Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26615Abstrak
Hasil belajar IPA sebagian besar siswa yang masih rendah, mendorong perlunya menciptakan proses pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu cara yaitu dengan menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan media mind mapping. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar IPA di kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan menggunakan rancangan non-equivalent posttest onlycontrol group. Adapun jumlah dari populasi dalam penelitian ini 104 siswa dan sampel penelitian berjumlah 40 siswa yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Data hasil belajar IPA dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t menunjukkan data yang diperoleh thitung = 2,86> ttabel pada taraf signifikan 5% dan dk 38 diperoleh nilai ttabel=2,02. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Dengan demikian model pembelajaran SAVI berbantuan media mind mapping memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Implikasi pada penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan media mind mapping sesuai untuk diterapkan pada pembelajaran IPA karena dengan menerapkan model pembelajaran SAVI ini membuat siswa belajar dengan menemukan pengalaman-pengalaman baru yang nantinya akan meningkatkan keaktifan, berpikir kritis, serta daya ingat yang semakin berkembang. Sehingga hal tersebut akan berpengaruh terhadap hasil belajar IPA yang dimiliki oleh siswa.
Referensi
Adiyatmaningsih, N. P. H., Suara, I. M., & Kristiantari, M. R. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus III Gianyar. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).
Agung, G. (2014). Metododologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Alfiani, D. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) terhadap Hasil Belajar Anak Usia Dini. Syekhnurjati.
Ariyanto, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3.
Budiyanti, Y., dan K. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Melalui Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualiztion, Intellectualy (SAVI) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V MI Mifftahul Huda Kota Bekasi. PEDAGOGIK, VII.
Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan.
Devitasari, dkk. (2019). Keefektifan Model SAVI Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA SDN Lawatan 01 Kabupaten Tegal. Indonesian Journal of Conservation, 8.
Dewi, N., & Riandi, R. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kompleks Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Mapping. EDUSAINS, 8(1), 98–107.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Lingkar Widyawiswara.
Fatmah, A. N., dkk. (2018). Pengaruh Strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajaran.
Fiteriani, I.., dan B. (2018). Konsepsi Penerapan Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Sikap Ilmiah Dalam Desain Pengembangan Modul Panduan Eksperimen IPA SD/MI. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 11.
Gunawan, H. (2015). Rahasia Mendapatkan Nilai 100. Sinotif Publishing.
Hadi, S., dan Novaliyosi, N. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematic And Science Study). In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.
Hendrawan, G., dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbasis Mind Mapping terhadap Motivasi Belajar IPS di SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 6.
Hutauruk, P., dan Rinci, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Alat Peraga pda Mata Pelajaran IPA kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. SEJ (School Education Journal), 8.
Indrawan, dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy berbantuan Lingkungan Hidup terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 59–67.
Malawi, I., dan J. (2013). Pengaruh Pembelajaran Cooperatif Learning Type Make A-Match Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 01 Manisrejo Kota Madiun. Journal of Chemical Information and Modeling.
Maratusholihah, H., Priyanto, W., dan Damayani, A. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. MIMBAR PGSD Undiksha, 7.
Meier, D. (2004). The Accelerated Learning Handbook. PT Mizan Pustaka.
Nengsih, W. (2016). Penerapan Metode Diskusi dengan Media Mind Mapping dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar. Jurnal Curricula, 2.
Nureva & Citra. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Mind Mapping dan Picture Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar P-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915, 4(2), 157–170.
Nurveva & Citra. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Mind Mapping dan Picture Mapping terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar P-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915, 4, 157–170.
Permana, Rakhmad, & H. (2019). Survei Kualitas Pendidikan PISA 2018: RI Sepuluh Besar dari Bawah. Https://News.Detik.Com/Berita/d-4808456/Survei-Kualitas-Pendidikan-Pisa-2018-Ri-Sepuluh-Besar-Dari-Bawah.
Pratiwi, I. (2019). Efek Program PISA Terhadap Kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan), 4, 51–71.
Ramadhani, A. (2017). Jurnal Pengaruh Model Pembelajaran Savi Dan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Sifat-Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas V Sdn Ngadirejo Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016 / 2017 the Effect of Savi Learning Model and Concrete Object Media Toward Le. Simki-Pedagogia, 01(08).
Sudana, dkk. (2016). Pendidikan IPA SD. Undiksha Press.
Sukardi. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Sulaksana, Y. T., dkk. (2018). Pengaru Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualiztion Intellectualy) Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1.
Suminar, D. A. R. (2018). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran IPA Materi Gaya Magnet Kelas V SD Negeri Kepuh. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. PT Fajar Interpratama Mandiri.
Sutarna, N. (2018). Pendidikan dasar. Profesi Pendidikan Dasar E-ISSN 2503-3530 p-ISSN 2406-8012, 5(2), 109–118. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.5877 PENGARUH
Suwadi, S. (2011). Model-model Assesmen Dalam Pembelajaran. Yuma Pustaka.
Widyanto, P. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Flanelgraf Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA (Studi Kelas IV SDN Jetak 01, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(1), 118–129.
Yudiari, M. M., Parmiti, D. P., & Sudana, D. N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).
Zuhdiana, A. A., dan Lilik, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Media Kartu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Proceeding Biology Education Conference, 14.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)