E-LKPD Interaktif Berbasis Problem Solving pada Materi Skala dan Perbandingan Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.48848Keywords:
E-LKPD, Problem Solving, MatematikaAbstract
Kurangnya variasi guru dalam menggunakan perangkat pembelajaran menyebabkan kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan kurang maksimal, serta berdampak pada rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan perangkat pembelajaran yang menarik yang mampu memotivasi peserta didik dalam belajar, salah satunya LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis problem solving pada materi skala dan perbandingan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 2 orang praktisi, dan 10 orang siswa kelas V. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada responden. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat validitas E-LKPD adalah instrumen rating scale. Data hasil penilaian E-LKPD dianalisis menggunakan rumus persentase untuk mengetahui persentase E-LKPD yang dikembangkan. Hasil persentase yang diperoleh yaitu, dari ahli materi 93,08%, ahli media 95%, hasil uji respons praktisi 91,05%, dan hasil uji respons siswa 92,8%, serta hasil yang diperoleh dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diketahui bahwa E-LKPD interaktif berbasis problem solving pada materi skala dan perbandingan kelas V sekolah dasar dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini yaitu peserta didik mampu belajar secara mandiri menggunakan E-LKPD berbasis problem solving materi skala dan perbandingan.
References
Adawiyah, R., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik Melalui E-LKPD dengan Bantuan Aplikasi Google Meet. Jurnal Basicedu, 5(5), 3395. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1339. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1339
Amthari, W., Muhammad, D., & Anggereini, E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Saintifik Materi Sistem Pernapasan pada Manusia Kelas XI SMA. BIODIK, 7(3), 28–35. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13239. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13239
Ariawan, R., & Putri, K. J. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Pendekatan Visual Thinking pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 293–302. https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.10558. DOI: https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.10558
Astuti. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1011–1024. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.573. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.573
Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER), 1(2), 90. https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5614. DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5614
Bafadhol, I. (2017). Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 14. https://doi.org/10.30868/ei.v6i11.95.
Beladina, N., Suyitno, A., & Kusni. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Core Berbantuan LKPD Terhadap Kreativitas Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3), 35–36. https://doi.org/10.15294/ujme.v2i3.3363.
Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan PMRI Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204–214. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781
Erika, Astalini, & Kurniawan, D. A. (2021). Literatur Review : Penerapan Sintaks Model Pembelajaran Problem Solving Pada Kurikulum 2013. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 147–153. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1101. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1102
Fara, U., Noer, S. H., & Rasidin, U. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 12(2), 242–253. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i2.6160. DOI: https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4862
Farkhati, A., & Sumarti, S. S. (2019). Implementasi Manajemen Pembelajaran Kimia Berbantuan E-LKPD Terintegrasi Chemoentrepreneurship untuk Menganalisis Soft Skill Siswa. Chemistry in Education, 8(2), 2. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/39127.
Fatmasuci, F. W. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Komunikasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 32–42. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.11325. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.11325
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 233–234. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277. DOI: https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277
Febrianto, R., & Puspitaningsih, F. (2020). Pengembangan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Education Journal : Journal Education Research and Development, 4(1). https://doi.org/ 10.31537/ej.v4i1.297. DOI: https://doi.org/10.31537/ej.v4i1.297
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1148/1029.
Friska, S. Y., Nanda, D. W., & Husna, M. (2022). Pengembangan e-LKPD dengan 3D Pageflip Professional Berbasis Problem Solving pada Tema Lingkungan Sahabat Kita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 3200–3206. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1685. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1685
Handayani, S. L., & Dewi, F. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229
Hazlita, S. (2021). Implementasi Pembelajaran dalam Jaringan dengan Menggunakan Instagram dan Liveworksheets pada Masa Pandemi. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(7), 1144. https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.195. DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.195
Huzaimah, P. Z., & Risma, A. (2021). Hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring matematika pada masa pandemi covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 533–541. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/537.
