Pengembangan Media Buku Pop-Up untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan di Sekitar

Penulis

  • Qori Kartika Putri PGSD Universitas PGRI Semarang, Jl Sidodadi Timur No 24 Semarang
  • Pratjojo Pratjojo PGSD Universitas PGRI Semarang, Jl Sidodadi Timur No 24 Semarang
  • Arfilia Wijayanti PGSD Universitas PGRI Semarang, Jl Sidodadi Timur No 24 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17905

Abstrak

Penggunaan media pembelajaran dirancang untuk mengembangkan cara belajar siswa agar lebih menarik sehingga dibuatlah suatu alat peraga seperti media buku pop up. Media buku pop up adalah media kertas yang apabila dibuka akan muncul obyek yang berbentuk tiga dimensi. Pengembangan media buku pop up menghasilkan media buku pop up yang dapat diterapkan pada tema menyayangi tumbuhan dan hewan disekitar untuk kelas III SD Pedurungan Kidul 04 Semarang. Tujuan dalam pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media buku pop up pada tema menyayangi tumbuhan dan hewan di sekitar sehingga meningkatkan kemampuan menyimak siswa dilihat dari hasil validasi ahli yang menyatakan layak dan hasil pretest posttest yang menunjukan peningkatan. Adapun manfaat yang didapat dari adanya media buku pop up tersebut ialah dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kepada siswa serta bahan referensi bagi pembaca atau peneliti berikutnya terkait dengan pengembangan buku pop up untuk menumbuhkan kemampuan menyimak. Dari pengujian validasi yang dilakukan oleh ahli media pembelajaran dengan rata-rata persetase 90.00% dalam kategori baik sekali, dari penguji validasi yang dilakukan oleh ahli materi pembelajaran dengan rata-rata persentase sebanyak 95.99% dalam kategori baik sekali, dan dari hasil evaluasi 25 siswa memperoleh nilai rata-rata pretest 68.22 dan nilai rata-rata posttest 86.36, N gain menunjukan 0.57 dalam kategori sedang. Sehingga dapat dikatakan bahwa media buku pop up sesuai dan layak digunakan.

Referensi

Adelila ,Sri (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi . Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No.01, hlm 107-113, 2017 http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi

Dewanti ,Handaruni (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas Iv Sdn 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo . Jurnal JKTP Volume 1, Nomor 3, September 2018

Elisa Diah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan.

Fatchul, Muhammad Mubarok Febrianto. 2014. Penerapan Media Dalam Bentuk Pop Up Book Pada Pembelajaran Unsur-Unsur Rupa Untuk Siswa Kelas 2 SDNU Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik.

Guntur, Henry Tarigan. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Hanifah, Tisna Umi. 2014. Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen Di Tk Negeri Pembina Bulu Temanggung). EARLY CHILDHOOD EDUCATION PAPERS ( BELIA) 3 (2) http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia

Khoiriyah Evi. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No.2 Juni 2018. http: ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD

Laila ,Alfi (2017). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Kelas V Sdn Rowoharjo Tahun Ajaran 2016/2017 . Jurnal Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 08 Tahun 2017 ISSN : AAAA-AAAA

Mahnun ,Nunu (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran) . Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1 Januari-Juni 2012

Munirah (2015). Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245

Nur ,Siti (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas Iv Sdn Babatan 1 Surabaya . Jurnal JPGSD. Volume 06 Nomor 10 Tahun 2018, 1811-1821

Nurkholis (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Safri Meilia. 2017. Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No.01, hlm 107-113, 2017http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi

Satria, Tio Gusti. 2017. Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Pendekatan Saintifik Pada Anak Kelas Iv Jakarta Barat. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (2) 2017. Hal.114-120 PGSD FKIP Universitas Bengkulu

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 2012. Bandung: Citra Umbara.

Diterbitkan

2019-06-26

Cara Mengutip

Putri, Q. K., Pratjojo, P., & Wijayanti, A. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-Up untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan di Sekitar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 169–175. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17905

Terbitan

Bagian

Articles