https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/issue/feed Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata 2023-12-22T13:11:15+00:00 A.A. Ngurah Yudha Martin Mahardika yudhamartin_mph@yahoo.com Open Journal Systems <p>Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata is a scientific journal published by the Hotel Department of UNDIKSHA with <strong>p-ISSN: <a title="ISSN printed JMPP" href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/1518073799" target="_blank" rel="noopener">2654-9719</a> (printed) </strong>and <strong>e-ISSN: <a title="ISSN online JMPP" href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/1574568863" target="_blank" rel="noopener">2714-7835</a> (online). </strong>The purpose of the journal is to facilitate research and non-research articles in Management, Tourism and Hotelier contexts.</p> <p>Previously, the journal was published semi-annually, with issues released in April and October. However, starting from 2022, the publication frequency has been increased, and the journal is now released quarterly, specifically in April, August, and December. This change in frequency allows for a more regular dissemination of the latest research and developments within shorter intervals, fostering a more dynamic exchange of scholarly knowledge and insights among the readership.</p> <p>Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata is indexed by <strong><a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/8007">Science and Technology Index (SINTA 5)</a>, </strong><strong><a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=8guxchUAAAAJ&amp;hl=en">Google Scholar</a>, </strong><strong><a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/18555">Garba Rujukan Digital (GARUDA)</a>, </strong>and <strong><a href="https://app.dimensions.ai/discover/publication?search_mode=content&amp;search_text=jurnal%20manajemen%20perhotelan%20dan%20pariwisata&amp;search_type=kws&amp;search_field=full_search&amp;or_facet_source_title=jour.1390396">Dimensions</a></strong></p> <p> </p> https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/70037 Digital Marketing Strategy in Tourist Objects of Lerep Village, Ungaran, Semarang District 2023-12-14T23:33:56+00:00 Desika Nur Jannah desika@usm.ac.id Bram Arvianto desika@usm.ac.id <p>The tourism industry in Semarang and authorities outside Semarang to advance <br />the tourism industry villages by posting photos or recordings through onlinebased media. This post has a fairly large reach consisting of a wider area both <br />inside and outside Semarang, progress through web-based media such as <br />Facebook and Instagram, making the exchange of advertisements in the <br />computerized era lead to a focus on the general public. As well as making the <br />travel industry village develop as a whole, establishing POKDARWIS, advancing <br />the travel industry through web-based media, building good relationships with <br />supporting media, both print media, electronic media and online media.</p> 2023-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/66158 Resiliensi Destinasi Wisata Telaga Warna Puncak Setelah Pandemi Covid-19 2023-07-19T11:46:38+00:00 Dela Safitri safitridela0203@gmail.com Tevila Akwila akwilatevila@gmail.com Rizki Nurul Nugraha rizki.nurul@civitas.unas.ac.id Vanny Chang Nurmanto vanny.chang7@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk memahami tingkat resiliensi destinasi wisata Telaga Warna Puncak pascapandemi Covid-19 dan menganalisis hasil upaya pemulihan yang dilakukan. Telaga Warna merupakan sebuah destinasi wisata alam yang terletak di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dengan berbagai pemangku kepentingan terkait industri pariwisata, termasuk pemilik dan pengelola tempat wisata dan masyarakat lokal. Data yang terkumpul dianalisis untuk mengidentifikasi tema dan pola baru yang muncul. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman kita tentang bagaimana destinasi wisata dapat mengatasi dan pulih dari krisis seperti pandemi covid-19. Hasil penelitian ini dapat menjadi panduan bagi destinasi wisata lainnya dalam mengembangkan strategi resiliensi mereka dalam menghadapi krisis serupa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa destinasi wisata Telaga Warna Puncak telah berhasil mengembangkan berbagai strategiuntuk meningkatkan resiliensinya setelah pandemi Covid-19. Namun kini destinasi wisata Telaga Warna sedang berfokus menghadapi dan bertahan dari persaingan langsung dengan destinasi Telaga Saat.</p> 2023-12-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/67325 Pengaruh Marketing Mix dan Pelayanan Prima terhadap Kepuasan Pengunjung dengan Daya Tarik Wisata sebagai Variabel Intervening di Goa Kreo Semarang 2023-08-26T09:37:27+00:00 Bambang Guritno bguritno18@gmail.com Andhi Supriyadi andhi_zdn@yahoo.com Laraswati andhi_zdn@yahoo.com Firno Hadi andhi_zdn@yahoo.com Enik Rahayu enikrahayu79@gmail.com <p>Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap daya tarik wisata, pengaruh pelayanan prima terhadap daya tarik wisata, pengaruh marketing mix terhadap kepuasan pengunjung, pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan pengunjung, daya tarik wisata terhadap pengunjung, pengaruh marketing mix terhadap kepuasan pengunjung dengan daya tarik wisata sebagai variabel intervening, dan pengaruh pelayanan prima terhadapan kepuasan pengunjung dengan daya tarik wisata sebagai variabel intervening. Kuisoner yang disebarkan kepada 78 responden, secara spesifik, teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisa penelitian ini adalah menggunkan model analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data ditunjukan dari uji t, menunjukan bahwa marketing mix berpengaruh positif signifikan terhadap daya tarik wisata sebesar 0,000. Pelayanan prima berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap daya tarik wisata sebesar 0.554. marketing mix berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung sebesar 0.235. Pelayanan prima berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengunjung sebesar 0.000. Daya tarik wisata berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengunjung sebesar 0.027.dan Hasil analisis dengan sobel test calculator for the signification of mediaton kris preacher: hasil analisis dengan sobel tes menunjukan nilai statistik (z Value) untuk pengaruh dan tidak pengaruh Marketing Mix, pelayanan prima terhadap kepuasan pengunjung dengan daya tarik wisata sebagai variabel intervening. Sobel Test Statistic 1,689555266 dan one- tailed probalility dengan angka 0,013806 dan two tailed probability dengan angka 0,023326.</p> 2023-12-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/68473 ANALISIS FAKTOR KEPUASAN TAMU DIKYRIAD HOTEL BUMIMINANG PADANG 2023-09-27T22:10:55+00:00 Dwi Yulia Hardiyanti dwi.yuliahardiyanti@gmail.com Nidia Wulansari nidia.wulansari@fpp.unp.ac.id <p><em>Hotel guest satisfaction is one of the most important factors in the development of the hotel. If guest satisfaction is fulfilled then the goals of the company will be achieved. Therefore, guest satisfaction is very important in a company. This study aims to analyze what factors affect guest satisfaction and analyze the most dominant factors in influencing guest satisfaction at Kyriad Hotel Bumiminang Padang.. This study used quantitative research with a descriptive approach. A total sample of 127 people was recruited using the saturated sampling method. The data collection technique uses questionnaires arranged based on Likert scales. Hypothesis testing uses a factor analysis test using SPSS version 25. The Kaiser Meyer Olkin (KMO) test value of 0.724 &gt; 0.5 until it is stated that the right factor analysis is used to analyze the data obtained. While the results of Barlett's Test of Sphericity stated the significance results at 0.000 &lt; 0.5 so that it can be concluded that there is a significant correlation matrix with a number of factors. Based on the total value of Variance Explained, there are 6 factors that are formed and have eigenvalues &gt; 1 so that it can be concluded from this study that there are 6 factors formed that affect guest satisfaction at Kyriad Hotel Bumiminang Padang.</em></p> 2023-12-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/72780 Kapasitas Panganan Tradisional Bali sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner di Gianyar 2023-12-22T13:11:15+00:00 Nyoman Agus Trimandala nyomantrimandala@ipb-intl.ac.id Dewa Putu Kiskenda dewakiskenda@ipb-intl.ac.id <p>Perkembangan pariwisata saat ini juga mendukung globalisasi dan apresiasi yang lebih besar terhadap sumber daya lokal. Misalnya, maraknya waralaba makanan cepat saji di seluruh dunia bersamaan dengan peningkatan sajian kuliner lokal yang Hubungan antara makanan ataupun panganan dan pariwisata merupakan suatu kesatuan yang sangat padu. Dalam dunia pariwisata, makanan lokal atau panganan tradisional merupakan salah satu aspek yang mendukung keeksitensiannya pariwisata maupun daya Tarik wisata dan sebaliknya dengan adanya suatu daya Tarik wisata keksistensian suatu makanan khas menjadi tetap dikenal oleh masyarakat. tidak kalah saing. Adanya modiffikasi produk makan akan menambah keaslian, kebudayaan, ketertarikan wisatawan, kebiasaan wisatawan dalam mencari panganan tradisional, serta pengalaman yang didapatkan akan memiliki kesan originalitas yang membuat ketertarikan wisatwan berkunjung akan bertambah sehingga keeksistensian daya Tarik wisata akan terus berkembang.