PENGARUH PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH BERBASIS REPRESENTASI MULTIPEL PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA TERHADAP EFIKASI DIRI SISWA

Authors

  • Maria Tensiana Tima Fakultas Pertanian Universitas Flores
  • Hari Sutrisno FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpk.v4i2.21896

Keywords:

Efikasi Diri, Pemecahan Masalah, Kimia

Abstract

Tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari kimia selain dipengaruhi oleh kemampuan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah, ada faktor lain yang dapat mempengaruhi yaitu faktor psikologis siswa seperti afiksasi diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji afiksasi diri siswa pada penerapan model pembelajaran pemecahan masalah berbasis representasi multipel dengan model pembelajaran pemecahan masalah pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan Posttest Only Design. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas siswa kelas XI MIPA pada salah satu SMA yang diambil menggunakan teknik Purposive sampling. Kelas eksperimen (26 siswa) diajarkan dengan model pembelajaran pemecahan masalah berbasis representasi multipel sedangkan kelas kontrol (24 siswa) diajarkan dengan model pembelajaran pemecahan masalah. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah instrumen angket. Data yang diperoleh, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik parametric. Berdasarkan hasil uji Independent t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan afiksasi diri siswa antara penerapan model pembelajaran pemecahan masalah berbasis representasi multipel dengan model pembelajaran pemecahan masalah.

ABSTRACT

The level of success of students in studying chemistry is not only influenced by the ability to master concepts and problem-solving abilities, there are other factors that can influence, namely students' psychological factors such as self-efficacy. The aims of this study were to examine students' self-efficacy in the application of multiple representation-based problem-solving learning models with problem-solving learning models on chemical equilibrium material. This research is a quasi-experimental study with Posttest Only Design. The sample in this study were two classes of students of class XI MIPA at a high school who were taken using purposive sampling technique. The experimental class (26 students) was taught with a problem-solving learning model based on multiple representations while the control class (24 students) was taught with a problem-solving learning model. The instrument used to obtain data in this study was a questionnaire instrument. The data obtained were then analyzed using parametric statistical tests. Based on the results of the Independent t-test, it was obtained a significance value of 0.002 < 0.05. So, it can be concluded that there are differences in student self-efficacy between the application of multiple representation-based problem-solving learning models with problem solving learning models.

References

Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. Mimbar PGSD, 7(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17560

Baanu, T. F., & Oyelekan, O. S. (2016). Self-Efficacy and Chemistry Students’ Academic Achievement in Senior Secondary Schools in North-Central, Nigeria. Malaysian Online Journal of Educational Sciences, 4(1), 43–52. https://eric.ed.gov/?id=EJ1095991

Bandura, A. (1999). Social Cognitive Theory of Personality: Theory and research. Handbook of Personality, 154–196. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90022-L

Budarsini, K. P., Suarsana, I. M., & Suparta, I. N. (2018). Model diskursus multi representasi dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sekolah menegah pertama. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 110–118. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.20047

Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 93. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2591

Hasbullah, H., Halim, A., & Yusrizal, Y. (2019). Penerapan Pendekatan Multi Representasi Terhadap Pemahaman Konsep Gerak Lurus. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 69–74. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.11621

Helsy, I., & Andriyani, L. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA BERORIENTASI MULTIPEL REPRESENTASI KIMIA. Jurnal Tadris Kimiya, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jta.v2i1.1365

Hermawan, M. D. (2018). Pengaruh model problem based learning (PBL) dan group investigation (GI) dalam pembelajaran sejarah ditinjau dari motivasi belajar di SMA Martapura. Istoria Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 4(1). https://doi.org/10.23969/jcbeem.v4i1

Husna, N., & Nurhayati, N. (2018). Pengembangan Perangkat Scientific berbasis multirepresentasi untuk menunjang pembelajaran matematika dalam kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(2), 74–80. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v3i2.729

Indayatmi, I. (2017). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI MODEL CHEMISONG PADA PESERTA DIDIK KIMIA ANALISIS. Edusains, 9(1), 41–52. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/es.v9i1.2878

Langitasari, I. (2016). Analisis Kemampuan Awal Multi Level Representasi Mahasiswa Tingkat I Pada Konsep Reaksi Redoks. EduChemia: Jurnal Kimia Dan Pendidikan, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v1i1.436

McBride, E., Oswald, W. W., Beck, L. A., & Vashlishan Murray, A. (2020). “I’m just not that great at science”: Science self-efficacy in arts and communication students. Journal of Research in Science Teaching, 57(4), 597–622. https://doi.org/10.1002/tea.21603

Nurhayati, N., Nurussaniah, N., & Anita, A. (2017). Kemampuan Multirepresentasi Dan Hubungannya Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Pengajaran MIPA, 22(1), 52–55. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v22i1.5833

Purwanti, A., Sutopo, S., & Wisodo, H. (2017). Penguasaan Konsep Materi Kinematika pada Siswa SMA Kelas X dengan menggunakan Pembelajaran Multirepresentasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(4), 575–578. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i4.8980

Roebianto, A. (2020). The Effects of Student’s Attitudes and Self-Efficacy on Science Achievement. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 9(1), 1–10. https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i1.14490

Sari, R. P., & Seprianto, S. (2018). Analisis Kemampuan Multipel Representasi Mahasiswa FKIP Kimia Universitas Samudra Semester II Pada Materi Asam Basa dan Titrasi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 55–62. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10745

Sartike, R. P. (2018). Implementasi model problem based learning dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah manajemen laboratorium. Edusains, 10(2), 197–205. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/es.v10i2.7376

Shavira, T., Ertikanto, C., & Suyatna, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Modul Kontekstual Berbasis Multirepresentasi Pada Materi Gravitasi Newton Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v7i2.1429

Sum, K. W. R., Wallhead, T., Ha, S. C. A., & Sit, H. P. C. (2018). Effects of physical education continuing professional development on teachers’ physical literacy and self-efficacy and students’ learning outcomes. International Journal of Educational Research, 88, 1–8. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2018.01.001

Sunyono, S., & Meristin, A. (2018). The effect of multiple representation-based learning (MRL) to increase students’ understanding of chemical bonding concepts. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 399–406. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i4.16219

Tiarini, N. P., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ) Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IpA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/21422/13369

Van Gasse, R., Vanlommel, K., Vanhoof, J., & Van Petegem, P. (2020). Teacher interactions in taking action upon pupil learning outcome data: A matter of attitude and self-efficacy? Teaching and Teacher Education, 89, 102989. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102989

Wallace, B., Knudson, D., & Gheidi, N. (2020). Incorporating problem-based learning with direct instruction improves student learning in undergraduate biomechanics. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 27(February), 100258. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2020.100258

Widianingtiyas, L., Siswoyo, S., & Bakri, F. (2015). Pengaruh Pendekatan Multi Representasi dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 31–38. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/1.01105

Yuliastini, I. B., Rahayu, S., Fajaroh, F., & Mansour, N. (2018). Effectiveness of pogil with ssi context on vocational high school students’ chemistry learning motivation. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 85–95. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.9928

Downloads

Published

2020-09-28

How to Cite

Tima, M. T., & Sutrisno, H. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH BERBASIS REPRESENTASI MULTIPEL PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA TERHADAP EFIKASI DIRI SISWA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(2), 70–77. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i2.21896

Issue

Section

Articles