Peran Guru dan Orang Tua dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Anak Slow Learner di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Isnaini Handayani Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Allafta Muhsinatin AlFarhatan Noor Asri Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36014

Keywords:

peran guru, orang tua, slow learner

Abstract

Saat ini hasil belajar anak belum bisa dikatakan berhasil secara optimal dimana bagi anak slow learner, pembelajaran daring bukanlah solusi yang baik. hal ini didukung oleh tidak semua orang tua dan guru berperan secara optimal. Masalah ini menjadi salah saru alasan penelitian yang bertujuan untuk mengkaji peran guru dan orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar matematika anak slow learner di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif, dengan desain penelitian yang digunakan merupakan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian digunakan peneliti ada 3 yaitu satu guru mata pelajaran matematika, satu orangtua anak ABK, dan satu kepala sekolah. Mengunakan wawancara online dan metode observasi untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah penyederhanaan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru yakni adanya perlakuan khusus di kelas, guru selalu memantau tugas-tugas anak slow learner, dan adanya video pembelajaran matematika yang di kirimkan oleh guru via whatsapp. Adapun peran orang tua yakni merupakan pendidik bagi anak, orangtua sebagai pelindung anak, anak prioritas orangtua, dan orangtua mengetahui kondisi anak ketika di rumah. Adapun peran kepala sekolah yakni kepala sekolah membimbing guru dalam proses pembelajaran, dan adanya evaluasi untuk guru. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa guru, orangtua, dan kepala sekolah sangatlah berpengaruh dalam mengatasi kesulitan belajar anak slow learner.

References

Ariani, A., Wahyudi, M., & Rugaiyah, R. (2019). InPendidikan Inklusif: Kerjasama Antar Guru Kelas, Guru Luar Biasa, Orang Tua untuk Mengoptimalkan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(5), 396–399. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i5.1616.

Armeth, A., & Al, D. (2019). Pendidikan Inklusif Sebagai Gebrakan Solutif “ Education for All .” 11(April), 45–66.

Arnot, & Yeland, (2020). dunia kehidupan ultimodal: Pedagogi untuk pertanyaan dan eksplorasi permainan. Jurnal Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini,, 9(1), 124–146.

Aziz, A. N., Sugiman, S., & Prabowo, A. (2018). Analisis Proses Pembelajaran Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Slow Learner di Kelas Inklusif. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 111. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4168.

Chang, Hong, G., Paganeli, C., Phantmvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2020). Inovasi pendidikan gigi di masa pandemi COVID-19. Journal international, 155. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011.

Darimi, I. (2018). Diagnosis Kesulitan Belajar matematika Siswa slow learner Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Matematika, 2(1), 30. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.689.

Dng, Cao, S., & Li, H. (2020). Pembelajaran daring anak-anak kecil selama pandemi COVID-19: Keyakinan dan sikap orang tua Tiongkok. Ulasan Layanan Anak dan Remaja,118(June), 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440.

Edwrds, S., Skoutrs, H., Rtherfrd, L., & Cutter-Mcknze, A. (2012). Ini semua tentang Ben10TM': Keputusan bermain, kesehatan, dan keberlanjutan anak-anak di tahun-tahun awal. ,. Perkembangan dan Perawatan Anak Usia Dini Development and Care, 183(2), 280–293. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/03004430. 2012.671816.

Fatimah, & Dahlan, (2018). Description of Analysis of Mathematics Difficulty of Children with Special Needs (ABK) Slow Learner Class V SD Muhammadiyah Danunegaran Abstract Abstrak. Sendika Fkip Uad, 2(1), 130–136.

Hadi, F. R. (2017). Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Slow Learners (Lamban Belajar). Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 6(01), 35–41. https://doi.org/10.25273/pe.v6i01.295.

Heriyanto, H. (2018). Thematic Analysis as a Method of Analyzing Data for Qualitative Research. anuva, 2(3), 317. https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324.

Hwng, G. J., Wng, S. Y., & Lay, C. L. (2020). Pengaruh kerangka pembelajaran online berbasis regulasi sosial pada prestasi belajar siswa dan perilaku dalam matematika. Komputer dan Pendidikan. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031.

Irawan, A., & Febriyanti, C. (2018). Pembelajaran Matematika pada Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 99. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.509.

Khachfe, Crour, M., Samouri, J., Salhab, H. A., Maki, , & Fares, M. Y. (2020). Sebuah Studi Epidemiologis tentang COVID-19: Penyakit yang Menyebar dengan Cepat. Cureus, 12(3). https://doi.org/10.7759/cureus.7313.

Khiyarusoleh, U., Anis, A., Yusuf, R. I., & Peradaban, U. (2020). Peran Orang Tua Dan Guru Pembimbing. 13(3), 238–244. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i3.1295.