</p> 2023-12-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/71615 Analisis Penerapan Konsep Quality Tourism di Bali dari Sudut Pandang Sinergitas Pentahelix Pariwisata 2023-12-13T09:35:37+00:00 Ida Bagus Ketut Soma Antara soma.antara@ipb-intl.ac.id Nyoman Agus Tri Mandala nyomantrimandala@ipb-intl.ac.id <p>Sektor pariwisata di Bali kembali pulih pasca pandemi covid-19. Pulihnya sektor pariwisata dapat dilihat dari meningkatnya kunjungan wisatawan. Kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali pada bulan Januari-September 2023 sebanyak 3.927.257 orang, naik 231,18% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022. Pulihnya sektor pariwisata di Bali bukan tanpa permasalahan. Kebermanfaatan industri pariwisata bagi ekonomi, sosial-budaya, dan keberlanjutan pembangunan menjadi tantangan yang harus dihadapi. Penelitian ini mengkaji tentang implementasi konsep pariwisata berkualitas di Bali dari sudut pandang pentahelix (academician, business, community, government, dan media). Melalui pendekatan kualitatif, para informan yang mewakili masing-masing unsur pentahelix diwawancara secara mendalam. Teori yang digunakan adalah teori pariwisata berkualitas dari UNWTO dengan 8 indikator yang dikaji. Hasilnya, secara ekonomi pariwisata di Bali telah berdampak bagi masyarakat lokal namun masih perlu pemerataan. Secara sosial-budaya keberadaan pariwisata memberi kesempatan untuk penguatan sejumlah potensi lokal dengan peran serta pemangku kebijakan. Sektor pariwisata juga menjadi pemicu pembangunan infrastruktur dan lembaga pendidikan di bidang pariwisata di Bali yang berperan penting dalam peningkatan sumber daya manusia di bidang pariwisata.</p> 2023-12-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/69466 Manajemen Bakat di Sektor Pariwisata dan Perhotelan 2023-10-31T01:45:01+00:00 Eko Haryanto thomexs@stipram.ac.id Amin Kiswantoro aminkiswantoro@stipram.ac.id Nur Rohman thomexs@stipram.ac.id Rizky Maulana thomexs@stipram.ac.id Kiki Rizki Makiya thomexs@stipram.ac.id Fitria Noviati thomexs@stipram.ac.id <p><em>This research provides a context analysis of talent in the tourism and hospitality industry. The industry is a vital sector for many economies with its highly service-oriented nature, an important strategy to ensure effective recruitment and retention of employees with relevant skills and knowledge. The aim of this research is to provide an overview to politicians and stakeholders regarding the processing of various ideologies, perspectives and interventions that improve management talent. The method used is a qualitative method with the type of literature review or literary study. Critical analysis is made of existing print and online materials. The novelty findings of this article offer new insights into talent management in the tourism and hospitality industry. The results reveal two main research themes; First, there is a positive correlation between the talent management strategy adopted and the creation of global competitiveness. second, institutional culture influences the implementation of planning strategies, which in turn influences talent management.</em></p> 2023-12-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/71877 Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha 2023-12-13T09:59:02+00:00 I Gusti Lanang Prayura Putra nanguya3030@gmail.com Ni Kadek Sinarwati nikadeksinarwati@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, gaya hidup, dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer yang berasal dari pengisian kuesioner oleh responden. Kuesioner dalam penelitian ini menggunakan skala likert 1-5. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha yang aktif pada semester genap 2021/2022. Jumlah sampel dihitung menggunakan rumus Slovin dan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan aplikasi IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial literasi keuangan dan pengendalian diri berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha, sedangkan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha.</p> 2023-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/60035 Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku terhadap Niat Berwisata Pasca Pandemi COVID-19 2023-04-17T14:28:33+00:00 Atika Nur Hidayah atika.nurhidayah@untidar.ac.id Eki Melina Widanti ekimelina@untidar.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku terhadap keinginan untuk melakukan perjalanan wisata pasca pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan sampel sebanyak 298 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode cross-sectional. Analisis data menggunakan uji regresi linear ganda. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa faktor sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku baik secara individual maupun simultan berpengaruh secara positif terhadap niat berwisata pasca pandemi COVID-19. Di antara ketiga faktor yang diuji, sikap merupakan faktor yang paling dominan dalam memengaruhi niat berwisata pasca pandemi COVID-19. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi mekanisme bagi pemerintah maupun pengelola destinasi wisata untuk membuat langkah-langkah yang terpadu dalam penyelenggaraan pariwisata pasca pandemi COVID-19.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/61502 Problematika Pengembangan Destinasi Pariwisata di Kampung Adat Prai Ijing Nusa Tenggara Timur 2023-05-15T07:23:29+00:00 Maharani Indira Ravi Mierdhani nisa9161@gmail.com Liliana Dewi Liliana.dewi@civitas.unas.ac.id <p>Kampung Adat Prai Ijing merupakan kampung wisata yang memproyeksikan kebudayaan masyarakat Sumba Barat yang masih begitu kuat. Prai Ijing juga berhasil bersaing dan menjadi Juara 2 Kategori Desa Wisata Berkembang pada tahun 2019 oleh Kementerian Desa dan berhasil menjadi bagian dari 75 Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata 2023. Di balik keberhasilan pencapaiannya terdapat problematika yang harus dihadapi dalam mengembangkan destinasi wisata Kampung Adat Prai Ijing. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika dalam pengembangan destinasi pariwisata di Kampung Adat Prai Ijing dan upaya penyelesaiannya. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskpritif dengan analisis triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang dihadapi adalah kurangnya SDM yang kompeten, kurangnya sarana dan prasarana serta kendala dalam proses pemasaran yang terpadu sehingga menghambat pembangunan pariwisata. Upaya yang dilakukan adalah melalui partisipasi masyarakat yang terlibat dengan bertujuan agar masyarakat menyadari peran yang mereka miliki dalam proses pengembangan destinasi pariwisata di Kampung Adat Prai Ijing.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/61774 Pengaruh Branding terhadap Keputusan Menginap Tamu di Hotel Pullman Jakarta Central Park 2023-05-25T18:18:38+00:00 Ruben s19190298@student.ubm.ac.id Dewanta Facrureza dfacrureza@bundamulia.ac.id <p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh branding terhadap keputusan menginap tamu di hotel Pullman Jakarta Central Park yang berlokasi di Jakarta Barat. Penelitian ini sendiri dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data yang menggunakan kuisioner sebanyak 240 sampel. Hasil yang dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah yang pertama adanya pengaruh yang signifikan dan positif dari dimensi kejujuran brand terhadap keputusan menginap tamu. yang kedua adalah adanya pengaruh yang signifikan dan positif dari dimensi semangat brand terhadap keputusan menginap tamu. yang ketiga adalah adanya pengaruh yang signifikan dan positif dari dimensi kemampuan brand terhadap keputusan menginap tamu. yang keempat adalah adanya pengaruh yang signifikan dan positif dari dimensi keduniawian brand terhadap keputusan menginap tamu. yang kelima adalah adanya pengaruh yang signifikan dan positif dari dimensi ketahanan brand terhadap keputusan menginap tamu. Dan yang terakhir adalah branding secara utuh memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap tamu.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/60987 Pengaruh Variasi Menu Breakfast terhadap Kepuasan Tamu di Grand Basko Hotel Padang 2023-05-06T11:37:58+00:00 Gaby Romauli Simanjuntak gebysimanjuntak0208@gmail.com Lise Asnur lise.asnur@fpp.unp.ac.id <p>Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan variasi menu sarapan pagi, mendeskripsikan kepuasan pelanggan dan menganalisis pengaruh variasi menu sarapan pagi pada kepuasan pelanggan Hotel Grand Basko Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode asosiasi kausal. Pada penelitian ini terdapat 915 tamu yang berkunjung ke Hotel Grand Basko Padang dengan sampel sebanyak 91 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada tamu yang sarapan pagi di Hotel Grand Basko Padang. Pengujian instrumen dilakukan melalui uji validitas dan reliabilitas. Pada tahap pemrosesan data, fungsi-fungsi seperti merancang struktur data, pengkodean, pengeditan, dan entri data dilakukan. Analisis persyaratan dilengkapi uji normalitas, uji homogenitas, linieritas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini adalah tingkat capaian responden pada variabel variasi menu <em>breakfast</em> sebesar 45% dengan kategori sangat tidak puas. Tingkat capaian responden pada variabel kepuasan tamu sebesar 38% dengan kategori sangat tidak puas. Variasi menu <em>breakfast</em> berpengaruh sebesar 57,1% terhadap kepuasan tamu di Grand Basko Hotel Padang dan 42,9% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/61766 Pengaruh Media Sosial dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mixue di Kota Singaraja 2023-05-20T06:43:20+00:00 Kellyna Marshanda Putri Pramana kellynamarsha@gmail.com Ni Made Dwi Ariani Mayasari dwi.mayasari@undiksha.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh media sosial dan harga terhadap keputusan pembelian <em>Mixue </em>di Kota Singaraja, baik dengan cara parsial maupun juga simultan. Pendekatan penelitian kuantitatif diterapkan dalam penelitian ini yang berfokus pada pendekatan kausal. Penentuan sampel yang dipergunakan yaitu melalui teknik <em>sampling incidental/accidental sampling.</em> Data dari 100 responden dikumpulkan melalui penggunaan kuensioner sebagai instrumen pengumpulan data dan untuk menganalisis data digunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil pada penelitian ini mengemukakan bahwa (1) media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian <em>Mixue</em> di Kota Singaraja, (2) harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian <em>Mixue </em>di Kota Singaraja, serta (3) media sosial dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian <em>Mixue</em> di Kota Singaraja.