Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Tournaments)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17913Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII B dalam pembelajaran PPKn melalui penggunaan model pembelajaraan kooperatif TGT (Teams Game Tournaments) di SMP N 1 Ambarawa Semester II Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Indikator keberhasilan penelitian ditentukan hasil belajar ranah kognitif dengan KKM ≥ 75 dicapai oleh 90% dari 24 siswa kelas VIII B. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data dari hasil tes dianalisis dengan teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwapenerapan model pembelajaran TGT (Team Game Tournaments) pada mata pelajaran PPKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam ranah kognitif pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Ambarawa tahun ajaran 2018-2019. Hal ini dapat ditunjukkan dari peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus ke siklus I dan siklus II. Pada pra siklus terdapat 8 siswa (33,33 %)yang mendapatkan nilai tuntas KKM ≥ 75meningkat menjadi 19 siswa (79,17%) pada siklus I,dan pada siklus II meningkat menjadi 24 siswa dengan(100%). Disamping itu penerapan model pembelajaran TGT juga dapat meningkatkan sikap dan perilaku siswa antara lain kerjasama / gotong-royong, tanggung jawab, toleransi dan demokratis.References
Arikunto, S dan Suhardjono. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi aksara.
Binti Maunah, 2009. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Darmayanti K. A., N. Dantes, dan D. P. Parmiti. 2016. Pengaruh Model TGT terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Kovariabel Kemampuan Numerik pada Siswa Kelas V. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1 Hal. 1 -10. Tersedia Pada : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/.
Gustaf, Asyirint. 2010. Langkah Cerdas Menjadi Guru Sejati Berprestasi. Yogyakarta: Bahtera Buku.
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Irawan, Agus. 2017. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Edumath , Volume 3 No. 2 Hal. 164-170. Tersedeia Pada : https://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath/article/view/461.
Kariyana, I Kadek.2014 “Implementasi Pembelajaran Kooperatif TGT untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Dribbling Sepakbola”. Jurnal Penjakora Vol 2 No 1 2014 (1-11).
Marianti dan Ratnawati Susanto 2017. “Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kecerdasan Interpersonal Pada Mata Pelajaran IPS”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol.1 (4) pp. 260-269.
Purwandari, Amanda & Dyah Tri Wahyuningtyas. 2017. “Eksperimen Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Keranjang Biji-Bijian terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian dan Pembagian Siswa Kelas II SDN Saptorenggo”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (3) pp. 163-170.
Rosdiani, Khairil, dan Cut Nurmaliah. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbasis Praktikum terhadap Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Manusia Di SMA Negeri 1 Sigli. Jurnal Biologi Edukasi Edisi 11, Vol. 5 No. 2 Hal. 66-71. Tersedia Pada : http://jurnal.unsyiah.ac.id/JBE/article/view/1221.
Soleh, Maulana Ibnu, Dadang Kurnia, Dede Tatang Sunarya. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran PIPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi. Jurnal Pena Ilmiah: Vol 2, No 1 Hal 2101-2110. Tersedia Pada : http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/download/12416/7374.
Solihah, Ai. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal SAP Vol. 1 No. 1 Hal. 45-53. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/1010/0.
Sudimahayasa, Nyoman. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, dan Sikap Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 48, Nomor 1-3, April 2015, hlm. 45-53.
Sugiartana, Md. Slamet, Dw. Nym Sudana, dan Ni Wyn. Arini. 2013. Penerapan Model TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VB SD Negeri 3 Banjar Jawa. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 1 No: 1 Hal. 1 -10. Tersedia pada : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/871/743.
Wiriaatmadja, Rochayanri. 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)