Pengembangan Media Buku Pop-Up untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan di Sekitar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17905Abstrak
Penggunaan media pembelajaran dirancang untuk mengembangkan cara belajar siswa agar lebih menarik sehingga dibuatlah suatu alat peraga seperti media buku pop up. Media buku pop up adalah media kertas yang apabila dibuka akan muncul obyek yang berbentuk tiga dimensi. Pengembangan media buku pop up menghasilkan media buku pop up yang dapat diterapkan pada tema menyayangi tumbuhan dan hewan disekitar untuk kelas III SD Pedurungan Kidul 04 Semarang. Tujuan dalam pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media buku pop up pada tema menyayangi tumbuhan dan hewan di sekitar sehingga meningkatkan kemampuan menyimak siswa dilihat dari hasil validasi ahli yang menyatakan layak dan hasil pretest posttest yang menunjukan peningkatan. Adapun manfaat yang didapat dari adanya media buku pop up tersebut ialah dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kepada siswa serta bahan referensi bagi pembaca atau peneliti berikutnya terkait dengan pengembangan buku pop up untuk menumbuhkan kemampuan menyimak. Dari pengujian validasi yang dilakukan oleh ahli media pembelajaran dengan rata-rata persetase 90.00% dalam kategori baik sekali, dari penguji validasi yang dilakukan oleh ahli materi pembelajaran dengan rata-rata persentase sebanyak 95.99% dalam kategori baik sekali, dan dari hasil evaluasi 25 siswa memperoleh nilai rata-rata pretest 68.22 dan nilai rata-rata posttest 86.36, N gain menunjukan 0.57 dalam kategori sedang. Sehingga dapat dikatakan bahwa media buku pop up sesuai dan layak digunakan.
Referensi
Adelila ,Sri (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi . Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No.01, hlm 107-113, 2017 http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
Dewanti ,Handaruni (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas Iv Sdn 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo . Jurnal JKTP Volume 1, Nomor 3, September 2018
Elisa Diah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan.
Fatchul, Muhammad Mubarok Febrianto. 2014. Penerapan Media Dalam Bentuk Pop Up Book Pada Pembelajaran Unsur-Unsur Rupa Untuk Siswa Kelas 2 SDNU Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik.
Guntur, Henry Tarigan. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Hanifah, Tisna Umi. 2014. Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen Di Tk Negeri Pembina Bulu Temanggung). EARLY CHILDHOOD EDUCATION PAPERS ( BELIA) 3 (2) http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia
Khoiriyah Evi. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No.2 Juni 2018. http: ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD
Laila ,Alfi (2017). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Kelas V Sdn Rowoharjo Tahun Ajaran 2016/2017 . Jurnal Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 08 Tahun 2017 ISSN : AAAA-AAAA
Mahnun ,Nunu (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran) . Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1 Januari-Juni 2012
Munirah (2015). Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245
Nur ,Siti (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas Iv Sdn Babatan 1 Surabaya . Jurnal JPGSD. Volume 06 Nomor 10 Tahun 2018, 1811-1821
Nurkholis (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013
Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Safri Meilia. 2017. Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No.01, hlm 107-113, 2017http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
Satria, Tio Gusti. 2017. Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Pendekatan Saintifik Pada Anak Kelas Iv Jakarta Barat. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (2) 2017. Hal.114-120 PGSD FKIP Universitas Bengkulu
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 2012. Bandung: Citra Umbara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)