PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM DIKLAT LESSON STUDY

Putu Oktap Indrawan

Abstract


The aims of this study were: (1) to describe the quality of the workshop of lesson study on science teachers at SMKN 2 Seririt; and (2) to analyze the differences of the student’s learning achievement in science subject before and after workshop of lesson study at SMKN 2 Seririt. This study was a pre-experimental study using one group pretest-postest design. The population of this study were focused on eleventh grade students of SMKN 2 Seririt in the academic year 2013/2014. The samples of the class for this study was determined by random sampling technique. The data were analyzed by descriptive statistics and hipotesis analyzed by paired sample t-test  for the data of student’s achievement in science subject. The result showed that: (1) the workshop of lesson study on science teachers at SMKN 2 Seririt fell into very good qualification ( 91,781); and (2) there were significant differences of the student’s learning achievement in science subject before and after workshop of lesson study (t=123,8493; p<0,05).


Keywords


workshop of lesson study; and learningachievement

Full Text:

PDF

References


Agusyana, Y. 2011. Olah Data Skripsi dan Penelitian dengan SPSS 19. Jakarta: PT. Gramedia

Anggara, R. dan Umi Chotimah. 2012. “Penerapan Lesson Study Musyawarah Guru Mata Pelajaran(MGMP) Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pkn Smp Se-Kabupaten Ogan Ilir” (halaman 188-197). Jurnal Forum Sosial, Vol. V, No. 02, September 2012. FKIP Universitas Sriwijaya.

Astuti, R. 2012. Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Eksperimen Terbimbing Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa. (Tesis). Surakarta: Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret.

Burghes, D. Dkk. 2009.Lesson study: enhancing Mathematics teaching and Learning. Abudabi: University of Plymouth

Bustami. 2009. Pengaruh Pengembangan Profesionalisme Guru SMP Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di Kabupaten Aceh Timur. Tesis. Medan: Sekolah Pascasarjana UniversitasSumatraUtara.

Candiasa, I M. 2010.Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan UNDIKSHA

Hendayana, S. dkk. 2006. Lesson Study Suatu Strategi Untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidikan (Pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung: UPI Press

Istamar, S. dan Ibrohim. 2008. Lesson study (Studi Pembelajaran): Model Pembinaan Pendididik dipetik dari Pengalaman Implementasi Lesson study dalam Program SISTTEMS JICA di Kabupaten Pasuruan. Malang: FMIPA UM

Kemendikbud. 2012a. Pedoman Uji Kompetensi Guru. Jakarta: Kemendikbud BPSDMPK-PMP

Kemendikbud. 2012b. Grafik Hasil Uji Kompetensi Guru. http://ukg.kemdikbud.go.id/info. Diunduh 2 Januari 2015

Lewis, C. dkk. 2006. How Should Research Contribute to Instructional Improvement?: The Case of Lesson study.Educational Researcher, 35(3):3-14.

Masitoh, U. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Dd/Ct Dengan Media Power Point Pada Materi Bumi Dan Benda Langit Siswakelas X Program Keahlian Tata Busana 2 Smk N 4 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi (tidak diterbitkan) Surakarta: Universitas Muhamadyah Surakarta

Renes, I W. 2009. Identifikasi Faktor-Faktor Kendala Ketidaklulusan Sertifikasi Guru Smk di Kabupaten Gianyar Tahun 2007. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Singaraja

Sadia. I Wayan. (2008). Lesson Study. (Siiatii Strategi Peningkatan Profesioalisme Guru). Jurnal

Pendidikan dan PengajaranUNDIKSHA. Edisi Kliusus TH.XXXXI. Mei. 2008

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, cv.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, cv.

Sukanadi, Ni Wayan. 2010. Lesson studySebagai Strategi UntukMeningkatkan Kompetensi

Pedagogic Guru IPA danDampaknya Terhadap Hasil BelajarSiswa Di SMA Negeri 1 Mengwi. Universitaspendidikan ganesha. Program Pasca Sarjana.

Sulasmi, E.S., dan Rahayu, S. (2006). Hasil Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Piloting dan Lesson study dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Kota Malang. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA, Yoyakarta. 1 Agustus.

Sumarna. 2006. Implementasi Lessonstudy Sekolah untuk MeningkatkanKemampuan Guru BiologiMelakukan Pembelajaran Inovatif.

Susilo, H. 2013. Lesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan Kompetensi Pendidik. (Makalah) disajikan dalam Seminar dan Lokakarya PLEASE 2013 di Sekolah Tinggi Theologi Aletheia Jalan Argopuro 28-34 Lawang, tanggal 9 Juli 2013

Susilo, H. dkk. 2011. Lesson Study Sekolah Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif. Jatim: Bayu Pubshing

Sutriani. 2010. Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Implementasi Lesson Study. Skripsi (tidak diterbitkan), Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Semarang.

Yeni Febrina, 2012. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa 1 Tambang Kabupaten Kampar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.8847

Article Metrics

Abstract view : 1380 times
PDF file view : 1060 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Indonesia


Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: jpi_journal@undiksha.ac.id


Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI) is indexed by:

Akreditasi SINTA 2   Crossref JPI  Index Copernicus JPI JPI Undiksha OneSearch   Microsoft Academic JPI  JPI indexing by Asean Citaion Index 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.