Pengaruh Model Pembelajaran TTW Berbasis Penilaian Kinerja terhadap Hasil Belajar Menulis Puisi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v1i1.19334Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Think Talk Write berbasis Penilaian Kinerja terhadap hasil belajar menulis puisi siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain non- equivalent posttest only control group design. Sampel dalam penelitian kelas eskperimen adalah SD Negeri 3 Bulian dengan jumlah siswa 27 orang siswa dan 26 orang siswa SD Negeri 2 Bulian dilibatkan sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode unjuk kerja yaitu hasil belajar menulis puisi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Think Talk Write berbasis Penilaian Kinerja terhadap hasil belajar menulis puisi siswa kelas V SD gugus IV Cempaka Putih kecamatan kubutambahan kabupaten buleleng dengan hasil nilai signifikan 0,00< 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write berbasis penilaian berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar menulis puisi siswa kelas V.
Kata-kata kunci: TTW, Penilaian Kinerja, hasil belajar
References
Agung, A. A. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media publishing.
Darmawan Km. Agus. 2017. "Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Writre Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas V".E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 5, Nomor 2.
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hartanto. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Bantuan Lembar Kerja Siswa untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Rantau Panjang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika Vol. 4 No. 1 Hal. 10-17. http://fkip.unsri.ac.id/index.php/menu/104.
Iru, La dan Arihi L.S. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran. Jogjakarta : Multi Presindo.
Juniardi, Muhammad Alfan. (2017) "Pengaruh Model Pembelajaran TTW Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD". E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 5, Nomor 2.
Riski, Riska, Muh. Rizal, Linawati. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hubungan Sudut Pusat, Panjang Busur, dan Luas Juring di Kelas VIII C SMP Negeri 9 Palu. Jurnal elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 5 Nomor 2, Hal. 175-190. Tersedia Pada: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/9097.
Setiyaningrum, Erin, dan Istiqomah. 2015. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think – Talk - Write terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Magelang. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 Hal. 9-16. Tersedia Pada: http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/270.
Sugiarti, Y. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran TTW Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Di Gugus I Kec. Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, volume: 2, No: 1 tahun 2014.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)