Kes, E. (2020). Efek McGurk dan persepsi ucapan audiovisual pada siswa dengan ketidakmampuan belajar yang terpapar pengajaran online selama pandemi Hipotesis matematika 144(July), 110233. https://doi.org/10.1016/j.mehy.2020.110233.

Lag-Cla, S., Folgurs-Díza, M. B., Alns-Hidalgo, M., Garca-Menndezb, D., & Fernándz-Garcab, F. J. (2020). Investigasi efektivitas alat pembelajaran online untuk persiapan sertifikat kinerja energi. laporan energi pendidikan, 6, 609–614. https://doi.org/10.1016/j.egyr.2019.09.034.

Liu, Huang, J., & Zou, Z. (2020). Ekspansi diri melalui Handphone dan kecenderungan kecanduan handphone di kalangan remaja: Model mediasi yang dimoderasi. Ulasan Layanan Anak dan Remaja, https://doi.org/10.1016/j.childyouth.

Marchetti, A. (2019). Konsep Sistem Layanan Penyelenggaraan Pendidikan Melalui Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6, 186–195. https://doi.org/10.5281/zenodo.

Maryani, I., Kusainun, N., Fatmawati, L., Erviana, V. Y., Wangid, M. N., & Mustadi, A. (2018). Parents’ Roles in Overcoming Elementary Students’ Learning Difficulties. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 7(4), 305. https://doi.org/10.11591/ijere.v7i4.15015.

Mishra, D. T., & Shre, D. A. (2020). Pembelajaran daring di Perguruan Tinggi selama Masa Lockdown Pandemi COVID-19 . Jurnal Internasional Penelitian Pendidikan Open, August, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.

Mkter, H. C. (2020). Dampak Covid-19 terhadap kegiatan ekonomi berbagi. Jurnal matematika Bersih. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.124782.

Ningrum, W. R. (2018). The Effect of Parenting Roles and Parenting Patterns on Learning Outcomes of State Elementary School Students (Sdn) in West Bogor District. Jurnal Pendidikan, 17(2), 129–137. http://jurnal.ut.ac.id/index.php/JP/article/view/621.

Nisa, K. et al. (2018). Karakteristik dan Kebutuhan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dan Anak Berbakat. Abadimas Buana, 2(1), 33–40.

Nur Sakiinatullaila. (2020). Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Anak Berkebutuhan Khusus Tipe Slow Learner Nur Sakiinatullaila Wahyu Fajar Pendahuluan Anak merupakan harta yang sangat berharga bagi setiap orang tua . Anak. 151–162.

Oydotun, T. D. (2020). Perubahan mendadak pedagogi dalam pendidikan didorong oleh COVID-19: Perspektif dan evaluasi dari negara berkembang. Research in Globalization, 2(June). https://doi.org/10.1016/j.resglo.

Pacia, A. (2020). Penggunaan dan Penerimaan Pembelajaran Daring Darurat oleh Mahasiswa Akibat COVID-19. Jurnal Internasional Penelitian Pendidikan https://doi.org/10.1016/j.ijedro.

Remuzi, A., & Remuzi, G. (2020). COVID-19 dan Italia: apa selanjutnya? The Lancet. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30627-9.

Sahu, P. (2020). Penutupan Universitas Karena Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19): Dampak Pendidikan dan Kesehatan Mental Mahasiswa dan Staf Akademik. Cureus, 2019(4), 4–9. https://doi.org/10.7759/cureus.7541.

Sakiinatullaila, N., & Priyanto, M. (2018). Causes of Difficulty Learning Mathematics for Children with Special Needs Slow Learner Type. Causes of Difficulty in Learning Mathematics for Children with Special Needs Slow Learner Type, 172, 14.

Samaha, M., & Hawi, N. S. (2016). komputer dalam Perilaku Manusia Hubungan antara kecanduan smartphone , stres , kinerja akademik , dan kepuasan dengan kehidupan. Computers in Human Behavior, 57, 321–325. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.12.045.

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Qualitative Research Methods in the Field of Education. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf.

Sugiyono. (2017). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r & d sugiyono pdf Click here to get file. 380.

Ulum, M. B., Sarwoko, E., Yuniarianto, A., Pascasarjana, P., & Malang, U. K. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru : Peran. 3(2), 299–307.

Utomo, K. D., Soegeng, A. Y., & ... (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Mimbar Pgsd …, 9(1), 1–9. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/29923.

Wong, O. (2020). Manajemen pasien dengan gangguan hati selama pandemi COVID-19: pernyataan posisi Asia-Pasifik. 5(8), 776–787. https://doi.org/10.1016/S2468-1253(20)30190-4.

Downloads

Published

2021-08-07

How to Cite

Handayani, I., & AlFarhatan Noor Asri, A. M. (2021). Peran Guru dan Orang Tua dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Anak Slow Learner di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 202–210. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36014

Issue

Section

Articles