Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Power Point dengan Fungsi Hyperlink

Penulis

  • Putu Desta Pramesti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dibia Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Rahayu Ujianti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36524

Kata Kunci:

Power Point, Hyperlink, IPA

Abstrak

Pembelajaran daring yang monoton membuat siswa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan suatu media yang cocok untuk menindaklanjuti hal tersebut salah satunya adalah media pembelajaran daring interaktif berbasis power point dengan fungsi hyperlink. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran daring interaktif berbasis Power Point dengan fungsi Hyperlink pada mata pelajaran IPA materi Rotasi Revolusi Bumi dan Bulan. Penelitian ini dilaksanakan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, 1 orang ahli praktisi, dan 3 orang siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah validitas dari media pembelajaran yang telah dikembangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode kuisioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mengetahui validitas produk yang dikembangkan. Adapun hasil analisis data tersebut yaitu: hasil uji validasi ahli isi materi pembelajaran memperoleh persentase 94% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji validasi ahli desain media pembelajaran memperoleh persentase 90% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian respon pendidik memperoleh persentase 90% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil penilaian uji coba perorangan memperoleh persentase 94,7%, 93,3%, dan 96% dengan rata-rata persentase 94,7% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hal itu, maka media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.

Biografi Penulis

Putu Desta Pramesti, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Ketut Dibia, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Putu Rahayu Ujianti, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Referensi

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Ana, N. Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851

Antari, N. L. G. S., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(2), 116–123. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18512

Astawa, P. A., & Tegeh, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 98–106. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17663

Astiti, N. K. A., Suarjana, I. M., & Arini, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran VCT Berbantuan Power Point Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10913

Chauhan, S. (2017). A meta-analysis of the impact of technology on learning effectiveness of elementary students. Computers & Education, 105, 14–30. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.11.005

Damitri, D. E. (2020). Keunggulan Media Powerpoint Berbasis Audio Visual Sebagai Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Teknik Bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/36296

Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap Minat dan hasil belajar ipa siswa kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 94–104. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5207

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Warta Dharmawangsa, 56. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/wdw.v0i56.4

Hastuti, H. W., Baedowi, S., & Mushafanah, Q. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Panelpa (Papan Flanel IPA) Terhadap Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 3(2), 108–115. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18513

Hong, J.-C., Lee, Y.-F., & Ye, J.-H. (2021). Procrastination predicts online self-regulated learning and online learning ineffectiveness during the coronavirus lockdown. Personality and Individual Differences, 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.paid.2021.110673

Huang, S.-Y., Kuo, Y.-H., & Chen, H.-C. (2020). Applying Digital Escape Rooms Infused with Science Teaching in Elementary School: Learning Performance, Learning Motivation, and Problem-Solving Ability. Journal Pre-Proof, 1–46. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100681

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. LP2M, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/

Jogezai, N. A., Baloch, F. A., Jaffar, M., Shah, T., Khilji, G. K., & Bashir, S. (2021). Teachers’ attitudes towards social media (SM) use in online learning amid the COVID-19 pandemic: the effects of SM use by teachers and religious scholars during physical distancing. Heliyon, 7, 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06781

Lestari, N. P. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(4), 318–325. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331

Misbah, D., Surya, M., & Maskur, M. (2017). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran yang Berbasis Power Point Model Pop Up untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kosakata Mata Pelajaran Bahasa Arab. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31980/tp.v2i2.144

Muna, I. A. (2017). Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses IPA. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 5(1), 73–91.

Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Suryatama, R. Y., & Brahim. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an Dalam Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 139–148. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.140

Nurhidayati, N., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). No TitlePembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal Karinov, 2(3), 181–184. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um045v2i3p181-184

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2). http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181

Permanda, S., Alpusari, M., & Noviana, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas IVC SD Negeri 147 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 1–13. https://www.neliti.com/publications/189909/pengembangan-media-pembelajaran-berbasis-powerpoint-pada-mata-pelajaran-ipa-kela

Prayitno, S. H., & Faizah, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Materi FPB dan KPK bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 317–327. https://core.ac.uk/download/pdf/270259827.pdf

Pribadi, B. A. (2016). Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi implementasi model ADDIE. Kencana.

Purwanto, W., RWW, E. T. D., & Hariyono, H. (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1700–1705. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i9.6721

Putri, F. A. B., & Rezkita, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint Interaktif Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gondolayu. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(3), 684–693. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30738/trihayu.v5i3.6122

Ria Puspita Sari, N., Tusyantari, B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732

Saefulmilah, R. M. I., & Saway, M. H. M. (2020). Hambatan-Hambatan Pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di SMA Riyadhul Jannah Jalancagak Subang. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 393–404. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Setiawan, B., Pramulia, P., Kusmaharti, D., Juniarso, T., & Wardani, I. S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 46–57. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/manggali.v1i1.1547

Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.31

Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 316–326. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445

Susanti, E., Ritonga, M., & Bambang, B. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 4(1), 179–192. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/jba.v4i1.1406

Tang, Y. M., Chen, P. C., Law, K. M. Y., Wu, C. H., Lau, U., Guan, J., He, D., & Ho, G. T. S. (2021). Comparative analysis of Student’s live online learning readiness during the coronavirus (COVID-19) pandemic in the higher education sector. Computers & Education, 168, 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104211

Tuma, F. (2021). The use of educational technology for interactive teaching in lectures. Annals of Medicine and Surgery 62, 231–235. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.amsu.2021.01.051

Wardani, R. F. A. K., Rifai, M., & Mandalawati, T. K. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Clis Berbantuan Media Slide Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(2), 104 – 114. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1596

Wijayanti, W., & Relmasira, S. C. (2019). Pengembangan Media PowerPoint IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 77–83. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17381

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592

Diterbitkan

2021-08-07

Cara Mengutip

Pramesti, P. D., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Power Point dengan Fungsi Hyperlink. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 258–267. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36524

Terbitan

Bagian

Articles