Jauhar, S., & Nurdin, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(2), 141–149. https://doi.org/10.26858/jkp.v1i2.5285. DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v1i2.5285
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011. DOI: https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011
Khotimah, K., Ambarita, A., & Fuad, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Tematik Berbasis Learning Cycle 5E. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(13), 3. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13455.
Kurniawan, D. T. (2017). Penggunaan Model PJBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Dalam Membuat Media Pembelajaran Matematika. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 207. https://doi.org/10.22236/Kalamatika.vol2no2.2017pp207-220. DOI: https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no2.2017pp207-220
Lestari, D. D., & Muchlis. (2021). E-LKPD Berorientasi Contextual Teaching and Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987
Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 170. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/245. DOI: https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/245
Lioba, T., Yuniasih, N., & Nita, C. I. R. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Aplikasi Liveworksheets Pada Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Kebonsari 4 Malang. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 308. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/ 644.
Mahmudah, A. M., Caswita, & Asmiati. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Efficacy. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 6(2). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/16347.
Muslim, A. Q., & Suci, I. G. S. (2020). Peran Manajemen Pendidikan Nonformal Berbasis Masyarakat Sebagai Upaya Peningkatan Sumber Daya Manusia di Indonesia. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 159–168. https://doi.org/10.25078/pw.v5i2.1855.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 2. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646. DOI: https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skoll (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(2), 170. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342
Novriani, S., Hakim, L., & Lefudin, L. (2021). Pengembangan E-LKPD Materi Momentum dan Impuls Berbasis Android untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 11(1), 29–44. https://doi.org/10.21580/phen.2021.11.1.7136. DOI: https://doi.org/10.21580/phen.2021.11.1.7136
Nurbayani, A., Rahmawati, E., Nurfaujiah, I. I., Putriyanti, N. D., Fitria, N., Fajriati, Safira, Y., & Ruswan, A. (2021). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Liveworksheets sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-guru SD Negeri 1 Tegalmunjul Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 1(2), 128. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/article/view/33479.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pansa, H. E., Caswita, & S, S. (2017). Pengembangan LKPD dengan Model Problem Based learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5(3). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/12640.
Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777
Pribadi, Y. T., Sholeh, D. A., & Auliaty, Y. (2021). Pengembangan E-LKPD Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem Based Learning pada Kelas IV Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 273–275. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 88. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456
Rahmawati, Putra, A. P., & Zaini, M. (2021). Penggunaan E-LKPD pada Konsep Archaebacteria dan Eubacteria Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri. IPA EDU: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2). https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/ipaedu/article/view/3662.
Rizkiah, A. W., Nasir, N., & Komarudin, K. (2018). LKPD Discussion Activity Terintegrasi Keislaman dengan Pendekatan Pictorial Riddle pada Materi Pecahan. Desimal: Jurnal Matematika. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1926. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1926
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
Sardiyanah, S. (2020). Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 7(1), 123–144. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v7i1.187. DOI: https://doi.org/10.47435/al-qalam.v7i1.187
Sisnanto, Wahyudi, & Indarini, E. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Group Investigation Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 4 SD dalam Pelajaran Matematika. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(4), 831. https://doi.org/ 10.33578/pjr.v3i4.7538. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7538
Sudarsana, I. K. (2016). Pemikiran Tokoh Pendidikan dalam Buku Lifelong Learning: Policies, Practices, and programs (perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 50. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/723674. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v2i2.71
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(7), 1257. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233. DOI: https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233
Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1). https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/370. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.473
Wahyuni, K. S. P., Candiasa, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 301–311. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476
Wardhani, D. A., & Pujiono, A. (2022). Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal Terhadap Kompetensi Mengajar Guru Sekolah Minggu. Discreet: Journal Didache of Christian Education, 2(1), 10–21. https://ejournal.staknkupang.ac.id/ojs/index.php/dis/article/view/109.
Widiyanti, T., & Nisa, A. F. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11136. DOI: https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11136
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Luh Putu Puriasih, I Gede Astawan, Ni Wayan Rati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)