Pengaruh Model TPS Berbantu Media Papontar Terhadap Hasil Belajar Dilihat dari Aktivitas Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19278Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dan siswa masih kurang aktif dan berantusias dalam mengikuti pembelajaran serta masih rendahnya pemahaman tentang materi yang diajarkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya korelasi antara aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa serta untuk mengetahui adanya perbedaan antara siswa yang aktivitasnya tinggi dengan siswa yang aktivitasnya rendah. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian experimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain One-Group pretest-posttest Design dengan bentuk Pre Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 05 Kabunan Pemalang Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa dengan model Think Pair Share (TPS) berbantu media papontar kelas IV SDN 05 Kabunan Pemalang dan berdasarkan uji regresi pengaruhnya sebesar 84,96%, serta terdapat perbedaan rata-rata antara siswa yang aktivitasnya tinggi dengan siswa yang aktivitasnya rendah dengan dibuktikanya perhitungan hasil uji t diperoleh ttabel = 2,048 sedangkan thitung = 2,190 dengan t1-1/2 α dengan taraf signifikan sebesar 5%. Sehingga thitung >ttabel atau 2,190 > 2,048. Hal ini menunjukkan bahwa model Think Pair Share (TPS) berbantu media papontar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dilihat dari aktivitasnya.
Kata Kunci: Model TPS berbantu media papontar, hasil belajar, aktivitas belajar
References
Anggia, Tiara. 2015. Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sma Se-Kota Malang . Jurnal Promosi Jurnal Pendidikan Ekonomi Um Metro
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Ertikanto, Chandra. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.
Megawati, Priarti . 2012. Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia . Jurnal Formatif 2(3): 227-234 ISSN: 2088-351X
Mufidah, Efendi dan Teri, 2013. Penerapan kooperatif tipe TPS untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan matriks. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, Volume 1.
Parwati, Ni Nyoman, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Shabir, M. 2015. Kedudukan Guru Sebagai Pendidik . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 221-232
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Susanti, Tampubolon dan Marli, 2017. Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. PGSD FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak. Volume 6.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)