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/58950 Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Menginap pada Generasi Milenial di Mercure Jakarta Sabang 2023-02-23T22:03:24+00:00 Cindy Classia Makawowor ydewantara@bundamulia.ac.id Yudhiet Fajar Dewantara yfdewantara@gmail.com <p><em>Staycation</em>s yang semakin populer di kalangan anak muda turut andil dalam peningkatan bisnis perhotelan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi elemen lingkungan Mercure Jakarta Sabang yang paling kuat mempengaruhi pilihan generasi milenial untuk tetap tinggal disana. Teknik kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Secara keseluruhan, 230 orang mengisi survei. Analisis dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Uji f menunjukkan bahwa kualitas produk, lokasi, harga, dan kualitas layanan semuanya berperan dalam pilihan untuk tetap menjadi demografis milenial di Mercure Jakarta Sabang. Berdasarkan temuan uji-t, faktor harga dan kualitas layanan berpengaruh terhadap pilihan untuk tetap tinggal bagi generasi milenial di Mercure Jakarta Sabang, sedangkan variabel kualitas produk dan lokasi tidak berpengaruh. Peneliti menyarankan Hotel untuk mengasah beberapa kekurangan yang ada. Diharapkan saran studi ke depan dapat menyelidiki lebih banyak aspek promosi, bukti fisik, dan citra hotel yang mungkin memengaruhi pilihan milenial untuk tetap tinggal.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/61115 Strategi Penerapan Metaverse Tourism pada Pameran Ruang ImersifA di Museum Nasional Jakarta 2023-05-03T03:40:00+00:00 Ramang H. Demolingo remilenitaselvy@gmail.com Selvy Remilenita remilenitaselvy@gmail.com <p>Konsep Metaverse Tourism dalam wisata dapat menciptakan pengalaman dunia nyata (fisik) di dalam ruang virtual dengan pemanfaatan teknologi. Pemanfaatan teknologi Video mapping 360<sup>0</sup> berbasis Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) pada Ruang ImersifA memungkinkan museum untuk memperluas jangkauan pengunjung, baik secara geografis maupun melalui aksesibilitas digital. Tujuan dari penelitian ini menciptakan pengalaman wisata dunia virtual yang interaktif melalui teknologi dengan konsep metaverse di Ruang ImersifA. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi lapangan dan studi kepustakaan. Data yang digunakan menggunakan data primer dan sekunder dengan alat bantu analisis SWOT, yang dilakukan dengan mengumpulkan data, mengelompokkan data, mereduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan dalam analisis SWOT dengan matriks IFAS EFAS strategi yang diterapkan dalam Pameran Ruang ImersifA di Museum Nasional ditampilkan dalam strategi S-O yang dimana menampilkan konten berbeda dan perencanaan jangkauan luas dengan memanfaatkan teknologi dalam pengalaman imersif untuk menarik minat pengunjung. Kesimpulannya, dampak strategi yang diterapkan mampu meningkatkan daya tarik wisata dan memberikan pengalaman yang imersif dan interaktif bagi pengunjung dan dapat menciptakan pengembangan pariwisata berkelanjutan di Indonesia, khususnya dalam penerapan teknologi dalam industri pariwisata.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/53450 Analisa Pembangunan Akomodasi Penginapan terhadap Pariwisata Berkelanjutan Desa Dieng Kulon 2022-12-21T03:47:03+00:00 Dama Yuninata dama.yuninata@staff.uns.ac.id <p>Perkembangan dekade terakhir pariwisata Indonesia memiliki perkembangan yang baik, ditunjukkan dengan pembangunan akomodasi penginapan yang meningkat di wilayah destinasi pariwisata. Konsep pariwisata berkelanjutan menjadi guidline dalam setiap pembangunan di sektor pariwisata. Pengembangan dan pembangunan fasilitas di Dieng Kulon dibangun oleh pemerintah dan swasta untuk menunjang pariwisata. Banyaknya pembangunan homestay/penginapan maka memberikan dampak pariwisata Dieng. Tujuan penelitian ini menjelaskan apa dampak pengembangan dan pembangunan homestay terhadap pengelolaan pariwisata berkelanjutan Desa Dieng Kulon. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dan studi deskriptif. Dari pembahasan hasil penelitian mengenai dampak pembangunan homestay terhadap pariwisata berkelanjutan Desa Dieng Kulon memperlihatkan, tiga aspek pariwisata berkelanjutan yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan tidak terpenuhi.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/60942 Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul 2023-05-02T16:12:50+00:00 Roihatul Jannah roihatuljannah1122@gmail.com Nur Rohman nurrohman@stipram.ac.id Amin Kiswantoro Aminkiswantoro@stipram.ac.id Maria Ana Sila Hayatri nurrohman@stipram.ac.id Rakhmat Ashartono nurrohman@stipram.ac.id <p>Fenomena media sosial adalah dampak dari perkembangan informasi dan komunikasi, dengan membawa perubahan cara berkomunikasi menjadi modern yang serba digital. Media sosial memungkinkan penggunanya dapat melakukan hubungan dengan pengguna lainnya yang membentuk ikatan secara virtual sehingga dapat mempengaruhi seorang dalam mengambil keputusan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari media sosial instagram terhadap keputusan berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan teknik analisis data regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa media sosial instagram (X) memiliki pengaruh positif terhadap keputusan berkunjung (Y). Penelitian ini menyimpulkan bahwa responden pada penelitian ini menggunakan instagram dengan frekuensi yang sering, maka saran bagi pengelola untuk lebih meningkatkan frekuensi dalam memposting foto, video, dan informasi mengenai Gunung Api Purba Nglanggeran.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/58778 Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Objek Wisata Batur Natural Hot Spring Kabupaten Bangli 2023-02-17T09:09:04+00:00 Bisma Ningrat bismajero@gmail.com I Nengah Suarmanayasa nengah.suarmanayasa@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada objek wisata Batur <em>Natural Hot Spring</em>, dengan mengkaji variabel lingkungan kerja dan disiplin kerja sebagai variabel bebas, dan kinerja karyawan sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 80 karyawan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Ada pengaruh positif dan signifikan dari lingkungan kerja dan disiplin kerja terhadap terhadap kinerja karyawan. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan dari lingkungan kerja terhadap terhadap kinerja karyawan.. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan dari disiplin kerja terhadap terhadap kinerja karyawan.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/61386 Pengembangan Produk Ekonomi Kreatif di Kawasan Condet 2023-05-11T05:20:24+00:00 Madeline Ivanka Kurniawan kurniawanmadeline@gmail.com Liliana Dewi liliana.dewi@civitas.ac.id <p>Pengembangan produk wisata merupakan salah satu bentuk pengembangan wisata yang dilakukan oleh stakeholder wisata. Dengan adanya pengembangan di Kawasan wisata, dapat menarik wisatawan atau pengunjung yang akan dating dan bertambahnya minat yang dapat menarik wisatwan. Penelitian ini membahas pengembangan produk wisata Kawasan Condet di Jakarta Timur. Metode kualitatif dengan analisis SWOT. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Kawasan Condet merupakan kawasan yang sudah dikenal sejak lama sebagai kampung Budaya beserta produk khas wisatanya seperti emping, salak, duku, dll. Bukan hanya buah buahan yang sangat menarik tetapi banyak kesenian yang masih di lestarikan oleh masyarakat yang ada di wilayah condet tersebut, namun dalam pengembangan produk wisata yang ada pun masih ditemukan beberapa masalah dan ancaman seperti kurangnya kesadaran dari masyarakat Condet dalam memproduksi produk-produk wisata mereka baik produk <em>tangible dan intangible.</em><em> </em></p> <p> </p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/60168 Pengaruh Kredibilitas Vlogger Youtube terhadap Kesadaran Destinasi Wisata dan Keinginan Berwisata Penonton Indonesia 2023-05-11T05:55:32+00:00 Adestya Ayu Armielia adestya.ayu@umn.ac.id Oqke Prawira Triutama oqke.prawira@umn.ac.id Shafira Nindita shafira.nindita27@gmail.com <p>Penelitian ini adalah mengenai dampak vlogger pariwisata Youtube terhadap kesadaran tujuan wisata dan niat beli di Indonesia, khususnya mengenai kredibilitas vlogger, kepada pelanggan. Kerangka yang diusulkan berpendapat bahwa kredibilitas sub-dimensi seperti daya tarik, kepercayaan dan keahlian memiliki dampak yang signifikan terhadap kesadaran destinasi dan niat pembelian. Temuan empiris berdasarkan 350 pelanggan vlog perjalanan dan pariwisata Youtube berusia antara 12-42 tahun mengungkapkan bahwa daya tarik vlogger, kepercayaan kepada vlogger, dan keahlian vlogger secara signifikan meningkatkan kesadaran tujuan wisata dan niat beli mereka. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi untuk literatur pemasaran dan bukti tambahan mengenai bagaimana influencer media sosial seperti vlogger youtube dapat secara efektif membantu industri pariwisata dan kementerian pariwisata untuk meningkatkan kesadaran tujuan wisata dan meningkatkan niat beli konsumen.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/62069 Analisis Pengaruh Substitusi Tepung Mocaf dalam Pembuatan Marble Cake terhadap Daya Terima Konsumen 2023-05-25T18:40:49+00:00 Rebecca Rebeccatzu@gmail.com Antonius Rizki Krisnadi akrisnadi@gmail.com <p>Dalam penelitian ini, peneliti melakukan substitusi pada bahan Tepung Terigu dengan Tepung <em>Mocaf </em>karena ada sebagian orang yang memiliki alergi terhadap gluten seperti penderita <em>Celiac Disease </em>dan <em>autism spectrum disorder (ASD). </em>Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui daya terima konsumen terhadap produk <em>Marble Cake</em> dengan substitusi Tepung <em>Mocaf </em>0%, 25%, 50%, 75% hingga 100%. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian eksperimen dengan metode penelitian kuantitatif. Kemudian teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin yaitu n = N / 1+ sehingga menghasilkan 100 panelis dan kuesioner akan disebarkan di DKI Jakarta. Data dari uji organoleptik kemudian diolah dengan menggunakan uji statistik deskriptif persentase dan uji Friedman pada aplikasi SPSS versi 27. Kemudian dari hasil data yang telah diolah menunjukkan bahwa panelis lebih menyukai <em>Marble Cake </em>substitusi Tepung <em>Mocaf </em>0% untuk segi warna sedangkan untuk segi aroma, tekstur dan rasa yang lebih disukai oleh panelis adalah <em>Marble Cake </em>substitusi Tepung <em>Mocaf </em>50%. Pada hasil Friedman juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nyata terhadap 5 perlakuan yaitu <em>Marble Cake </em>substitusi Tepung <em>Mocaf </em>0%, 25%, 50%, 75% dan 100%.