utama yang diidentifikasi, yaitu natural attractions, cultural identity, reputation, destination shopping, dan modern. Faktor Modern muncul sebagai yang paling dominan dalam membentuk citra merek Batam. Faktor modern yaitu menggabungkan teknologi dengan kehidupan perkotaan. Penelitian ini menyarankan agar kota Batam lebih menata kota batam menjadi kawasan kota yang inofatif dan dinamis. Ini bisa dilakukan melalui berbagai kegiatan seperti memberikan pengalaman wisatawan yang unik, produk wisata berbasis teknologi seperti wahana atraksi dan permainan harus terus dikembangkan. Pemerintah kota Batam juga harus mempermudah akses ke berbagai destinasi wisata.
References
Bhaki, Z., Achmadi, F., & Vitasari, P. (2024). Analisis faktor safety climate untuk meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja pada pekerjaan konstruksi di wilayah kerja PT XYZ bunyu field. 2, 860–870.
D. Sianturi, G. H., & Purwanti, A. (2021). Citra kota Batam sebagai kota pariwisata menurut wisatawan yang berkunjung ke kota Batam. SCIENTA Journal, 3(3).
Danuwidjojo, Y., & Yuanita, S. F. (2022). Implementasi strategi infrastruktur berbasis kearifan lokal menjadi potensi ekonomi masyarakat di kampung tua. Jurnal Potensi, 2(1), 18–36. https://doi.org/10.37776/jpot.v2i1.829
Firmansyah, M. (2019). Pemasaran produk dan merek.
Handayani, Sri; Kadi, Dian, Cittaningtyas, Ari; Fauzi, Rizal, Ula, A. (2022). Pengaruh City Branding “Madiun Kota Pendekar” Dan E-Wom Terhadap Minat Berkunjung Ulang Melalui Image Destination Sebagai Mediasi. CITACONOMIA : Economic and Business Studies, 01(01), 49–74.
Handayani, N., & Saputra, E. (2024). Pengaruh Hygiene Dan Kualitas Packaging Terhadap Kepuasan Konsumen Di Sop Ayam Klaten Tiban Center. Jurnal Mekar, 2(2), 58–64. https://doi.org/10.59193/jmr.v2i2.242
Hardiyanti, D. Y., & Wulansari, N. (2023). Analisis Faktor Kepuasan Tamu Dikyriad Hotel Bumiminang Padang. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(2), 777–783. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.68473
Indriani, J., & Kuswoyo, C. (2017). Pengaruh City Branding Pada City Image Dan Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Kabupaten Purwakarta. Jurnal Manajemen Maranatha, 17(1), 41. https://doi.org/10.28932/jmm.v17i1.410
Juliandi, A., & Irvan. (2018). Mengelolah Data Penelitian Bisnis.
Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2020). Building, Measuring, and Managing Brand Equity Strategic Brand Management. 1–549.
Manik, C. M., & Siregar, O. M. (2022). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian pada konsumen starbucks di kota medan. Journal Of Social Research, 1(7), 694–707.
Muslim, dailami, & Mohammad, thandzir. (2022). Pesona Wisata Kota Batam Dan Pandemi Covid 19. Jurnal Manajemen Kuliner, 1(1), 34–38. https://doi.org/10.59193/jmn.v1i1.8
Nailufar, S. (2019). Pengaruh citra merek (brand image) terhadap minat beli penumpang pada maskapai citilink rute pontianak. 6–23.
Panjaitan, H. P., Vinson, V., Yani, F., Sitompul, S. S., Sari, O., & Lubis, W. M. C. (2024). Influence of Product Quality, Price, Brand Image and Promotion on Customer Satisfaction on Lazada (Case Study in Pekanbaru City Communities). Proceeding of International Conference on Business Management and Accounting (ICOBIMA), 2(2), 373–390.
Purwianti, L., & Dwi Lukito, Y. R. (2014). Analisis Pengaruh City Branding Kota Batam Terhadap Brand Attitude. Jurnal Manajemen, 14(1), 61–80.
Putri, D. F., Saputra, E., & Mulyadi, T. (2023). Pengaruh promosi dan popularitas merek terhadap volume penjualan kangen dimsum batam. 3(1), 25–31.
Supriono, S. (2017). Analisis Deskripsi Potensi Pariwisata Kota Batam Dalam Rangka Menjaring Wisatawan Mancanegara. Jurnal Pariwisata Terapan, 1(2), 97. https://doi.org/10.22146/jpt.30150
Teza, S. D., & Ningsih, D. (2017). Analisis Implementasi Transfer Pricing Perusahaan Batam dan Singapura. Jurnal Akuntansi, 6(1), 27–38.
Waris, A. (2022). Dampak City Branding dan Daya Tarik Wisata terhadap Minat Berkunjung ke Pantai Camplong Kabupaten Sampang. Jurnal Tesla : Perhotelan - Destinasi WIsata - Perjalanan Wisata, 2(2), 62–69.