Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC)

Authors

  • Ni Made Terima SD Negeri 4 Tulikup

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19283

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Tulikup di kelas III Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran IPS masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya 58,33 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 63,54 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 76,25. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III SD Negeri 4 Tulikup.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC), Prestasi Belajar.

References

Aprilianty, Evie, Yani Kusmarni, Farida Sarimaya. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading Andcomposition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Factum Volume 5, Nomor 2, Hal. 187-202. Tersedia Pada: http://jurnal.upi.edu/file/EVIE_APRILIANTY,_YK_FS.pdf.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ariyandika, Noviani, Rohana, Jayanti. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Negeri 22 Palembang. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 1 Hal. 40-51. Tersedia Pada: http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/17/17.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.

Depdiknas. 2002. Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2010. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Direktorat Pembinaan TK dan SD, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2010. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.

Depdiknas. 2010. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan TK dan SD, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Depdiknas. 2011. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal.

Depdiknas. 2011. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal.

Fridani, Lara, dkk. 2009. Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ilham, Mhd. Jasri, Muakibatul Hasanah, Yuni Pratiwi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Bermuatan Nilai Karakter terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Humaniora Vol. 4 No. 3 Hal 121-131. Tersedia Pada: http://journal.um.ac.id/index.php/jph.

Irawadi, Made Hela. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menulis Karya Ilmiah di Kelas XII AP I Smk Negeri 1 Seririt. E-Jurnal Pendidikan dan Sastra Indonesia Undiksha Volume 3 Nomor 1.

Jenisa, Kintan, Asri Lubis. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X TGB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Jurnal Education Buuilding Vol. 2 No. 1 Hal. 77-86. Tersedia Pada: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/eb/article/view/3850/0.

Martinis Yamin dan Jamila Sabri Sanan. 2013. Panduan PAUD. Ciputan : Gaung Persada Press Group.

Sukiastini, I G. A. N. K., I W. Sadia, I W. Suastra. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Vol. 3. Tersedia Pada: http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/760.

Downloads

Published

2019-08-13

How to Cite

Terima, N. M. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 351–357. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19283

Issue

Section

Articles