THE CORRELATION BETWEEN FAMILY AND SCHOOL CONDITION TOWARD STUDENT ENGLISH ACHIEVEMENT AT CLASS VIII SMPN 02 SUNGAIPUA ACADEMIC YEAR 2019/2020

Verdana islami Alwi Syahrilla putri

Abstract


ABSTRACT
The research aims to know: (1) The relationship of family conditions to learning achievements; (2) The relationship of the school condition to learning achievement; and (3) the relationship of family conditions and the school conditions jointly to the learning achievement of class VIII SMPN 02 Sungaipua academic year 2019/2020. The subject of this research is all students of grade VIII SMPN 02 Sungaipua, amounting to 24 students who were entirely taken as research respondents.
The results showed that condition of the family and school had positively influential in the study of English language studies. This indicates that when family and school conditions are increased, student learning achievements will also increase. Results of multiple regression analyses obtained the equation Y = 8,242 + 0. 051 X1 + 0. 365 X2. A partial test (T-Test) obtained T compute variable influence family's condition = 6.607 so that Ha X1 to Y was acceptable. Variable influence of school condition acquired t count = 3,019, so that Ha X2 against Y was acceptable. The effective donation of family conditions was 21,316%, the school's condition was 39,678%.

 

ABSTRAK

VERDANA ISLAMI ASP 2314139 HUBUNGAN ANTARA KONDISI KELUARGA DAN KONDISI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 02 SUNGAIPUA TAHUN AJARAN 2019/200

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kondisi keluarga terhadap prestasi belajar; (2) hubungan kondisi sekolah terhadap prestasi belajar; dan (3) hubungan kondisi keluarga dan kondisi sekolah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 02 Sungaipua tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMPN 02 Sungaipua tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 24 siswa yang seluruhnya diambil sebagai responden penelitian. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup. Uji validitas instrumen dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji prasyarat analisis, dan uji statistik dengan menggunakan analisis regresi ganda dan analysis korelasi berganda dengan bantuan program computer SPSS 16.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kondisi keluarga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar bidang studi bahasa inggris. hal ini menunjukkan bahwa Apabila kondisi keluarga meningkat, maka prestasi belajar siswa juga akan meningkat dengan koefisien regresi sebesar 0.051 kondisi sekolah juga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar bidang studi bahasa inggris. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kondisi ubahan yang searah. Apabila lingkungan sekolah meningkat, maka prestasi belajar siswa juga akan meningkat dengan koefisien regresi sebesar 0.365. Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 8.242 + 0. 051 X1 +0. 365 X2 . Uji parsial (Uji t) diperoleh t hitung variabel pengaruh kondisi keluarga = 6.607sehingga Ha X1 terhadap Y diterima. Variabel pengaruh kondisi sekolah diperoleh t hitung = 3.019, sehingga Ha X2 terhadap Y diterima.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif kondisi keluarga terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi 0.159; (2) Terdapat pengaruh positif kondisi sekolah terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi 0.159; (3) Terdapat pengaruh positif kondisi keluarga dan kondisi sekolah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 02 Sungaipua tahun ajaran 2019/2020 yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi 0.158. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0.053. Sumbangan efektif kondisi keluarga sebesar 21.316%, kondisi sekolah sebesar 39.678%.


Keywords


Learning Achievement, Family Condition, School Condition



DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpbi.v9i2.35603

Article Metrics

Abstract view : 323 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha (JPBI) indexed by:

 Crossref  Akreditasi SINTA




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.