MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING COMPOSITION BERPOLA LESSON STUDY MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS

Ni Ketut Desia Tristiantari, I Made Sumantri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas IV SD N 3 Kampung Anyar dengan menerapkan model pembelajaran CIRC dengan pola Lesson Study. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara bertahap dan  multisiklus untuk mendapatkan hasil terbaik. Setiap siklus terdiri atas refleksi awal, dilan­jutkan dengan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 3 Kampung Anyar pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 selama kurang lebih delapan bulan dari bulan April hingga bulan November 2016. Pada penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD N 3 Kampung Anyar sebanyak 14 orang. Data keterampilan membaca dan menulis siswa diperoleh dengan menggunakan tes keterampilan berbahasa. Adapun hasil dari penelitian ini adalah ((1) rata-rata keterampilan membaca siswa yang pada siklus I sebesar 67, pada siklus II peningkat mencapai 76, (2) rata-rata keterampilan menulis siswa yang pada siklus I sebesar 69, pada siklus II peningkat mencapai 79, (3) pada siklus 1 skor keterampilan membaca siswa dengan kategori “baik” dan “sangat baik” hanya mencapai 57,1 %, pada siklus II meningkat menjadi 92,9%, (4) pada siklus I, keterampilan menulis siswa dengan kategori “baik” dan “sangat baik” hanya 64,3 %, pada siklus II meningkat secara signifikan mencapai 92,9%. Berdasarkan temuan-temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran CIRC dengan pola Lesson Study  mampu meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas IV SD N 3 Kampung Anyar Tahun Pelajaran 2016/2017

Keywords


cooperatif integrated reading comporation; lesson study; keterampilan membaca; keteranpilan menulis

Full Text:

PDF

References


Akhadiah M.K., Sabarti, Maidar G. Arsjad, dan Sakura H. Ridwan. 1991. Bahasa Indonesia.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Auzar. (2012). Keberkesanan penggunaan perisian asas membaca. GEMA Online Journal of Language Studies, 12(2), 629–644.

Cerbin, W. & Kopp, B. 2006. Lesson Study as a Model for Building Pedagogical Knowledge and Improving Teaching.

Crawley, S.J. & Mountain, L. 1995.Strategies for Guiding Content Reading. Boston: Allyn and Bacon.

Darmiyati Zuchdi dan Budiasih (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS

Depdiknas, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.

Farida Rahim. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar .Jakarta: Bumi Aksara.

Henry Guntur Tarigan. (2008). Membaca: sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. 18(3): 250-257.

Megalia, Suci Prima Ayu. 2013. Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model CIRC untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa. Tesis. Bandung: Universitan Pendidikan Indonesia.

Nambiar, R. 2005. Language learning and language use strategies for academic letracy: Towards a theoretical and pedagogical model of language learning. Tesis Ph.D. Universiti Kebangsaan Malaysia, Bangi.

Nur, Mohamad. 2008.Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Unesa

Pearson, P. D., and R. J. Tierney. 1984. “On becoming a thoughtful reader: Learning to read like a writer.” In Purves and Niles 1984.

Roselan Baki. (2003). Pengajaran dan pembelajaran penulisan bahasa Melayu. Shah Alam: Karisma Publications Sdn. Bhd.

Samsu Somadayo. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Slavin, Robert E. 2008. Cooprative Learning, Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suhor, C. 1984. Report on trends and issues in English: A summary of report from the NCTE Commisions. 10pp. ED 239 290.

Tarigan, Henry Guntur. 1990. Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progesif. Jakarta: Kencana.

Wilson, R.M. & Gambrell, L.B. 1998.Reading comprehension in the elementary school: A teacher’s pratical guide. Newton, MA: Allyn and Bacon.

Yahya Othman. (2005). Trend dalam pengajaran Bahasa Melayu. Bentong: PTS Publications & Distributors Sdn. Bhd.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8493

Article Metrics

Abstract view : 11795 times
PDF file view : 10206 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Indonesia


Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: jpi_journal@undiksha.ac.id


Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI) is indexed by:

Akreditasi SINTA 2   Crossref JPI  Index Copernicus JPI JPI Undiksha OneSearch   Microsoft Academic JPI  JPI indexing by Asean Citaion Index 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.