Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Power Point dengan Fungsi Hyperlink
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36524Kata Kunci:
Power Point, Hyperlink, IPAAbstrak
Pembelajaran daring yang monoton membuat siswa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan suatu media yang cocok untuk menindaklanjuti hal tersebut salah satunya adalah media pembelajaran daring interaktif berbasis power point dengan fungsi hyperlink. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran daring interaktif berbasis Power Point dengan fungsi Hyperlink pada mata pelajaran IPA materi Rotasi Revolusi Bumi dan Bulan. Penelitian ini dilaksanakan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, 1 orang ahli praktisi, dan 3 orang siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah validitas dari media pembelajaran yang telah dikembangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode kuisioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mengetahui validitas produk yang dikembangkan. Adapun hasil analisis data tersebut yaitu: hasil uji validasi ahli isi materi pembelajaran memperoleh persentase 94% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji validasi ahli desain media pembelajaran memperoleh persentase 90% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian respon pendidik memperoleh persentase 90% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil penilaian uji coba perorangan memperoleh persentase 94,7%, 93,3%, dan 96% dengan rata-rata persentase 94,7% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hal itu, maka media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.
Referensi
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Ana, N. Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851
Antari, N. L. G. S., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(2), 116–123. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18512
Astawa, P. A., & Tegeh, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 98–106. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17663
Astiti, N. K. A., Suarjana, I. M., & Arini, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran VCT Berbantuan Power Point Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10913
Chauhan, S. (2017). A meta-analysis of the impact of technology on learning effectiveness of elementary students. Computers & Education, 105, 14–30. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.11.005
Damitri, D. E. (2020). Keunggulan Media Powerpoint Berbasis Audio Visual Sebagai Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Teknik Bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/36296
Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap Minat dan hasil belajar ipa siswa kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 94–104. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5207
Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Warta Dharmawangsa, 56. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/wdw.v0i56.4
Hastuti, H. W., Baedowi, S., & Mushafanah, Q. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Panelpa (Papan Flanel IPA) Terhadap Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 3(2), 108–115. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18513
Hong, J.-C., Lee, Y.-F., & Ye, J.-H. (2021). Procrastination predicts online self-regulated learning and online learning ineffectiveness during the coronavirus lockdown. Personality and Individual Differences, 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.paid.2021.110673
Huang, S.-Y., Kuo, Y.-H., & Chen, H.-C. (2020). Applying Digital Escape Rooms Infused with Science Teaching in Elementary School: Learning Performance, Learning Motivation, and Problem-Solving Ability. Journal Pre-Proof, 1–46. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100681
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. LP2M, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/
Jogezai, N. A., Baloch, F. A., Jaffar, M., Shah, T., Khilji, G. K., & Bashir, S. (2021). Teachers’ attitudes towards social media (SM) use in online learning amid the COVID-19 pandemic: the effects of SM use by teachers and religious scholars during physical distancing. Heliyon, 7, 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06781
Lestari, N. P. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(4), 318–325. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331
Misbah, D., Surya, M., & Maskur, M. (2017). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran yang Berbasis Power Point Model Pop Up untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kosakata Mata Pelajaran Bahasa Arab. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31980/tp.v2i2.144
Muna, I. A. (2017). Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses IPA. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 5(1), 73–91.
Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Suryatama, R. Y., & Brahim. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an Dalam Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 139–148. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.140
Nurhidayati, N., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). No TitlePembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal Karinov, 2(3), 181–184. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um045v2i3p181-184
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2). http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181
Permanda, S., Alpusari, M., & Noviana, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas IVC SD Negeri 147 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 1–13. https://www.neliti.com/publications/189909/pengembangan-media-pembelajaran-berbasis-powerpoint-pada-mata-pelajaran-ipa-kela
Prayitno, S. H., & Faizah, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Materi FPB dan KPK bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 317–327. https://core.ac.uk/download/pdf/270259827.pdf
Pribadi, B. A. (2016). Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi implementasi model ADDIE. Kencana.
Purwanto, W., RWW, E. T. D., & Hariyono, H. (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1700–1705. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i9.6721
Putri, F. A. B., & Rezkita, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint Interaktif Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gondolayu. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(3), 684–693. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30738/trihayu.v5i3.6122
Ria Puspita Sari, N., Tusyantari, B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732
Saefulmilah, R. M. I., & Saway, M. H. M. (2020). Hambatan-Hambatan Pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di SMA Riyadhul Jannah Jalancagak Subang. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 393–404. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Setiawan, B., Pramulia, P., Kusmaharti, D., Juniarso, T., & Wardani, I. S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 46–57. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/manggali.v1i1.1547
Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.31
Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 316–326. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445
Susanti, E., Ritonga, M., & Bambang, B. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 4(1), 179–192. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/jba.v4i1.1406
Tang, Y. M., Chen, P. C., Law, K. M. Y., Wu, C. H., Lau, U., Guan, J., He, D., & Ho, G. T. S. (2021). Comparative analysis of Student’s live online learning readiness during the coronavirus (COVID-19) pandemic in the higher education sector. Computers & Education, 168, 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104211
Tuma, F. (2021). The use of educational technology for interactive teaching in lectures. Annals of Medicine and Surgery 62, 231–235. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.amsu.2021.01.051
Wardani, R. F. A. K., Rifai, M., & Mandalawati, T. K. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Clis Berbantuan Media Slide Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(2), 104 – 114. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1596
Wijayanti, W., & Relmasira, S. C. (2019). Pengembangan Media PowerPoint IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 77–83. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17381
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)