Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan PKn

Authors

  • Ni Putu Reni Andayani Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I G A Agung Sri Asri Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Suniasih Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19280

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw berbasis penilaian portofolio terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa kelas IV SD Gugus Teuku Umar Denpasar Barat tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak  239 siswa kelas IV SD Gugus Teuku Umar. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Sedangkan sampel yang digunakan berjumlah  76 siswa yang terdiri dari siswa kelas IV SDN 13 Dauh Puri sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 42 siswa dan SDN 12 Dauh Puri sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dalam bentuk pilihan ganda biasa. Selanjutnya data dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran jigsaw berbasis penilaian portofolio dan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD Gugus Teuku Umar Denpasar Barat tahun pelajaran 2017/2018. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran jigsaw berbasis penilaian portofolio terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa kelas IV SD Gugus Teuku Umar Denpasar Barat tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai hasil kajian yang relevan bagi peneliti lain yang ingin mengkaji lebih dalam mengenai model pembelajaran jigsaw berbasis penilaian portofolio.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran jigsaw, penilaian portofolio, kompetensi pengetahuan PKn

References

Adimassana. 2016. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Ips Sd . Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD). Volume 20, No. 2, Desember 2016, hlm. 174-181

Agung, A.A G . 2014. Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang : Aditya Media Publishing

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran.Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasa-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Budiyanto, Agus Krisno. 2016. Sintaks 45 Model Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah

Darmada, Olyn Suyanti. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 1 Dan 2 Rendang”. Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia Pada http://ejournal.undiksha.ac.id (Diakses tanggal 24 November 2017)

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita. Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245

Pradnyani, Gst Ayu Indah. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Berbasis Kearifan Lokal Tat Twam Asi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Pkn Siswa Kelas IV SD Gugus PB. Sudirman Denpasar Barat”. Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia Pada http://ejournal.undiksha.ac.id (Diakses tanggal 31 November 2017)

Saat, Sulaiman. 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan) . Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember 2015

Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sudijono, Anas. 2016. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualiatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suprijono, Agus. 2015. Cooperatif Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia

Suprihatin, Siti. 2015. Penggaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Studi Masyarakat Indonesia Mahasiswa . Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro.

Sutoyo. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovativ Berorientasi konstruktivistik. Jakarta:Prestasi Pustaka.

Wahyudin, Dinn, dkk. 2004. Materi Pokok Pengantar Pendidikan Jakarta: Universitas Terbuka.

Yusuf, Muri. 2015. Assesment dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenad

Downloads

Published

2019-08-13

How to Cite

Reni Andayani, N. P., Sri Asri, I. G. A. A., & Suniasih, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan PKn. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 325–332. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19280

Issue

Section

Articles