Evaluasi Pembelajaran Daring Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika di SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39828Keywords:
pembelajaran online, pendidikan tinggiAbstract
Penggunaan informasi dan teknologi tidak dapat dihindari dalam dunia pendidikan tinggi. Apalagi didukung dengan penyebaran virus corona yang memaksa para pendidik dan mahasiswa untuk mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran secara daring di Indonesia. Permasalahan yang muncul adalah apakah kegiatan pembelajaran secara daring yang telah berlangsung, telah memenuhi kebutuhan mahasiswa terhadap jadwal, metode, dan media, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan mahasiswa terhadap jadwal, metode, dan media pembelajaran yang dapat meningkatkan literasi baca tulis dan juga literasi digital, sehingga pembelajaran secara daring dapat terlaksana dengan optimal. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 55 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) pada mata kuliah Pembelajaran Matematika di SD. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, agnket, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan bahwa, platform yang digunakan dalam pembelajaran online adalah 98,2% menggunakan LMS dan 96,4% menggunakan Whatsapp. Kebutuhan mahasiswa terhadap waktu kegiatan daring adalah sebesar 81,8% mahasiswa memilih perkuliahan dilaksanakan dengan terjadwal, 81,8% memilih metode pembelajaran diskusi terbimbing, 80% mahasiswa memilih media pembelajarannya adalah video pembelajaran yang dilengkapi dengan buku referensi dan 98,2% membutuhkan umpan balik dari dosen yang mengajar. Dengan difasilitasinya kebutuhan mahasiswa terhadap perkuliahan daring, maka kegiatan perkuliahan akan menjadi lebih bermakna untuk meningkatkan literasi baca tulis dan juga literasi digital menjadi lebih baik.
References
Ahmad, I. F. (2020). Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Di Indonesia. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195–222. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1136.
Ana, A. (2020). Trends in expert system development: A practicum content analysis in vocational education for over grow pandemic learning problems. Indonesian Journal of Science and Technology, 5(2), 246–260. https://doi.org/10.17509/ijost.v5i2.24616.
Astini, N. K. suni. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452.
Bidabadi, N. S., Isfahani, A. N., Rouhollahi, A., & Khalili, R. (2016). Effective Teaching Methods in Higher Education: Requirements and Barriers. Journal of Advances in Medical Education & Professionalism, 4(4), 170–178. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27795967/.
Cerro Martínez, J. P., Guitert Catasús, M., & Romeu Fontanillas, T. (2020). Impact of using learning analytics in asynchronous online discussions in higher education. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1). https://doi.org/10.1186/s41239-020-00217-y.
Cheung, S. K. S., Kwok, L. F., Phusavat, K., & Yang, H. H. (2021). Shaping the future learning environments with smart elements: challenges and opportunities. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s41239-021-00254-1.
Dalton, M. H. (2018). Online Programs in Higher Education: Strategies for Developing Quality Courses. FOCUS on Colleges, Universities & Schools, 12(1). http://www.nationalforum.com/Journals/FOCUS/FOCUS.htm.
Dumford, A. D., & Miller, A. L. (2018). Online learning in higher education: exploring advantages and disadvantages for engagement. Journal of Computing in Higher Education, 30(3), 452–465. https://doi.org/10.1007/s12528-018-9179-z.
Fitra, A., Sianturi, F., & Pangabean, A. E. (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Secara Daring Bagi Siswa SMP Authors. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3). https://doi.org/10.25008/altifani.v1i3.154.
Fitriani, rita. (2021). Kesiapan Mahasiswa Calon Guru Mengikuti Pembelajaran Fisika Secara Daring Saat Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(2), 90–96. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i2.63.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654.
Gewin, V. (2020). Five tips for moving teaching online as COVID-19 takes hold. Nature, 580(7802), 295–296. https://doi.org/10.1038/d41586-020-00896-7.
Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 179–189. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14813.
Hew, K. F., Jia, C., Gonda, D. E., & Bai, S. (2020). Transitioning to the “new normal” of learning in unpredictable times: pedagogical practices and learning performance in fully online flipped classrooms. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1). https://doi.org/10.1186/s41239-020-00234-x.
Ice, P., Curtis, R., Phillips, P., & Wells, J. (2019). Using Asynchronous Audio Feedback To Enhance Teaching Presence And Students’ Sense Of Community. Online Learning, 11(2). https://doi.org/10.24059/olj.v11i2.1724.
Kahar, M. I., Cika, H., Afni, nur, & Wahyuningsih, N. E. (2021). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 Di Masa Pandemi Covid 19. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 58–78. https://doi.org/10.24239/moderasi.Vol2.Iss1.40.
Karlina, D. A., Nugraha, D., D, A. L. I., & Halimatu, P. (2021). Analisis pembelajaran daring pada mahasiswa PGSD di masa pandemik. Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 19(1), 7–12. https://ejournal.upi.edu/index.php/SosioReligi/article/view/39344/16420.
Kebritchi, M., Lipschuetz, A., & Santiague, L. (2017). Issues and Challenges for Teaching Successful Online Courses in Higher Education. Journal of Educational Technology Systems, 46(1), 4–29. https://doi.org/10.1177/0047239516661713.
Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Jurnal Matematika Kreatif Dan Inovatif, 11(2). https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25029.
Meylani, R., Bitter, G., & Legacy, J. (2015). Desirable Characteristics of an Ideal Online Learning Environment. Journal of Educational and Social Research, 5(1), 203–216. https://doi.org/10.5901/jesr.2015.v5n1p203.
Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771.
Pertiwi, R., & Sutama, S. (2020). Membudayakan Kelas Digital Untuk Membimbing Siswa dalam Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid-19. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 350–365. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p350.
Putra, N. P. (2020). Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Aplikasi Zoom Dan Whatsapp Group Di Era New Normal Pada Warga Belajar Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Insani. Jipsindo, 7(2), 162–176. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v7i2.34939.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768.
Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138.
Sangsawang, T. (2020). An instructional design for online learning in vocational education according to a self-regulated learning framework for problem solving during the covid-19 crisis. Indonesian Journal of Science and Technology, 5(2), 283–198. https://doi.org/10.17509/ijost.v5i2.24702.
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1). https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830.
Schneider, S. L., & Council, M. L. (2021). Distance learning in the era of COVID-19. Archives of Dermatological Research, 313(5), 389–390. https://doi.org/10.1007/s00403-020-02088-9.
Surma, T., & Kirschner, P. A. (2020). Technology enhanced distance learning should not forget how learning happens. Computers in Human Behavior, 110(1), 106390. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106390.
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.
Vallade, J. I., & Kaufmann, R. (2018). Investigating instructor misbehaviors in the online classroom. Communication Education, 67(3), 363–381. https://doi.org/10.1080/03634523.2018.1467027.
Widyasari, Y. D. L., Nugroho, L. E., & Permanasari, A. E. (2019). Persuasive technology for enhanced learning behavior in higher education. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 15. https://doi.org/10.1186/s41239-019-0142-5.
Yaumi, M., & Damopolii, M. (2019). Model Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Islam Dan Keguruan, 1(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.3545637.
Yudiawan, A. (2020). Belajar Bersama Covid 19: Evaluasi Pembelajaran Daring Era Pandemi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, Papua Barat. AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 10–16. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i1.64.
Yuhanna, W. L. (2021). Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Zoologi Vertebrata di Masa Pandemi Covid19. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(1). http://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8803.
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1). https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1981.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)