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/49754 Atribut Guest activities sebagai Daya Tarik Taman Simalem Resort 2022-07-10T23:13:44+00:00 Liyushiana liyushiana@poltekparmedan.ac.id Bahagia Tondang bahagiatondang@poltekparmedan.ac.id Elisabeth G. Sibarani elisabethsibarani@gmail.com Gianny Sri Rejeki Sihombing giannysihombing@gmail.com Ersya Permata Sari ersya@gmail.com Winda Azzahra Siregar windasiregar@gmail.com <p>Taman Simalem Resort merupakan salah satu Hotel yang menawarkan berbagai variasi kegiatan (<em>Guest activities</em>) kepada tamu yang menjadi produk tambahan bagi tamu hotel selain dari pada kamar serta produk makanan dan minuman. Sebagai salah satu penginapan dengan lokasi yang sangat strategis dengan luas areal sekitar 206 hektare dan berada di kawasan perbukitan, Taman Simalem Resort ini tidak hanya berpotensi sebagai tempat untuk menginap tetapi juga berpotensi sebagai destinasi wisata yang mewah dengan kawasan yang sangat asri, nyaman dan sejuk serta jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi <em>guest activities</em> tersebut dan merumuskan sintesa atributnya. Adapun metode penelitian ini adalah kualitatif, model penelitian interaktif, dengan proses pengumpulan data observasi dan wawancara. Hasil penelitian menggambarkan <em>guest activities</em> yang ada berupa: labirin, aktivitas untuk anak seperti green fingers, wisata pertanian khusus organik, jungle trek, sunrise watching, flower arrangement, dipping pool, archery, hingga kiddy golf. Dari kegiatan-kegiatan ini dapat ditarik sintesa bahwa atribut <em>guest activities</em> yang diusung oleh Taman Simalem Resort adalah: konsep alam, dengan target untuk semua kalangan pengunjung, dimana harganya disesuaikan dengan paket pembelian, terdapat person in charge di setiap <em>guest activities</em>, dan prinsip utama yang selalu diperkenalkan adalah pertanian organik yang menjadi ciri khusus Taman Simalem Resort.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/65007 Analisis Pengembangan Pariwisata Wilayah Perbatasan Indonesia – Malaysia di Kabupaten Bengkalis 2023-07-03T14:56:12+00:00 Dini Rahmawati rahmawatidini@ars.ac.id Fuadi Afif fuadiafif@gmail.com <p>Kabupaten Bengkalis memiliki posisi yang strategis dalam pengembangan dan pembangunan pariwisata. Berdasarkan letak geografisnya, Kabupaten Bengkalis langsung berhadapan dengan perairan Selat Malaka. Terlebih lagi, posisi Kabupaten Bengkalis tepat berhadapan dengan kawasan segitiga pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Singapura dan Indonesia-Malaysia-Thailand. Hal ini dapat dilihat dari keindahan alam dan kekayaan budaya lokal yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi potensi pariwisata yang berada di Kabupaten Bengkalis, tepatnya di Kecamatan Bantan dan Kecamatan Bengkalis serta menganalisis pengembangan pariwisata di wilayah tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan observasi lapangan, wawancara dan studi literatur sebagai teknik pengumpulan data, baik data primer maupun data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pariwisata di wilayah perbatasan Indonesia – Malaysia dapat dikembangkan pada wisata bahari dengan menerapkan prinsip-prinsip ekowisata yang berkelanjutan dan wisata edukasi Udang Vaname. Alasannya, karena kegiatan wisata di Pantai Selat Baru merupakan obyek wisata unggulan di kawasan tersebut dengan pemandangan pantai yang indah dan merupakan lokasi kegiatan festival budaya diadakan. Ditambah lagi, udang vaname yang dianggap sebagai produk unggulan di sana, dapat dijadikan sebagai wisata edukasi bagi para pelajar untuk menambah pengetahuan. Dengan demikian, diharapkan wisata edukasi dapat memberikan manfaat yang lebih bagi pelaku usaha tambak Udang Vaname.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/61975 Analisis Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian di Groen Kopi 2023-05-25T01:35:13+00:00 Joseph Matthew joseph007matthew@gmail.com Vishnuvardhana Sahishnu Soeprapto vishnuvardhana@bundamulia.ac.id Eric Julianto ericjuliantooo@gmail.com <p>Di Indonesia saat ini tengah mengalami kenaikan jumlah kedai kopi yang drastis. Dalam hal ini pemilik usaha kedai kopi dituntut untuk dapat menciptakan strategi yang tepat untuk dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Dalam pembahasan kali ini ialah terkait pengaplikasian strategi store atmosphere dari suatu kedai kopi. Store atmosphere merupakan sebuah ciri khas yang wajib dimiliki sebuah toko, yang dimana hal tersebut mampu membangun citra di benak pelanggan. Adapun tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dari masing-masing dimensi secara parsial dan simultan. Target populasi pada penelitian ini merupakan sejumlah pengunjung yang pernah berkunjung dan melakukan pembelian di Groen Kopi. Dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan purposive sampling dengan total sampel sebanyak 106 orang responden. Berdasarkan hasil uji t didapati hasil bahwa store exterior, general interior, dan interior display memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan store layout tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/60586 Analisis Bibliometrik terhadap Tren Kompetensi untuk Green jobs pada Bidang Keahlian Pariwisata 2023-04-14T21:46:26+00:00 Riswano enjahriswano@gmail.com Acep Rachmat aceprachmat@gmail.com <p>Pariwisata berkelanjutan merupakan konsep yang bertujuan untuk mengurangi dampak negatif pariwisata terhadap lingkungan, masyarakat, budaya, dan warisan alam setempat. Dalam konteks ini, penelitian mengenai pariwisata berkelanjutan dan <em>green jobs</em> sangat penting untuk mengembangkan industri pariwisata yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perkembangan tren riset tentang <em>green jobs</em> di bidang pariwisata, khususnya dalam hal kompetensi yang diperlukan. Penelitian ini menggunakan metode analisis bibliometrik secara deskriptif. Tren penelitian <em>green jobs</em> pada bidang pariwisata dianalisis dari tahun 1984 hingga 2023 menggunakan data artikel yang terindeks di Scopus. Analisis bibliometrik menunjukkan bahwa publisher yang paling banyak menerbitkan artikel tentang <em>green jobs</em> di bidang pariwisata adalah sustainability dengan jumlah artikel sebanyak 30. Penggunaan Density Visualization software VOSviewer menghasilkan visualisasi tema-tema yang terkait dengan <em>green jobs, seperti "tourism," "education," "training," "student," "skill," "technology," "job market," "energy," </em>dan<em> "industry.</em>" Penelitian ini menunjukkan adanya tren peningkatan minat dalam riset tentang <em>green jobs</em> di bidang pariwisata.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/60244 Analisa Persepsi Risiko terhadap Niat Wisata dan Persyaratan Tes Covid-19 di Indonesia 2023-04-14T21:47:37+00:00 Chelsia Pranindyasari chelsia.pranindyasari@mnp.ac.id Sari Winahjoe Siswomihardjo sariwinahjoe@ugm.ac.id Adestya Ayu Armielia adestya.ayu@umn.ac.id <p><em>The global pandemic of Covid-19, including Indonesia, impacted limited mobility and caused several industrial sectors crises. Industries with direct contact have an enormous impact, such as tourism, which has suffered losses due to a decrease in foreign tourists. The disadvantages can be overcome by developing the intention to visit domestic tourists. This study was conducted to analyze the willingness to pay for travel requirements in Indonesia and the impact of the perceived risk of traveling on travel intentions used Theory Planned Behavior (TPB). Structural equation modeling was used on seven hypotheses measured by 246 respondents. The results of this study indicate that the intention to travel is influenced by the willingness to pay for travel requirements through three variables the perception of risk, positive travel attitudes and perceived behavioral control. This study advises the government to increase health consciousness and the importance of Covid-19 tests to reduce the spread. The tourism industry can provide promotions by showing trust and low risk that the trip will be fun, positive, and accessible</em></p> <p>&nbsp;</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/64350 Tingkat Kepuasan Wisatawan terhadap Fasilitas Pariwisata di Pantai Matras, Kabupaten Bangka 2023-06-29T01:29:55+00:00 Hadi Fitriansyah hadifitriansyah76@gmail.com Narissa Andesita hadifitriansyah76@gmail.com Dwi Rizka Zulkia dwirizky.zulkia@gmail.com <p>Pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata yang didukung oleh berbagai macam fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha dan pemerintah daerah. Berdasarkan Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah (RIPPARDA) Kabupaten Bangka Tahun 2017, pantai Matras merupakan destinasi unggulan di Kabupaten Bangka serta memiliki potensi dan keistimewaan yang menarik untuk wisatawan. Pantai Matras memiliki beberapa permasalahan yaitu dari sisi ketersediaan, kondisi dan pelayanan dari fasilitas- fasilitas pariwisata di Pantai Matras. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan wisatawan terhadap fasilitas pariwisata di obyek wisata Pantai Matras. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deksriptif kuantitatif. Responden yang digunakan merupakan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Matras. Dari hasil analisis tingkat kepuasan wisatawan Pantai Matras secara keseluruhan wisatawan merasa puas terhadap fasilitas-fasilitas yang ada di Pantai Matras, hal tersebut dibuktikan dengan wisatawan merasa puas terhadap ketersediaan, kondisi dan pelayanan yang dianggap sudah baik dan sesuai dengan standar. Hasil analisis tersebut dapat menjadi masukkan terhadap <em>stakeholder </em>dalam perumusan kebijakan guna meningkatkan daya saing Pantai Matas sebagai destinasi unggulan di Kabupaten Bangka.