Kredibilitas Media Komik Digital Dalam Bentuk Audio Visual Pada Topik Gaya Untuk Siswa SD

I Putu Oka Sastrawan, I Gede Margunayasa, Gede Wira Bayu

Abstract


Kurangnya kreativitas guru dalam pembelajaran untuk mengembangkan media pembelajaran membuat pembelajaran menjadi kurang efektif. Oleh sebab itu perlunya pengembangan media yang mampu membuat siswa menjadi antusias dalam belajar contohnya seperti komik digital. Penelitian ini menghasilkan product berupa media Komik Digital Pada Topik Gaya Siswa SD yang teruji validitasnya. Model yang digunakan adalah model ADDIE dengan tahapannya Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Dalam penelitian ini media komik digital dijadikan sebagai subjek penelitian adalah 2 orang dosen ahli media, 2 orang ahli materi, 2 orang guru. Metode dan instrumen pengumpulan data pada penelitian ini ialah menggunakan metode rating scale. Untuk mengukur validitas dari media komik digital menggunakan instrumen penilaian validitas media komik digital. Hasil data yang telah diperoleh akan dianalisis menggunakan rumus indeks validitas Aiken untuk data para ahli dan rumus mean untuk data para responden guna mengetahui validitas media komik digital. Hasil validitas media pada analisis indeks validitas Aiken penilaian para ahli mendapat skor sebesar 0,95 dari ahli materi dengan kriteria “validitas tinggi”, 0,95 dari ahli media dengan kriteria “validitas tinggi”, sedangkan pada analisis skor penilaian dari para responden menggunakan rumus mean memperoleh rata-rata sebesar 4,57 dari respons praktisi dengan predikat “sangat baik”, 4,50 dari respons siswa dengan predikat “sangat baik”. Jadi, media komik digital sangat cocok digunakan saat proses pembelajaran khususnya pembelajaran IPA.


References


Abdullah, R. 2017. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 37–49. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/1866

Ambaryani, & Airlanda, G. S. (2017). Pengembangan Media Komik Untuk Efektivitas Dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(1), 43–59. https://doi.org/https://doi.org/10.37729/jpse.v3i1.3853

Andriani, N. (2019). Penerapan Media Komik Digital terhadap Pemahaman Pembelajaran Matematis Siswa SMP. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 31–38. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/229/138

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Chauhan, S. (2017). A meta-analysis of the impact of technology on learning effectiveness of elementary students. Computers & Education, 105, 14–30. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.11.005

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 27–35. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi

Hakim, A. F. (2018). Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Alat-alat Pembayaran Internasional Pada Materi Perekonomian Terbuka. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7(3), 204–212. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55327

Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1804

Hidayah, P., Untari, M. F. A., & Wardana, M. Y. S. (2018). Pengembangan Media Sepeda (Sistem Peredaran Darah) dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 2(4), 306–310. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i4.16109

Hidayah, Y. F., Siswandari, S., & Sudiyanto, S. (2017). Pengembangan Media Komik Digital Akuntansi Pada Materi Menyusun Laporan Rekonsiliasi Bank Untuk Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 135–146. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i2.588

Hilmi, H. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Lantanida Journal, 4(2), 128–135. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/1885

Huang, S.-Y., Kuo, Y.-H., & Chen, H.-C. (2020). Applying Digital Escape Rooms Infused with Science Teaching in Elementary School: Learning Performance, Learning Motivation, and Problem-Solving Ability. Journal Pre-Proof, 1–46. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100681

Ilhami, R. S., & R, D. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 16(2). https://doi.org/https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017

Indriani. (2019). Hasil Pisa Tunjukkan Perspektif Pendidikan Indonesia. Antarnews.

Jampel, I. N., & Puspita, K. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Aktivitas Pembelajaran Mengamati Berbantuan Audiovisual. International Journal of Elementary Education, 1(3), 197–102. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i3.10156

Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111

Lastefo, A. R. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Group Investigation Berbantuan Video pada Siswa Kelas V. International Journal of Elementary Education, 2(1), 1–7. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v1i3.12631

Lestari, N. P. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(4), 318–325. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331

Perignat, E., & Katz-Buonincontro, J. (2019). STEAM in practice and research: An integrative literature review. Thinking Skills and Creativity, 31, 31–43. https://doi.org/doi:10.1016/j.tsc.2018.10.002

Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) Dalam Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi. Jurnal Pancar, 2(1), 14–18. https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/195/160

Rohmanurmeta, F. M., &Dewi, C. (2019). Pengembangan Komik Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi Untuk Pembelajaran Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar. MUADDIB: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2), 100–109. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1213

Rovers, S. F. E., Clarebout, G., Savelberg, H. H. C. M., & van Merriënboer, J. J. G. (2018). Improving student expectations of learning in a problem-based environment. Computers in Human Behavior, 87, 416–423. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.02.016

Sari, C. K. (2019). Pengembangan Komik Digital Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Pokok Bahasan Bangun Datar Untuk Kelas IVSD/MI. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/7014

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 171–185. https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138

Sung, E. (2017). The influence of visualization tendency on problem-solving ability and learning achievement of primary school students in South Korea. Thinking Skills and Creativity, 26, 168–175. https://doi.org/doi:10.1016/j.tsc.2017.10

Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 316–326. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445

Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://jurnal.uns.ac.id/jdc

Tuma, F. (2021). The use of educational technology for interactive teaching in lectures. Annals of Medicine and Surgery 62, 231–235. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.amsu.2021.01.051

Wahyudin, A. Y., Jepri, D., Simamora, M. W., Pratiwi, I. W., & Rina, A. (2020). Penggunaan komik digital toondoo dalam pembelajaran Bahasa inggris tingkat Sekolah menengah. Jurnal of Social and Tevhnologi for Community Service, 1(1), 1–6. https://doi.org/Jurnal of social and tevhnologi for community service

Widana, I. N. S., Sumaryani, N. P., Ayuning, N. L. W., & Pradnyawati. (2018). Memicu Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi melalui Model Blended Learning Berbantuan Komik Digital. Emasains, 7(1), 38–48. https://doi.org/http://doi.org/10.5281/zenodo.1407735




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v4i2.34532

Article Metrics

Abstract view : 179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran indexed by:


  Akreditasi SINTA   Crossref

 

Creative Commons License

Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats