The Influence of Hello Book Media on Early Childhood Language Skills
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33
Aulina, C. N. (2012). Pengaruh Permainan dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 131–143. http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/36
Dhieni, N., & Muis, A. (2012). Tingkat Pemahaman Guru Taman Kanak-kanak (TK) Tentang Kemampuan Berbahasa Anak Usia 4-6 Tahun. VISI: Jurnal Ilmiah Penidik Dan Tenaga Kependidikan Non Formal, 7(2), 98–105. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/3664
Gustina, F., & Khadijah. (2020). Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di TK Islam Ibnu Qoyyim Medan Selayang. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 35–49. http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v6i1.5620
Handayani, O. D. (2018). Pembelajaran Matematika Permulaan Melalui Kewirausahaan pada Aktivitas Bercocok Tanam pada Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 71–84. https://core.ac.uk/download/pdf/234023222.pdf
Hewi, L. (2020). Penggunaan Permainan Dadu Literasi Untuk Perkembangan Sosial Emosional Di Tk Al-Aqsho Konawe Selatan. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 50. https://doi.org/10.24235/awlady.v6i1.5575
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Terjemahan Shinto B. Adelar dan Sherly Saragih). Erlangga.
Juniarti, Y.-A. J. P. (2019). Pengembangan Media Ludo Geometri (DORI) pada Fisik Motorik Anak Usia Dini. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 169–182. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-04
Lenhart, J., Lenhard, W., Vaahtoranta, E., & Suggate, S. (2018). Incidental vocabulary acquisition from listening to stories: a comparison between read-aloud and free storytelling approaches. Educational Psychology, 38(5), 596–616. https://doi.org/10.1080/01443410.2017.1363377
Manurung, A. K. R. (2019). Optimization of Speaking Ability in Early Childhood. ACRJ: Early Childhood Research Journal, 2(2), 58–63. https://doi.org/10.23917/ecrj.v2i2.7465
Maulita, T., Dewi, A. C., & Karmila, M. (2018). Maulita, Tria, Anita Chandra dan Mila Karmila. 2018. Pengaruh Metode Bermain Peran Mikro terhadap Kemampuan Berbicara Anak di TK-KB-TPA Daqu School Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Paudia. 7 (1), hal. 65 – 771. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 65–77. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v7i1.2476
Mol, S. E., Bus, A. G., & de Jong, M. T. (2009). Interactive book reading in early education: A tool to stimulate print knowledge as well as oral language. SAGE Journals: Review of Educational Research, 79(2), 979–1007. https://doi.org/10.3102/0034654309332561
Nurhayati, E. (2018). Memahami Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Perspektif Psikologi Perkembangan. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 1–14. http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v1i2.738
Obiweluozo, E. P., & Melefa, O. M. (2014). Strategies for Enhancing Language Development as a Necessary Foundation for Early Childhood Education. International Journal of Education and Practice, 5(5), 147–155. https://core.ac.uk/download/pdf/234635385.pdf
Permanik, I. (2017). Peningkatan kemampuan menyimak dan berbicara anak usia dini melalui model doalogic reading. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(5), 75–84. http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/112
Rahmawati, D. A., Prasetyo, A., & Pusari, R. W. (2019). Pengaruh Kegiatan Bermain Peran Makro Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Padaanak Kelompok a Di Kb-Tk Islam Daarus Salaam Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 118–127. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i1.4046
Ramadhani, C. I., Purwadi., & Pusari, R. W. (2018). Pengaruh Bermain Bongkar Pasang (Orang-orangan Kertas) Terhadap Kemampuan Bicara Anak Kelompok A TK Pertiwi Wanacala Brebes Tahun Ajaran 2017/2018. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 105–115. https://doi.org/10.26877/paudia.v7i1.2477
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275
Reed, H. C., Hurks, P. P. M., Kirschner, P. A., & Jolles, J. (2015). Preschoolers causal reasoning during shared picture book storytelling: A cross-case comparison descriptive study. Journal of Research in Childhood Education, 29(3), 367–389. https://doi.org/10.1080/02568543.2015.1042126
Safitri, D., Afifulloh, M., & Anggraheni, I. (2019). Penggunaan Media Busy Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B1 Di RA Panglima Sudirman Sembersekar Dau Malang. Dewantara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 47–56. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jd/article/view/3215
Santrock, J. W. (2002). Life-Span Development. Perkembangan Masa Hidup. Edisi Kelima. Erlangga.
Suciati. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 359–374. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/viewFile/3480/2437
Sugiyono. (2012). Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Sulistiowati, H., Sumantri, M. S., & Edwita. (2018). The Development of a Quite Book Media for Elementary School Student Speaking Skill. IJASRE: International Journal of Advance Is Scientific Research and Engineering, 4(8), 112–116. https://doi.org/https://doi.org/10.31695/IJASRE.2018.32814
Sumaryati, E., Pudjiastuti, E., & Hakim, A. (2017). Peningkatan Kemampuan bebicara Anak Usia Dini Melalui Media Pemebelajaran Clemek Berkarakter (Penelitian Tindakan Kelas Kelompok A Usia 4-5 Tahun Di TK Taman Gembira Kecamatan Regol Kota Bandung. Prosiding : Pendidikan Guru PAUD, 3(2), 8–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8604
Suwartiningsih, Purwadi, & Pusari, R. W. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita dengan Media Boneka Tangan pada Kelompok B di RA Al Muta’allimin Meteseh Tahun Ajaran 2017/2018. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 50–60. https://doi.org/10.26877/paudia.v7i2.3268
Ulfah, M., Nurhayati, E., & Abyati, H. (2019). Pengembangan Media Box of Number Berbasis Tematik untuk Pembelajaran Matematika Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 151–168. http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/3517
Wati, H. R., & Yulsyofriend. (2019). Stimulasi Kemampuan Berbicara Anak di PAUD Solok Selatan Sejahtera. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 51–60. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/2555
Zaman, B. (2014). Media dan Sumber Belajar TK. Modul Universitas Terbuka. Universitas Terbuka.
DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.28485
Article Metrics
Abstract view : 151 timesPDF file view : 29 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia)
Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI) is published by:
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: jpi_journal@undiksha.ac.id
Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI) is indexed by:

Jurnal Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.