Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Promting Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17921Abstrak
Permasalahan rendahnya hasil belajar IPS yang ditemukan pada siswa kelas III SD di Gugus III Kecamatan Tabanan menjadi masalah utama untuk dilakukan penelitian ini. Rendahnya hasil belajar IPS diduga karena guru-guru dalam pengelolaan pembelajaran cenderung menggunakan metode ekspositori yang berpusat pada guru. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran probing-promting berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III di SD Gugus III Kecamatan Tabanan Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian adalah siswa kelas III di SD Gugus III Kecamatan Tabanan berjumlah 113 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas III SDN 3 Dajan Peken berjumlah 22 siswa dan SDN 2 Dajan Peken berjumlah 28 siswa. Data hasil belajar IPS dikumpulkan dengan metode tes. Instrumen penelitiannya adalah tes objektif pilihan ganda. Data hasil penelitian tersebut dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen adalah 25,54 berada pada kategori sangat tinggi, (2) rata-rata hasil belajar siswa kelompok kontrol adalah 16,89 berada pada kategori sedang, (3) hasil uji hipotesis dengan menggunakan teknik uji-t, diperoleh thitung lebih besar daripada ttabel (9,10>2,01). Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran probing-promting berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III di SD Gugus III Kecamatan Tabanan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Referensi
Agung, Anak Agung Gede. 2014. Buku AjarMetodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Artawan, Ketut Agus. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Promting Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD”. Mimbar PGSD, Vol. 5 No. 2. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/viewFile/10916/6992 (diakses tanggal 27 November 2017).
Diasputri Ajeng. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbantuan Lembar Kerja Berstruktur Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 7, No. 1, 2013, hlm 1103-1111
Elvandari Helivia. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Active Learning Untuk Meningkatkan Ketercapaian Kompetensi Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 10, No. 1, 2016, hlm 1651-1660
Hidayatullah, Putunda Al Arif. 2014. “Pengaruh Model Probing-Promting Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V”. Mimbar PGSD Vol. 2 No 1. Tersedia pada http://download. portalgaruda.org/article.php?article=304255&val=1342&title=Pengaruh%20Model%20Probing-Promting%20Terhadap%20Kemampuan%20 Berpikir%20Kritis%20Siswa%20Pada%20Mata%20Pelajaran%20IPA%20Kelas%20V (diakses tanggal 27 November 2017).
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Megasari. 2018. Pembelajaran probing prompting untuk meningkatkan berpikir kritis siswa anggota kelompok ilmiah remaja. PENDIPA Journal of Science Education, 2018: 2(2), 163-169
Murda dan Syahrudin. 2000. Buku Ajar Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Singaraja: Undiksha.
Ngalimun. 2015. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.
Putra, I Made Bagus Susila. 2016. “Pengaruh Probing-Promting Terhadap Hasil Belajar IPS Dengan Kovariabel Motivasi Berprestasi pada Siswa Kelas IV”. Mimbar PGSD, Vol. 4 No. 1. Tersedia pada https://ejournal. Undiksha ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/6977/4756 (diakses tanggal 26 November 2017).
Susanti Elsa. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI.IPA Man 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol. 2 No. 1 Tahun 2017
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Undang-Undang Republik Indonesia no. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 1990. Jakarta: PT Arnas Duta Jaya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)