Sistem Layanan Informasi PISA (Programme For International Student Assessment) Berbasis Website untuk Guru IPA SMP dan SMA

Penulis

  • Hartono Hartono Universitas Sriwijaya
  • Ayu Fadhilah Universitas Sriwijaya
  • Adeng Slamet Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.36810

Kata Kunci:

PISA, Penelitian, Pengembangan, Informasi, Website

Abstrak

PISA merupakan program internasional yang diselenggarakan oleh OECD untuk membandingkan kemampuan peserta didik yang berada pada rentang usia 15 tahun. Hanya saja pada tidak semua guru mengetahui serta memahami apa itu PISA. Peningkatan pemahaman guru mengenai PISA dapat dilakukan dengan mengembangkan PISA berbasis website dengan tujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan efektivitas penggunaan Website. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan, yang dikembangkan dengan menggunakan model Alisse dan Trollip yang tersusun dalam 3 tahap antara lain perencanaan, desain dan pengembangan. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh guru mata pelajaran IPA SMP dan SMA. Penentuan sekolah dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive sampling yaitu dipilih  berdasarkan kriteria tertentu, yaitu berdasarkan letak dan akreditasi sekolah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan kuesioner. Kuesioner yang diisi oleh para ahli bertujuan untuk mengetahui kevalidan sistem layanan informasi berbasis Website sedangkan kuesioner yang diisi oleh responden bertujuan untuk mengetahui keefektivan sistem layanan informasi PISA. Instrumen validasi ahli, dan Instrumen efektifitas pada penelitian ini menggunakan Skala Likert yang memiliki 5 pilihan jawaban. Website divalidasi oleh 1 validator ahli desain, 1 validator ahli materi dan 1 validator ahli bahasa. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Uji terhadap validitas oleh ahli desain 90,91% dan materi 87.5%, berkualifikasi dan hampir sempurna dengan dilakukan perbaikan ringan, selanjutnya pada uji terhadap efektivitas menunjukan persentase 87,49 dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian, sistem layanan informasi PISA berbasis Website dinyatakan layak untuk diproduksi dan diterapkan.

Referensi

Ahsyar, T. K., & Afani, D. (2019). Evaluasi Usability Website Berita Online Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 5(1), 34. https://doi.org/10.24014/rmsi.v5i1.7373.

Ajisuksmo, C. R. P., Iustitiani, N. S. D., & Pramono, H. (2019). Pelatihan Kerajinan Decoupage Sebagai Cara untuk Menumbuhkan Budaya Literasi Kaum Perempuan. Abdimas Dewantara, 2(2), 158. https://doi.org/10.30738/ad.v2i2.4362.

Amrina, E., Kamil, I., Triha, H., & Yulianto, A. A. (2019). Sistem Informasi Pemasaran Biduk Wisata Pulau Berbasis Web Mobile (Studi Kasus di Sungai Pisang, Padang, Sumatera Barat). Jurnal Optimasi Sistem Industri, 18(2), 142. https://doi.org/10.25077/josi.v18.n2.p142-152.2019.

Andriani, N., Saparini, S., & Akhsan, H. (2018). Kemampuan Literasi Sains Fisika Siswa SMP Kelas VII Di Sumatera Selatan Menggunakan Kerangka PISA (Program for International Student Assesment). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 278. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5288.

Anugraha, N., Angriawan, R., & Mashud, M. (2020). Sistem Informasi Geografis Layanan Publik Lingkup Kota Makassar Berbasis Web. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 4(1), 35. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v4i1.6073.

Arif, A., & Mukti, Y. (2017). Rancang Bangun Website Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 8 Kota Pagar Alam. Jurnal Ilmiah Betrik, 8(03), 156–165. https://doi.org/10.36050/betrik.v8i03.76.

Bidasari, F. (2017). Pengembangan Soal Matematika Model PISA pada Konten Quantity untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 63–77. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.59.

Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Sugihartini, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Matakuliah Kurikulum dan Pengajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 5(3), 149. https://doi.org/10.23887/janapati.v5i3.9922.

Faizal, M., Abdillah, M. F., Sari I.M.S, D. A., Setiadi, W., Octavia, D., Suhendari, W., & Soewardikoen, D. W. (2018). Penggunaan Website Portal Berita Sebagai Media Informasi Untuk Mahasiswa. Jurnal Bahasa Rupa, 2(1), 34–42. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v2i1.217.

Fakhruddin, D., Sachari, A., & Haswanto, N. (2019). Pengembangan Desain Informasi dan Pembelajaran Aksara Jawa melalui Media Website. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 5(01), 1–23. https://doi.org/10.33633/andharupa.v5i01.1990.

Febriyanto, E., Rahardja, U., & Alnabawi, N. (2019). Penerapan Midtrans sebagai Sistem Verifikasi Pembayaran pada Website iPanda. Jurnal Informatika Upgris, 4(2). https://doi.org/10.26877/jiu.v4i2.2923.

Haryanto, Wulandari, S., Jelita, A., & Riyani, N. (2020). Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pasien Rawat Jalan Berbasis Web Pada Klinik Citra Aulia. Universitas Raharja, 10(1), 2. http://jurnal.stmik.banisaleh.ac.id/index.php/JIST/article/view/113.