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/61688 Pengaruh Substitusi Alpukat Mentega dan Alpukat Pluwang dalam Pembuatan Sponge Cake terhadap Daya Terima Masyarakat dan Uji Proksimat 2023-05-20T07:50:42+00:00 Natasia natasialim07@gmail.com Dewanta Facrureza natasialim07@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuann untuk mengetahui daya terima masyarakat terhadap <em>Sponge Cake</em> dengan subtitusi alpukat mentega dan alpukat pluwang. Yang akan di uji melalui uji uji organoleptik dan uji proksimat. Dimana pengujian ini akan berfokus pada daerah Jakarta Barat. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dan pembagian sampel sebanyak 100 panelis dengan menggunakan <em>probability sampling</em>. Sedangkan jenis pengumpulan data nya menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis data pada penelitian ini adalah Uji Analisis Deskriptif, Analisis Frekuensi dan Uji Friedman dengan menggunakan SPSS versi 27. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) <em>Sponge Cake </em>Alpukat Pluwang lebih diterima oleh masyarakat dibandingkan <em>Sponge Cake</em> Alpukat Mentega dan <em>Sponge Cake Origina</em>l. (2) <em>Sponge Cake</em> Alpukat Pluwang memiliki nutrisi yang lebih baik daripada <em>Sponge Cake Original.</em> (3) Terdapat perbedaan warna, aroma, tekstur, dan rasa pada <em>Sponge Cake</em> Alpukat Mentega, <em>Sponge Cake</em> Alpukat Pluwang, dan <em>Sponge Cake Original</em>.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/64092 Pengaruh Substitusi Tepung Sorgum dan Tepung Kulit Pisang Kepok sebagai Pengganti Tepung Terigu dalam Pembuatan Pizza Dough bagi Penderita Diabetes dan terhadap Daya Terima Masyarakat di Jakarta Barat 2023-06-24T10:25:59+00:00 William tionusa s19190053@student.ubm.ac.id Vishnuvardhana S. Soeprapto vishnuvardhana@bundamulia.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya terima dan substitusi <em>Pizza Dough</em> mana yang lebih disukai oleh panelis. Dalam penelitian ini digunakan uji proksimat dan uji organoleptik pada <em>Pizza Dough </em>dengan substitusi tepung sorgum (TS) dan tepung kulit pisang kepok (TKPK) 0%, 90%:10%, 80%: 20% dan 70%: 30% Serta penelitian ini juga menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan <em>probability sampling</em>. Dan jumlah sampel yang didapatkan dari populasi menggunakan rumus Slovin adalah sebanyak 100 panelis. Dari data yang telah diolah dengan menggunakan Uji Analisis Deskriptif, Analisis Frekuensi serta Uji Friedman dengan menggunakan SPSS versi 27. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Panelis lebih menyukai <em>Pizza Dough </em>dengan substitusi TS dan TKPK 90% :10% dari segi aroma dan rasa. (2) <em>Pizza Dough </em>dengan substitusi TS dan TKPK 90% :10% memiliki nutrisi yang lebih baik daripada <em>Pizza Dough</em> TS dan TKPK 0%. (3) Ditemukan perbedaan dari perlakuan terhadap <em>Pizza Dough</em> TS dan TKPK 0%, 90%:10%, 80%: 20% dan 70%: 30%.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/64829 The Contribution of Tourism Objects in Banyumas Kota Lama to the Hotel Occupancy 2023-06-28T15:05:33+00:00 Dian Deliana delianadian@gmail.com <p><em>This study aims to assess the impact of tourism attractions in the Kota Lama Banyumas area on hotel occupancy rates. This study employed a qualitative research methodology utilizing a descriptive approach. Qualitative research methods are employed to assess the state of tourism in the Banyumas Kota Lama area. This area lacks optimal and professional management of tourist attractions, leading to suboptimal economic benefits for the local community and low hotel occupancy rates in the vicinity of these destinations. The study findings indicate that the presence of tourist attractions in the Banyumas Kota Lama tourist destination has a significant impact on the local community's economy through increased hotel occupancy. The rise in tourist visits to Banyumas Kota Lama has led to an expansion of employment opportunities in the tourism sector. The hotel industry in the region will see a rise in occupancy due to the growing number of tourists. Hoteliers will directly benefit from the rise in visitor numbers, leading to an increase in their revenues. This can incentivize hoteliers to enhance their hospitality infrastructure and provide superior services in order to attract a larger number of tourists. Moreover, the growing tourist influx will positively affect Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in the vicinity.</em></p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/63202 Analisa Tingkat Kepuasan Pengunjung Teras Malioboro dalam Upaya Menciptakan Pengelolaan Berkelanjutan 2023-06-24T10:46:08+00:00 Sumiyar Mahanani sumiyar@stipram.ac.id Agung Sulistyo agungsulistyo@stipram.ac.id Adianto Adyajja@gmail.com <p>Bisnis berkelanjutan tidak hanya berfokus pada pemberian layanan, namun juga memahami presepsi konsumen. Dengan demikian, bisnis mampu menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan mengetahui sikap pengunjung terhadap Teras Malioboro. Studi ini menggunakan desain penelitian campuran <em>(mix methode) </em>melalui pendekatan konvergen. Metode tersebut dikombinasikan dengan analisa <em>Fishbein </em>sebagai salah satu cara menganalisa produk multi-atribut. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner yang disebar kepada 379 responden. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan wawancara untuk mengetahui pengalaman pengunjung. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya: produk lengkap, <em>instagramable</em>, panggung hiburan, lokasi strategis, serta menjadi daya tarik wisata baru. Berdasarkan hasil analisa sikap pengunjung terhadap Teras Malioboro diperoleh nilai sebesar 79,069. Nilai tersebut berada padi titik potong antara netral dan setuju. <em>Instagramable</em> menjadi atribut yang memiliki nilai paling besar (17,744). Hasil tersebut menegaskan jika kemampuan memahami dan memberikan layanan terbaik dapat dilakukan sebagai upaya menciptakan keberkelanjutan bisnis.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/59168 Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Starbucks Reserve Dewata 2023-03-01T14:51:43+00:00 Kadek Intan Dwi Cahyani Dhyasa dhyasaintan@gmail.com Komang Krisna Heryanda krisna.heryanda@undiksha.ac.id <p><em>Customer satisfaction is a customer response in the form of a feeling of satisfaction after comparing the product or service that is in mind to the expected product or service and the fulfillment of needs. Price and service quality are factors that influence customer satisfaction and have an important role in building customer satisfaction. This test aims to determine and prove the effect of price and service quality both collectively and individually on Starbucks Reserve Dewata customer satisfaction. The research design used is causal quantitative. The research subjects in this study were Starbucks Reserve Dewata customers who visited and bought products at Starbucks Reserve Dewata. The object of research in this study is price, service quality and customer satisfaction. The sample technique used in this study was purposive sampling technique. The sample in this study amounted to 130 respondents with the criteria of respondents taken, namely customers who visited and bought products at Starbucks Reserve Dewata more than twice in the last year. Data were collected by questionnaire and analyzed by multiple linear regression analysis. The results of this study are: (1) price and service quality have a significant effect on customer satisfaction Starbucks Reserve Dewata, (2) price has a positive and significant effect on customer satisfaction Starbucks Reserve Dewata (3) service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction Starbucks Reserve Dewata.</em></p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/63565 Potensi Gandik sebagai Makanan Tradisional di Upacara Dukutan Karanganyar 2023-07-11T10:05:17+00:00 Wahyu Tri Hastiningsih wahyutri@poltekindonusa.ac.id A. Anditha Sari andhitasarii@poltekindonusa.ac.id <p>Gandik merupakan sebuah makanan tradisional desa nglurah yang ada di upacara dukutan di Lereng Gunung Lawu. Makanan tradisional ini hanya pada waktu tertentu yang dimana hanya ada 2 kali dalam setahun atau 7 bulan sekali dalam penanggalan jawa. Makanan tradisional ini biasa disajikan dalam suatu acara khusus “Dukutan” dengan melakukan ritual kegiatan bersih desa area candi menggung dengan menggunakan pakaian khas adat jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi makanan “Gandik” sebagai daya Tarik wisata dengan melihat keunikan, originalitas, otentitas dan keragaman. Dalam penelitian ini, juru kunci pelaksanaan acara dukutan dan pemangku kepentingan yang terkait langsung diwawancarai secara menyeluruh melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan Gandik memiliki segi keunikan dari pengolahan dan penyajian, secara otentitas. Gandik memiliki penamaan yang berhubungan dengan historis upacara dukutan. Gandik memiliki rasa originalitas dengan menggunakan bahan dasar jagung yang kemudian diolah menjadi tepung dan dicampur dengan kelapa. Bentuk gandik juga beragam melalui bentuk dan warna.