Pembelajaran Daring Berbantuan Paired Storytelling terhadap Hasil Belajar Pengembangan Pembelajaran PKn Mahasiswa PGSD

Authors

  • Ni Wayan Eka Widiastini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Kadek Edi Yudiana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40052

Keywords:

daring, paired storytelling, hasil belajar

Abstract

Pembelajaran daring juga mempunyai keterbatasan  karena metode yang digunakan bersifat monoton sehingga berdanpak terhadap hasil belajar siswa serta berdampak terhadap rendahnya kempuan social mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas pembelajaran daring berbantuan Paired Storytelling terhadap hasil belajar mahasiswa PGSD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian semu. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VI PGSD yang ada di Singaraja yang berjumlah 176. Data diperoleh dari hasil perhitungan skor tes hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisis yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial.Hasil analisis dengan uji t diperoleh terdapat perbedaan antara mahasiswa yang belajar secara daring berbatuan paired Storytelling dengan mahasiswa yang belajar secara daring. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig. yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,00. Terdapat perbedaan antara mahasiswa yang belajar secara daring berbatuan paired Storytelling dengan mahasiswa yang belajar secara daring.

Author Biographies

Ni Wayan Eka Widiastini, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Kadek Edi Yudiana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Andel, S. A., de Vreede, T., Spector, P. E., Padmanabhan, B., Singh, V. K., & Vreede, G. J. de. (2020). Do social features help in video-centric online learning platforms? A social presence perspective. Computers in Human Behavior, 113(April), 106505. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106505

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4033

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Ayuni, R. D., & Rusmawati, D. (2013). Pengaruh Storytelling Terhadap Perilaku Empati Anak. Jurnal Psikologi Undip, 12(2), 121-130–130. https://doi.org/10.14710/jpu.12.2.121-130

Azis, I. N., & Christin, M. (2019). Efektivitas Teknik Pembelajaran Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita. Jurnal Politikom Indonesia, 4(2), 182–199. https://doi.org/10.35706/jpi.v4i2.3242

Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2020). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 155. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118(June), 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440

Elis, D. P., Nuryatin, A., & Wasino. (2017). Keefektivan Penerapan Model Role Playing dan Paired Storytelling terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS. Journal of Primary Education, 6(1), 57–64. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe

Hermawan, Y., Putu, L. M. P., & Renda, N. T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Paired Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha., 4(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7641

Hwang, G. J., Wang, S. Y., & Lai, C. L. (2020). Effects of a social regulation-based online learning framework on students’ learning achievements and behaviors in mathematics. Computers and Education, 160, 104031. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031

Lage-Cala, S., Folgueras-Díaza, M. B., Alonso-Hidalgoa, M., García-Menéndezb, D., & Fernández-Garcíab, F. J. (2020). Investigation of the effectiveness of online learning tools for energy performance certificates preparation. Energy Reports, 6, 609–614. https://doi.org/10.1016/j.egyr.2019.09.034

Liu, Q., Huang, J., & Zhou, Z. (2020). Self-expansion via smartphone and smartphone addiction tendency among adolescents: A moderated mediation model. Children and Youth Services Review, 119(June), 105590. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105590

M.Ngalim, P. (2007). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science and Phich Education Jurnal, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992 PENGARUH

Nurming, S. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Paired Storytelling Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMAN 11 Makassar. Proceeding Of National Seminar, 257–265. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/4015/2374

O’Doherty, D., Dromey, M., Lougheed, J., Hannigan, A., Last, J., & McGrath1, D. (2018). Barriers and solutions to online learning in medical education – an integrative review. BMC Medical Education, 18(130), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s12909-018-1240-0

Oktafia, I. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3). https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005

Patricia, A. (2020). College Students’ Use and Acceptance of Emergency Online Learning Due to COVID-19. International Journal of Educational Research Open, 100011. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100011

Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Penggunaan Gawai, Interaksi Ibu-Anak, Dan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Prasekolah. Jur. Ilm. Kel. & Kons., 13(1), 75–86. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.75 PENGGUNAAN

Rosdiana, E., Kusmariyatni, N. N., & Widiana, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storytelling Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd. Keterampilan Menyimak, 08(03), 11. https://doi.org/doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.826

Samaha, M., & Hawi, N. S. (2016). Computers in Human Behavior Relationships among smartphone addiction , stress , academic performance , and satisfaction with life. Computers in Human Behavior, 57, 321–325. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.12.045

Singh, V., & Thurman, A. (2019). How Many Ways Can We Define Online Learning? A Systematic Literature Review of Definitions of Online Learning (1988-2018). American Journal of Distance Education, 33(4), 289–306. https://doi.org/10.1080/08923647.2019.1663082

Suryani, R., Pranoto, S., & Astuti, B. (2020). The Effectiveness of Storytelling and Roleplaying Media in Enhancing Early Childhood Empathy. Journal of Primary Education, 9(5), 546–553. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpe.v9i5.43532

Sylvia, R. I. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Berbasis Paired Storytelling (Bercerita Berpasangan) Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Mojoarum Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pena SD, 05, 31–35. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29100/jpsd.v5i1.1534

Yufrinalis, M., Fedia, V., & Gleko, E. (2019). Penggunaan Teknik Paired Story Telling untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V SD Katolik HABI. Jurnal Serambi PTK, VI(1), 1–10. http://jurnal.serambimekkah.ac.id/serambi-ptk/article/view/1366

Downloads

Published

2021-12-14

How to Cite

Widiastini, N. W. E., & Yudiana, I. K. E. (2021). Pembelajaran Daring Berbantuan Paired Storytelling terhadap Hasil Belajar Pengembangan Pembelajaran PKn Mahasiswa PGSD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 386–392. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40052

Issue

Section

Articles