Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Tournaments)

Penulis

  • Eko Budi Sulistyo PPKn – FKIP Universitas Kristen Satya Wacana
  • Nani Mediatati PPKn – FKIP Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17913

Abstrak

Penelitian ini  bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII B dalam pembelajaran PPKn melalui penggunaan model pembelajaraan kooperatif  TGT (Teams Game Tournaments) di SMP N 1 Ambarawa Semester II Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Indikator keberhasilan penelitian ditentukan hasil belajar ranah kognitif dengan KKM ≥ 75 dicapai oleh 90% dari 24 siswa kelas VIII B. Teknik pengumpulan data menggunakan   observasi dan tes. Data dari hasil tes dianalisis dengan teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwapenerapan model  pembelajaran TGT  (Team Game  Tournaments) pada mata pelajaran PPKn  dapat meningkatkan hasil belajar siswa  dalam ranah kognitif  pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Ambarawa tahun ajaran 2018-2019. Hal ini dapat ditunjukkan dari peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada  pra siklus ke siklus I dan siklus II. Pada  pra siklus terdapat 8 siswa (33,33 %)yang mendapatkan nilai tuntas KKM ≥ 75meningkat menjadi 19 siswa (79,17%) pada siklus I,dan pada siklus II meningkat menjadi  24 siswa dengan(100%). Disamping itu penerapan model pembelajaran TGT juga dapat meningkatkan sikap dan perilaku siswa antara lain kerjasama / gotong-royong, tanggung jawab, toleransi dan demokratis.

Referensi

Arikunto, S dan Suhardjono. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi aksara.

Binti Maunah, 2009. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Darmayanti K. A., N. Dantes, dan D. P. Parmiti. 2016. Pengaruh Model TGT terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Kovariabel Kemampuan Numerik pada Siswa Kelas V. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1 Hal. 1 -10. Tersedia Pada : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/.

Gustaf, Asyirint. 2010. Langkah Cerdas Menjadi Guru Sejati Berprestasi. Yogyakarta: Bahtera Buku.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Irawan, Agus. 2017. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Edumath , Volume 3 No. 2 Hal. 164-170. Tersedeia Pada : https://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath/article/view/461.

Kariyana, I Kadek.2014 “Implementasi Pembelajaran Kooperatif TGT untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Dribbling Sepakbola”. Jurnal Penjakora Vol 2 No 1 2014 (1-11).

Marianti dan Ratnawati Susanto 2017. “Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kecerdasan Interpersonal Pada Mata Pelajaran IPS”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol.1 (4) pp. 260-269.

Purwandari, Amanda & Dyah Tri Wahyuningtyas. 2017. “Eksperimen Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Keranjang Biji-Bijian terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian dan Pembagian Siswa Kelas II SDN Saptorenggo”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (3) pp. 163-170.

Rosdiani, Khairil, dan Cut Nurmaliah. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbasis Praktikum terhadap Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Manusia Di SMA Negeri 1 Sigli. Jurnal Biologi Edukasi Edisi 11, Vol. 5 No. 2 Hal. 66-71. Tersedia Pada : http://jurnal.unsyiah.ac.id/JBE/article/view/1221.

Soleh, Maulana Ibnu, Dadang Kurnia, Dede Tatang Sunarya. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran PIPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi. Jurnal Pena Ilmiah: Vol 2, No 1 Hal 2101-2110. Tersedia Pada : http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/download/12416/7374.

Solihah, Ai. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal SAP Vol. 1 No. 1 Hal. 45-53. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/1010/0.

Sudimahayasa, Nyoman. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, dan Sikap Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 48, Nomor 1-3, April 2015, hlm. 45-53.

Sugiartana, Md. Slamet, Dw. Nym Sudana, dan Ni Wyn. Arini. 2013. Penerapan Model TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VB SD Negeri 3 Banjar Jawa. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 1 No: 1 Hal. 1 -10. Tersedia pada : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/871/743.

Wiriaatmadja, Rochayanri. 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Diterbitkan

2019-06-26

Cara Mengutip

Sulistyo, E. B., & Mediatati, N. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Tournaments). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 233–240. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17913

Terbitan

Bagian

Articles