Hawa, A. M., & Putra, L. V. (2018). PISA Untuk Siswa Indonesia. JANACITTA, 1(1). https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i1.13.

Hewi, L., & Saleh, M. (2020). Penguatan Peran Lembaga Paud Untuk The Programme For International Student Assesment (Pisa). Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 6(2). https://doi.org/10.22460/ts.v6i2p63-70.2081.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(1). https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2018.

Huryah, F., Sumarmin, R., & Effendi, J. (2017). Analisis Capaian Literasi Sains Biologi Siswa SMA Kelas X Sekota Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(2), 72. https://doi.org/10.24036/jep.v1i2.70.

Irawan, B., & Saputro, A. (2021). Penerapan Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi Melalui Web Domain Di Kota Surakarta. The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 6(2), 59–67. https://doi.org/10.52447/ijpa.v6i2.4386.

Izzah, N. (2020). Pelatihan Membuat Dan Mengelola Website Sekolah. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(2), 247–256. https://doi.org/10.46306/jabb.v1i2.40

Krisnayani, P., Arthana, I. K. R., Mahendra, I. G., & Darmawiguna. (2016). Analisa Usability Pada Website Undiksha Dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. Karmapati: Kurmpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 5(2). https://doi.org/10.23887/karmapati.v5i2.8306.

Kriyantono, R. (2020). Efektivitas website perguruan tinggi negeri sebagai penyedia informasi bagi mahasiswa. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 4(1), 117. https://doi.org/10.25139/jsk.v4i1.1799.

Maharani, D., Helmiah, F., & Rahmadani, N. (2021). Penyuluhan Manfaat Menggunakan Internet dan Website Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(1). https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v1i1.130.

Mangelep, N. O. (2018). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431–440. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.331.

Mansur, M., & Kasmawi, K. (2017). Pengembangan Sistem Database Terpadu Berbasis Web Untuk Penyediaan Layanan Informasi Website Desa. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v3i1.2017.73-82.

Nasution, R. S., Fauzi, K. M. A., & Syahputra, E. (2020). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Space And Shape Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i1.22942.

Negari, N., & Eryando, T. (2021). Analisis Penerimaan Sistem Informasi Pencatatan dan Pelaporan Kasus COVID-19 (Aplikasi Silacak Versi 1.2.5) Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) di UPT Puskesmas Cipadung Kota Bandung. Jurnal Bikfokes, 1(3). https://doi.org/10.51181/bikfokes.v1i3.5297.

Purnomo, B. W., & Sari, A. F. (2021). Literasi Matematika Siswa IPS dalam Menyelesaikan Soal PISA Konteks Saintifik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 357–368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.990.

Putra, D. Y. S., & Abidin, Z. (2020). Pengembangan media website e-learning berbasis model responsive web design untuk siswa SMA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 292–302. https://doi.org/10.17977/um038v3i32020p292.

Rahayu, T., Mayasari, T., & Huriawati, F. (2019). Pengembangan Media Website Hybrid Learning berbasis Kemampuan Literasi Digital dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 130. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1567.

Reihani, M., Afgani, M. W., Paradesa, R., & Putri, A. D. (2020). Validitas Pengembangan Soal Matematika Level 4 Model PISA Menggunakan Konteks Covid-19. Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology, 3(2). https://doi.org/10.30631/jemst.v3i2.37.

Sadikin, A., Johari, A., & Suryani, L. (2020). Pengembangan multimedia interaktif biologi berbasis website dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01). https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.644.

Soekardjo, M., & Sugiyanta, L. (2018). Analisis Strategi Pembelajaran Matematika Kurkulum 2013 Dalam Rangka Meningkatkan Nilai Pisa Matematika. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 42–64. https://doi.org/10.21009/JKKP.051.05.

Solihudin, T. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis SMA. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 51. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13731.

Supriyanti, R., Murdyantoro, E., & Priswanto, P. (2020). Peningkatan Citra Batik Gumelem Melalui Sistem Informasi Berbasis Website Dan Perbaikan Sarana Prasarana. Jurnal Telematika, 10(2). https://doi.org/10.35671/telematika.v10i2.584.

Tabrani, M. (2018). Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Inventori PT. Pangan Sehat Sejahtera. Jurnal Inkofar, 1(2). https://doi.org/10.46846/jurnalinkofar.v1i2.12.

Ummah, M., Rusilowati, & Yulianti, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Materi Gelombang Cahaya. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(3). https://doi.org/10.15294/upej.v7i3.27676.

Widiartin, T., & Noerhartati, E. (2017). Membangun Website Sorgum Sebagai Sarana Promosi Pusat Penelitian Dan Pengembangan Sorgum Di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 477. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1318.

Widodo, P., & Vilandika, T. O. (2019). Perancangan Website E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Siswa Pada SMA N 3 Sragen. Indonesian Journal of Network and Security, 8(2). https://doi.org/10.2311/ijns.v8i2.1588.

Diterbitkan

2021-12-14

Cara Mengutip

Hartono, H., Fadhilah, A., & Slamet, A. (2021). Sistem Layanan Informasi PISA (Programme For International Student Assessment) Berbasis Website untuk Guru IPA SMP dan SMA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 476–484. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.36810

Terbitan

Bagian

Articles