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/59057 Pengaruh Kualitas Produk dan Social Media Marketing melalui Marketplace Facebook terhadap Volume Penjualan Buah Desa Bulian 2023-02-27T13:51:12+00:00 Ni Komang Intan Sritini intan.sritini@undiksha.ac.id Ni Nyoman Yulianthini yulianthininyoman@yahoo.com <p><em>This study aims to examine the effect of product quality and social media marketing on sales volume, both simultaneously and partially. The research design used in this study is causal quantitative. The subjects in this study were people in Singaraja City aged 17-45 years, who had bought or consumed fruit products from Bulian Village. The object of this research is product quality, social media marketing and sales volume. Determination of the sample in this study using a purposive sampling technique. The number of samples used were 97 respondents. The instrument used in data collection was a questionnaire and the data analysis technique used was multiple linear regression analysis. The results of this study are (1) product quality has a positive and significant effect on sales volume, (2) social media marketing has a positive and significant effect on sales volume, (3) product quality and social media marketing has a significant effect on sales volume of fruit farming products&nbsp; the village of Bulian. </em></p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/64036 Analisis Electronic Word of Mouth (e-WOM) dalam Keputusan Menginap 2023-06-24T10:06:35+00:00 Pande Putu Juniarta pande0691@gmai.com Retno Juwita Sari pande0691@gmai.com Kadek Wira Adi Saputra pande0691@gmai.com I Nengah Dasi Astawa pande0691@gmai.com <p>Electronic Word of Mouth (eWOM) has a significant impact on the accommodation industry. In today's digital age and increasing reliance on the Internet, reviews and recommendations shared through online platforms play an important role in traveler perception and accommodation choice. The purpose of this study was to analyze the effect of electronic word of mouth on tourists' decision to stay at Richland Glamping Bali. The data source for this research is primary data that comes from the sample, namely tourists who stay at Richland Glamping Bali. Data using a saturated sample by distributing questionnaires to 100 respondents. The method used is simple linear regression analysis. The results show that electronic word of mouth has a positive and significant effect on the decision of guests to stay at Rich Land Glamping Bali with a contribution of 31.6%. The conclusion of this study is that the electronic word of mouth has a positive and significant effect on the guest's decision to stay. Suggestions from researchers for management so that electronic word of mouth owned by Richland Glamping Bali can be used as a strategy to influence tourists' decisions to stay so that room occupancy rates can increase.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/66152 Keunikan Alam Curug Cilember Megamendung sebagai Destinasi Andalan 2023-07-19T03:47:19+00:00 Vanny Chang Nurmanto vanny.chang7@gmail.com Rizki Nurul Nugraha rizki.nurul@civitas.unas.ac.id Dela Safitri safitridela0203@gmail.com Tevila Akwila akwilatevila@gmail.com <p>Penelitian ini membahas tentang keunikan destinasi wisata di Curug Cilember sebagai destinasi andalan. Metode penelitian yang digunakan meliputi observasi langsung, wawancara dengan masyarakat setempat, dan analisis dokumen. Dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, yaittu teknik pengambilan sampel dari anggota populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. dari berbagai kelompok usia untuk memilih responden dari populasi terkait destinasi wisata Curug Cilember, kami mempertimbangkan 2 responden sebagai jumlah yang cukup untuk penelitian kualitatif ini dengan kriteria inklusi. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk memahami keindahan alam Curug Cilember secara utuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keunikan dan potensi lain dari Curug Cilember Megamendung meliputi keanekaragaman hayati, lingkungan sekitar, dan daya tarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Curug Cilember mampu menjadikan destinasi andalan karena memiliki tujuh objek air terjun yang unik, aktivitas keluarga, mitos yang dipercayai oleh wisatawan serta area camping yang indah. Kemudian, dapat disempurnakan kembali dengan adanya sebuah paket wisata serta mengatasi tantangan yang mungkin terjadi dalam mengelola pola perjalanan untuk memaksimalkan peluang demi kenyamanan wisatawan, menjadikan Curug Cilember sebagai destinasi andalan yang wajib untuk dikunjungi.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/61464 Kawasan Pecinan Glodok sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner 2023-05-15T08:07:57+00:00 Davi Ayu Andini daviayu3@gmail.com Rizki Nurul Nugraha rizki.nurul@civitas.unas.ac.id <p>Kuliner saat ini menjadi daya tarik sendiri yang memikat hati wisatawan, penelitian ini menggunakan metode Kualitatif deskriptif dan Metode SWOC, Oleh sebab itu adapun tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) Keragaman kuliner yang berada di wilayah pecinaan glodok, 2) Strategi promosi daya tarik wisata kuliner di wilayah pecinaan glodok, 3) Implementasi strategi promosi di wilayah Pecinaan Glodok. melalui wisata kuliner Pecinaan Glodok dengan rumusan masalah, keanekaragaman, faktor, dan bagaimana strategi promosi yang cocok melalui pendekatan wisata kuliner Pecinaan Glodok dengan tujuan penelitian mengetahui sejauh peningkatan strategi destinasi dengan wisata kuliner dan untuk mengetahui bagaimana Pecinaan Glodok menjadi destinasi wisata kuliner yang bisa membuat wisatawan menarik untuk berkunjung. Adapun hasil yang didapatkan adalah implementasi strategi yang cocok digunakan Pecinaan Glodok melalui wisata Kuliner adalah strategi yang agresif atau promosi dengan gencar. Promosi yang terus menerus juga dapat dilakukan dengan metode mulut ke mulut, promosi adapun dengan media sosial atau menjadikan Pecinaan Glodok sebagai bahan pembicaraan sehingga menarik wisatawan lain untuk berkunjung ke Pecinaan Glodok.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/67580 The Effect of Company Reputation and Customer Relationship Marketing Towards Telkomsel Customer Loyalty in Salatiga City 2023-08-26T10:32:22+00:00 Antonius Surjo Abdi antonius.abdi@uksw.edu Linda Kusuma linda.kusuma@uksw.edu Gede Ariadi gede.ariadi@uksw.edu <div><span lang="EN-US">This research aimed to investigate the effect of company reputation and customer relationship marketing towards Telkomsel customer loyalty in Salatiga City. This study used word-of-mouth marketing variables and structural equation modelling (SEM) as an analysis to test 5 hypotheses. This research was followed by 160 respondents who were users of Telkomsel cellphone card in Salatiga City. This research showed that company reputation and customer relationship marketing significantly affected customer loyalty using Telkomsel cellphone card in Salatiga city. Company reputation significantly affect the word of mouth, but word of mouth did not significantly affect towards customer relationship marketing and customer royalty. Therefore, word of mouth could not mediate company reputation and customer relationship marketing towards Telkomsel customer loyalty in Salatiga city. Further research must examine other cellphone card users to provide new results because the results of this study cannot be representative of all cellphone card operators.</span></div> 2023-09-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/59058 Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kain Tenun di Dusun Sade Lombok 2023-02-23T23:38:13+00:00 Linda Wardani linda.wardani@undiksha.ac.id Komang Endrawan Sumadi Putra endrawan.sumadi@undiksha.ac.id <p><em>This study aims to examine the effect of product quality and price on purchasing decisions, either simultaneously or partially. The research design used in this study is causal quantitative. The subjects in this study were consumers who had bought woven fabrics in Sade Lombok, aged 20-50 years. The object of this research is Product Quality, Price and Purchase Decision. Determination of the sample in this study using a purposive sampling technique. The number of samples used was 90 respondents. The instrument used in data collection was a questionnaire and the data analysis technique used was multiple linear regression analysis. The results of this study are (1) product quality and price have a significant effect on purchasing decisions, (2) product quality has a positive and significant effect on purchasing decisions, (3) price has a positive and significant effect on purchasing decisions</em></p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/59132 Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Zodiac Coffee & Co Cabang Karangasem 2023-02-27T17:58:52+00:00 I Ketut Widiarta widiarta@undiksha.ac.id Ni Made Dwi Ariani Mayasari dwi.mayasari@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini dilaksanakan dengan bertujuan mengujikan pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan di <em>Zodiac Coffee &amp; Co</em> Cabang Karangasem. Rancangan penelitian inipun menggunakan studi kuantitatif kausal. Pengumpulan datanya dilaksanakan melalui kuesioner dan dianalisis mellaui analisis regresi linier berganda. Purposive sampling adalah teknik dalam menentukan jumlah sampel dan didapatkan sebanyak 100 informan. Hasil studi inipun membuktikan (1) Kualitas produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (2) Kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan (3) Kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/67112 Pengaruh Budaya Centennial terhadap Keinginan Bekerja di Hotel pada Mahasiswa Manajemen Perhotelan Universitas Negeri Padang 2023-08-11T18:07:07+00:00 Sabrina Salsabila Yuzra sabrinasyuzra2001@gmail.com Feri Ferdian feri_ferdian@fpp.unp.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya <em>centennial</em> terhadap keinginan bekerja di hotel pada mahasiswa manajemen perhotelan Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan asosiatif kausal. Sampel dari penelitian ini adalah 120 responden yang dipilih menggunakan teknik <em> probability sampling</em> dengan metode<em> proportionate stratified random sampling.</em> Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan metode statistik. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan software SmartPLS versi 4.0 dan SPSS versi 26.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya <em>centennial</em> berpengaruh dengan signifikan terhadap keinginan bekerja di hotel pada mahasiswa manajemen perhotelan Universitas Negeri Padang.</p> 2023-08-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/66284 Pengaruh Technology Acceptance Model terhadap Keputusan Pembelian Jasa Kamar pada Platform E-Commerce di Grand Basko Hotel Padang 2023-07-21T14:13:13+00:00 Apries Marta Sahvira apriesmartasahvira05@gmail.com Feri Ferdian feri_ferdian@fpp.unp.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi kegunaan dan kemudahan pemakaian teknologi e-commerce terhadap keputusan pembelian jasa kamar. Penelitian ini didasarkan pada teori TAM karena teori ini adalah salah satu model yang paling berhasil dalam menguji penerimaan teknologi dan perilaku pelanggan terkait teknologi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 217 responden. Metode pengambilan sampel adalah teknik non probability sampling. Berdasarkan hasil penelitian mengenai <em>Technology Acceptance Model</em> dan Keputusan Pembelian Jasa Kamar di Grand Basko Hotel Padang serta pengaruh antara kedua variabel tersebut dapat dipaparkan pembahasannya. Variabel indenpenden (<em>Technology Acceptance Model</em>) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (Keputusan Pembelian Jasa Kamar).