PEMBERIAN TUGAS PRA-PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN BELAJAR SISWA

I Komang Wisnu Budi Wijaya, Ni Wayan Krisna Windayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan efektivitas pemberian tugas pra-pembelajaran untuk meningkatkan kesiapan belajar siswa kelas XI IPA1 SMA Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016 dan 2) meningkatkan kesiapan belajar siswa melalui pemberian tugas pra-pembelajaran di kelas XI IPA1 SMA Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini tergolong dalam penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi/evaluasi, dan (4) refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah yaitu peneliti itu sendiri dan juga menggunakan lembar observasi kesiapan belajar dan lembar pemberian tugas. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut : 1) Penerapan metode pemberian tugas pra-pembelajaran dapat meningkatkan kesiapan belajar Kimia pada siswa kelas XI IPA1 SMA Laboratorium Undiksha Singaraja. Hal ini dapat dilihat dari nilai tugas siswa dan persentase nilai observasi kesiapan belajar siswa, 2) Penerapan metode pemberian tugas pra-pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas XI IPA1 SMA Laboratorium Undiksha Singaraja dan 3) Penerapan metode pemberian tugas pra-pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Kimia pada siswa kelas XI IPA1 SMA Laboratorium Undiksha Singaraja.

ABSTRACT

This research is aimed to (1) know the effectiveness of giving assignments before the lesson in increasing the readiness of students in learning chemistry at grade XI IPA 1 SMA Lab Undiksha, (2) improve the readiness of students in leaening chemistry by giving assignment before the lesson at grade XI IPA 1 SMA Lab Undiksha. This research is classroom action research. This research is conducted two cycles and each cycle consists of planning, implementing, observing/evaluating and reflecting. The instruments used during the research is the reasearcher itself, learning readiness observation sheet, and assigment sheet. The result of experiment shows that giving assignment before the lesson can improve (1) students readiness in learning chemistry, (2) students participation during the class, and (3) students achievement in learning chemistry at grade XI IPA 1 SMA Lab Undiksha.


Keywords


tugas; pra-pembelajaran; kesiapan; belajar

Full Text:

PDF

References


Arifin, R. (2018). Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah Negeri Gowa Kabupaten Gowa. UIN Alaudin Makassar.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.

Erna. (2008). Strategi Pemberian Tugas Pra-Pembelajaran dan Embedded Test untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Pekanbaru: Universitas Riau.

Jayadiningrat, M. G., Tika, I. N., & Yuliani, N. P. (2017). Meningkatkan Kesiapan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Dengan Pemberian Kuis Di Awal Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 7-12.

Kunandar. (2016). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Depok: Raja Grafindo Persada.

Muhibbinsyah. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Novariyanti, F. (2017). Penerapan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Sosiologi Di Kelas Xi Ips 1 Sma Islamiyah Pontianak. Universitas Tanjungpura.

Nurkancana, & Sunartana. (1992). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana. (2010). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Wijaya, I. K. W. B. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA, 4(1).

Wijaya, I. K. W. B., Kirna, I. M., & Suardana, I. N. (2012). Model Demonstrasi Interaktif Berbantuan Multimedia Dan Hasil Belajar Ipa Aspek Kimia Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpk.v4i1.23231

Article Metrics

Abstract view : 434 times
PDF file view : 336 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL PENDIDIKAN KIMIA INDONESIA IS PUBLISHED BY:

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: http://pendidikankimia.undiksha.ac.id/
Email: jpki@undiksha.ac.id

 

Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia indexed by:

Akreditasi SINTA     Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.