</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/67121 Pengaruh Non-Physical Work Environment dan Job Insecurity terhadap Turnover Intention The Zhm Premiere Hotel Padang 2023-08-12T16:55:44+00:00 Mila Zulmi zulmimila2@gmail.com Feri Ferdian zulmimila2@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukannya permasalahan yang berkaitan dengan <em>nonphysical work environment</em> dan <em>job insecurity</em> terhadap turnover intention di The ZHM Premiere Hotel Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>non physical work environment</em> dan <em>job insecurity</em> terhadap <em>turnover intention</em> di The ZHM Premiere Hotel Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif kausal. Hal ini digunakan untuk mengetahui pengaruh <em>non physical work environment</em> dan <em>job insecurity</em> terhadap <em>turnover intention.</em> Jumlah responden dalam penelitian ini yaitu sebanyak 85 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan penyebaran kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Teknik pengambilan sampel menggunakan <em>probability sampling</em> secara simple random sampling. Uji coba instrumen dilakukan dengan dua cara yaitu uji validitas dan uji reabilitas. Langkah-langkah untuk menganalisis data statistik dasar hasil penelitian dan deskripsi data. Pengujian hipotesis menggunakan outer model yaitu uji validitas konvergen, uji validitas diskriminan dan uji validitas reabilitas serta yang kedua yaitu inner model. Variabel independen yang diteliti pada penelitian ini adalah pengaruh <em>nonphysical work environment</em> dan <em>job insecurity</em> terhadap turnover intention dengan menggunakan teknik analisis PLS-SEM. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel <em>non physical work environment</em> tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel <em>turnover intention </em>dan variabel <em>job insecurity</em> berpengaruh signifikan terhadap variabel <em>turnover intention.</em></p> 2023-08-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/47564 Penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental, Sustainability) untuk Pencegahan COVID-19 di Front Office Hotel Puri Saron Lovina Singaraja 2022-06-22T22:18:35+00:00 Kadek Arya Krisna Jaya arya.krisna@undiksha.ac.id I Gede Putra Nugraha putra.nugraha@undiksha.ac.id <p>Pada masa pandemi Covid-19 ini tentu saja masalah terbesar yang harus dihadapi yaitu tentang kesehatan serta kebersihan diri sendiri dan juga lingkungan. Penerapan kesehatan dan kebersihan juga harus dapat diterapkan secara benar dan maksimal pada tempat umum, pusat kota, tempat berbelanja, hotel, homestay, atau tempat rekreasi/wisata. Dalam hal ini lebih menekankan pada penerapan kesehatan atau kebersihan pada hotel yang mana disebut dengan CHSE (<em>Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability</em>). CHSE ini merupakan salah satu usaha pemerintah melalui Kemenparekraf untuk menggairahkan kembali pariwisata Indonesia terutama di Pulau Bali. Dalam memastikan kegiatan wisata yang dilakukan dengan menerapkan prinsip kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan ini perlu adanya kesadaran pada setiap individu untuk membangun rasa percaya diri mereka dalam melaksanakan segala aktivitas. Segala sesuatu yang berkaitan dengan CHSE harus sesuai dengan informasi yang disampaikan dan dapat dipahami oleh seluruh kalangan masyarakat.</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/59695 Analisis Daya Tarik Wisata dan Pengelolaan Destinasi Pantai Indah Kemangi Kabupaten Kendal 2023-05-08T04:40:25+00:00 Muchammad Satrio Wibowo m.satriowibowo@usm.ac.id Herman Novry Kristiansen Paninggiran herman@usm.ac.id Urania Heptanti urania@usm.ac.id <p>Pantai Indah Kemangi (PIK) merupakan salah satu destinasi wisata pantai di Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal. Potensi PIK yang sudah ada diharapkan ada pengelolaan destinasi yang baik agar komponen daya tarik wisata dapat dimanfaatkan sebagai penunjang pariwisata. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui komponen daya tarik wisata dan mengetahui pengelolaan PIK. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu observasi langsung dan wawancara mendalam. Asksesibilitas menuju PIK masih perlu banyak pelebaran dan pengaspalan jalan, serta ditambahkan rambu-rambu penunjuk jalan. Atraksi yang dapat dilakukan yaitu berenang, <em> banana boat</em>, <em>atv</em>, <em>motor trail</em>, dan perahu tradisional. Namun, hanya disediakan saat akhir pekan dan hari libur saja. Amenitas tergolong cukup lengkap dan bersih, tersedia warung makan, toko kelontong, toko oleh-oleh, musholla, dan tempat parkir yang luas. Dalam pengelolaan destinasi sudah memikirkan tentang perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Pengelolaannya sudah dilakukan dengan baik dengan kolaborasi antara BUMDes, Pokdarwis, dan Perangkat Desa yang bergabung dengan nama Paguyuban Pantai Indah Kemangi</p> 2023-08-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/65351 Redesain Strategi Pemasaran Berbasis Media Sosial di Kampus IPB Internasional 2023-07-06T07:42:56+00:00 Yayang Rahmanita yayangrahmanita97@gmail.com Kadek Ayu Ekasani ekasani@ipb-intl.ac.id Eka Mahendara ekamahendra@ipb-intl.ac.id <p style="font-weight: 400;">Media sosial merupakan konten yang terdapat informasi yang dikemas oleh seseorang yang menggunakan teknologi penerbitan, gampang dijangkau serta dimaksudkan untuk memberikan fasilitas komunikasi, pengaruh serta komunikasi antar sesama dan bersama umum. Masyarakat banyak yang memanfaatkan ketenaran media sosial untuk melakukan pemasaran baik berupa produk maupun jasa. strategi pemasaran mampu diartikan menjadi salah satu dari acuan yang dipakai untuk menyusun perencanaan perusahaan secara menyeluruh. Strategi pemasaran identik dengan berbisnis, dan tentunya berkaitan dengan perusahaan yang menjual produk maupun jasa. Lembaga pendidikan juga menjadi salah satu instansi yang memanfaatkan strategi pemasaran. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil analisis ini menunjukkan bahwa redesain penelitian yang dilakukan oleh tim humas dan promosi IPB Internasional meliputi hampir keseluruhan media sosial, seperti Youtube, Tiktok, Instagram, dan facebook. Implementasi strategi pemasarannya meliputi <em>adsense, </em>hingga menonjolkan <em>copywriting </em>serta konten yang menarik. Begitu pula dengan faktor hambatan maupun faktor pendukung yang membuat tim humas dan promosi dapat melaksanakan strategi pemasarannya. Diantaranya seperti kegiatan sosialisasi, <em>marketing tools </em>sebagai faktor pendukung, hingga minimnya informasi terkait <em>rebranding </em>kampus yang menjadi hambatan</p> 2023-08-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/66991 Pengaruh Atribut Produk Wisata terhadap Kepuasan Pengunjung di Daya Tarik Wisata Lereng Green View Tanjung Alai Kecamatan X Koto Singkarak 2023-08-09T15:17:33+00:00 M. Ihsan Nurizki m.ihsannurzki@gmail.com Feri Ferdian m.ihsannurzki@gmail.com <p>Peneliti melakukan penelitian ini untuk mengidentifikasi isu-isu dengan karakteristik objek wisata yang mempengaruhi kepuasan pengunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa puas pengunjung dengan pengalamannya di Green Tanjung Alai Kecamatan X Koto Singkarak. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed causal dan bersifat deskriptif dan kuantitatif. Untuk mengevaluasi validitas dan reliabilitas, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 29, dan hasilnya disajikan dalam bentuk tabel. Nilai koefisien regresi sebesar 0,93 pada tingkat signifikansi sebesar 0,000 0,05 yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik produk pariwisata berpengaruh signifikan terhadap kebahagiaan pengunjung. Nilai Sig variabel atribut produk pariwisata setelah regresi linier berganda dan uji T adalah 0,000; 0,05. Nilai penyesuaian R-squared (R2) sebesar 0,454, menunjukkan bahwa kepuasan wisatawan (Y) dipengaruhi oleh variabel atribut produk pariwisata (X) sebesar 45,4%, dengan faktor lain mempengaruhi sisanya sebesar 54,6%. Hasil regresi linier berganda dengan uji T diperoleh nilai Sig variabel atribut produk wisata sebesar 0,000 &lt;; 0,05. Nilai Adjusted R-squared (R2) sebesar 0,454 yang berarti besarnya pengaruh variabel atribut produk wisata (X) terhadap kepuasan pengunjung (Y) adalah sebesar 45,4%, sedangkan sisanya sebesar 54,6% dipengaruhi oleh faktor lain.</p> 2023-08-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/67104 Pengaruh Service Performance terhadap Repurchase Intention di The Axana Hotel Padang 2023-08-11T17:42:00+00:00 Yolanda Syafri yolandasyafri96843@gmail.com Dwi Pratiwi Wulandari dwipratiwi@fpp.unp.ac.id <p>Penelitian ini dilakukan karena adanya fenomena tidak tercapainya target <em>repeater guest </em>di The Axana Hotel Padang. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh <em>service performance </em>terhadap <em>repurchase intention </em>di The Axana Hotel Padang. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Penelitian ini dilaksanakan di The Axana Hotel Padang .Populasi penelitian ini ialah tamu yang menginap di The Axana Hotel Padang yang berjumlah 27.858 orang. Pemilihan sampel penelitian menggunakan <em>incidental sampling </em>dengan jumlah sampel 253 orang. Teknik pengambilan sampel adalah <em>non probability </em>sampling dengan menggunakan sampel jenuh. Instrumen penelitian berupa angket dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa <em>service performance </em>menunjukkan persentase sebesar 34% pada rentang skor ≥ 22 - &lt; 25 yang termasuk dalam kategori cukup baik. <em>Repurchase intention </em>menunjukkan persentase sebesar 45% pada rentang ≥ 21 - &lt; 24 yang termasuk dalam kategori baik. Kemudian kedua variabel tersebut dianalisis dan diperoleh hasil bahwa <em>service performance </em>berpengaruh terhadap <em>repurchase intention </em>sebesar 0,084.</p> 2023-08-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/67130 Pengaruh Physical Evidence terhadap Repurchase Intention di Whiz Prime Hotel Padang 2023-08-12T16:56:25+00:00 Luchia Larasati luchialarasati@gmail.com Dwi Pratiwi Wulandari dwipratiwi@fpp.unp.ac.id <p>Latar belakang dari penelitian ini disebabkan oleh adanya permasalahan yang berkaitan dengan <em>Repurchase Intention</em> di Whiz Prime Hotel Padang salah satunya diduga karena belum tercapainya target <em>repeater guest</em> di Whiz Prime Hotel Padang yang diperoleh dari tahun 2022. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis signifikansi antara<em> physical evidence</em> terhadap <em>repurchase intention</em> di Whiz Prime Hotel Padang. Jenis penelitian ini digolongkan kepada penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan hubungan assosiatif kausal. Data yang digunakan berasal dari 99 responden yang ditentukan secara <em>purposive sampling, </em>dengan mengumpulkan data melalui penyebaran kuisioner serta sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 38,8% responden menyatakan bahwa <em>physical evidence</em> di Whiz Prime Hotel Padang dalam keadaan cukup baik, kemudian pada variabel <em>repurchase intention </em>33,3% responden memiliki niat beli ulang yang cukup baik. Kemudian kedua variabel tersebut dianalisis dan diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh <em>physical evidence</em> terhadap <em>repurchase intention</em> sebesar 10,4%.</p> 2023-08-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/66996 Pengaruh Customer Experience dan Variasi Menu Breakfast terhadap Repurchase Intention Tamu di Truntum Hotel Padang 2023-08-10T05:34:09+00:00 Feriska Mulyani feriskamulyaniii@gmail.com Nidia Wulansari nidia.wulansari@fpp.unp.ac.id <p>Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena <em>repurchase intention </em>tamu diduga karena <em>customer experience </em>dan variasi menu <em>breakfast.</em> Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis pengaruh <em>customer experience </em>dan variasi menu <em>breakfast </em>terhadap <em>repurchase intention </em>tamu di Truntum Hotel Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan assosiatif kausal. Populasi pada penelitian ini adalah tamu yang menginap di Truntum Hotel Padang dengan sampel 100 orang. Dalam menentukan pengambilan sampel memakai teknik <em>purposive sampling,</em> Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) yang disusun menurut skala <em>likert</em>. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 26.00 dan hasil analisis tersebut disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitain adalah <em>customer experience </em>pada Truntum Hotel Padang adalah 3,85 dengan kriteria baik, variasi menu <em>breakfast </em>pada Truntum Hotel Padang adalah 3,84 dengan kriteria baik dan <em>repurchase intention </em>adalah 3,86 dengan kriteria baik. Uji regresi linear berganda dengan uji T pada variabel <em>customer experience </em>dan variasi menu <em>breakfast berpengaruh </em>terhadap variabel<em> repurchase intention </em>tamu di Truntum Hotel Padang. Nilai uji F variabel <em>customer experience </em>dan variasi menu <em>breakfast </em>berpengaruh secara simultan terhadap <em>repurchase intention </em>tamu di Truntum Hotel Padang. Nilai Adj. R <em>square</em> sebesar 0,895 artinya variabel <em>customer experience </em>(X1) dan variabel variasi menu <em>breakfast </em>(X2) terhadap <em>repurchase intention </em>(Y) adalah sebesar 89,5% sedangkan sisanya 10,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.</p> 2023-08-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/67162 Pengaruh Kualitas Menu dan Variasi Menu Terhadap Kepuasan Tamu di Kyriad Hotel Bumiminang Padang 2023-08-14T00:03:56+00:00 Sonia soniaputri0202@gmail.com Kasmita kasmita70@fpp.unp.aac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kualitas menu dan variasi menu terhadap kepuasan tamu di kyriad hotel bumiminang padang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan hubungan kausal. Responden yang menjadi populasi peneitian adalah tamu yang pernah atau sedang mengikuti <em>event</em> di kyriad hotel bumiminang padang dengan jumlah sampel 297 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian angket atau kuisioner yang telah disusun menggunakan skala <em>likert</em>. Untuk menguji hipotesis, digunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas menu dan variasi menu memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan tamu yang mengikuti <em>event</em> event di kyriad hotel bumiminang padang.</p> 2023-08-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/67087 Pengaruh Nature of Work terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening di Hotel Rangkayo Basa Padang 2023-08-10T23:35:35+00:00 Citra Putri Wulandari citra028@gmail.com Feri Ferdian feri_ferdian@fpp.unp.ac.id <p>Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukannya permasalahan yang berkaitan dengan kinerja karyawan, kepuasan kerja dan juga <em>nature of work</em> di Hotel Rangkayo Basa Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>nature of work</em> terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel <em>intervening</em> di Hotel Rangkayo Basa Padang. Populasi dari penelitian ini adalah semua karyawan di Hotel Rangkayo Basa Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling atau sampel jenuh. Pada penelitian ini variabel independennya adalah <em>nature of work</em> terhadap kinerja karyawan yang dimediasi oleh kepuasan kerja menggunakan teknik analisis PLS-SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel <em>nature of work</em> tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja karyawan, variabel <em>nature of work</em> berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan kerja, variable kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap variable kinerja karyawan. Variabel <em>nature of work</em> berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja karyawan yang dimediasi oleh kepuasan kerja.</p> 2023-08-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/67540 Literature Review: Pengalaman dan Kepuasan Wisatawan terhadap Niat Berkunjung Kembali ke Desa Wisata 2023-08-24T19:07:37+00:00 Luh Putu Triyanti Ariestiana Dewi luhpututriyanti@gmail.com Lucy Sri Musmini sri.musmini@undiksha.ac.id <p>Pengalaman dan kepuasan merupakan komponen yang sangat penting guna menunjang wisatawan untuk datang kembali berkunjung ke Desa Wisata. Desa Wisata menjadi pariwisata alternatif yang banyak diminati oleh wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang kuat antara variabel pengalaman dan kepuasan terhadap niat berkunjung kembali wisatawan ke Desa Wisata. Penelitian ini menggukan metode <em>literature review </em>dengan mengumpulkan artikel dengan menggunakan mesin pencari <em>Google Scholar</em>. Artikel yang dicari dari kata kunci “Pengalaman dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Niat Berkunjung Kembali ke Desa Wisata”. Hasil dari penelitian ini yakni adanya hubungan yang kuat antara pengalaman dengan kepuasan, pengalaman dengan niat berkunjung kembali, dan kepuasan terhadap niat berkunjung kembali. Ketiga variabel tersebut memiliki hubungan yang signifikan positif yang saling mempengaruhi untuk mendatangkan wisatwan datang ke suatu destinasi wisata dan desa wisata salah satunya.</p> 2023-08-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/67587 The Attributes of Leadership Styles Influence on Employee Performance mediated by Job Satisfaction 2023-08-27T10:52:46+00:00 Ari Pitoyo Sumarno arpitsum@gmail.com Gede Ariadi gede.ariadi@uksw.edu <p>This research aimed to examine the effect of transactional and transformational leadership styles on employee performance mediated by job satisfaction. This research was followed by 100 employees in the production division of a textile and shoe company in Salatiga. This research used social exchange theory and PLS-SEM (Partial Least Square-Structural Equation Method) analysis. The results of this research indicated that job satisfaction has a significant influence in mediating the relationship between transformational leadership and employee performance, while transactional leadership has less significant influence. Therefore, the results of this research could be used as a support for Social Exchange theory which focuses on employee interaction in increasing motivation to provide maximum performance and develop good relations with superiors.</p> 2023-08-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/68056 Peranan Order Taker Housekeeping Department dalam Meningkatkan Operasional di Holiday Inn Resort Batam 2023-09-23T04:36:20+00:00 Emmanuella Juin Lumbantobing emmanuella0759@gmail.com Nensi Lapotulo in.nen104@gmail.com Okki Kurnia okki.kurnia@yahoo.com Devid Trinaldo Simatupang devid.simatupang@gmail.com <p>Holiday Inn Resort Batam merupakan salah satu hotel re`sort tertua di Kota Batam. Resort ini kebanyakan tamu berasal dari Korea, Singapura, Indonesia hingga negara lainnya. Order taker merupakan bagian dari housekeeping departemen yang bertugas menerima pesanan dari tamu hotel mengenai kebutuhannya selama menginap di hotel, berkoordinasi dengan karyawan housekeeping lainnya dan departemen lainnya, berkomunikasi dengan baik dengan tamu hotel dan lain sebagainya. Agar tidak terjadinya komplain dari tamu, order taker harus cepat bekerja dalam mengantarkan pesanan tamu ke dalam kamar tamu. Untuk keadaan darurat tertentu seperti situasi saat ini dimana Holiday Inn Resort Batam tidak memiliki order taker selama 3 tahun terakhir, executive housekeeper dari resort ini secara langsung turun tangan dalam tugas sebagai order taker. Sebagai seorang executive housekeeper, ia harus bisa mengatur waktunya dalam melakukan pekerjaan umum sebagai executive housekeeper dan juga sebagai order taker agar keduanya dapat berjalan dengan baik dan sempurna. Metodologi penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan menggambarkan kondisi yang akan diamati di lapangan secara lebih spesifik, transparan dan mendalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.</p> 2023-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata