PENERAPAN PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI KARTU NAMA DARI TATA NAMA SENYAWA KIMIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Opir Rumape Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas MIPA, Univresitas Negeri Gorontalo
  • Nelpiani Christopel Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas MIPA, Univresitas Negeri Gorontalo
  • Jafar La Kilo Program Studi Kimia, Fakultas MIPA, Univresitas Negeri Gorontalo
  • Akram La Kilo Program Studi Kimia, Fakultas MIPA, Univresitas Negeri Gorontalo http://orcid.org/0000-0002-4885-1838

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.26292

Keywords:

Teams Game Tournament, kartu nama, tatanama senyawa kimia, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tatanama senyawa kimia menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbasis media kartu nama. Hasil belajar yang diukur yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor. Desain penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 53 siswa masing-masing pada kelas eksperimen sebanyak 26 siswa dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajran TGT berbantuan media kartu nama sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil uji validitas tes menunjukkan bahwa 15 soal valid dan hasil reliabitas tes adalah  0,92  tergolong dalam kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan separated varian. Hasil tesebut menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 51 diperoleh thitung 4,01 > Ttabel 1,67, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dilengkapi media kartu nama terhadap hasil belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada kelas eksperimen sebesar 62,57 dan  pada kelas kontrol 53,58. Hasil aspek afektif dari kedua kelas dikategorikan baik, rata-rata kelas eksperimen 82,2% sedangkan pada kelas kontrol 73,8%. Pada Aspek psikomotor dari kedua kelas dikategorikan terampil, rata-rata pada aspek psikomotor antara kelas eksperimen 81,9% dan kelas kontrol adalah 69,2%.

References

Arsyad M. A. M., Sihaloho M., and La Kilo A., (2016), Analisis Miskonsepsi pada Konsep Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI SMAN 1 Telaga. Jambura J. Educ. Chem., 11(2), 190–195.

Bait D. J., Duengo S., and La Kilo A., (2018), Pengaruh Model Pembelajaran Simayang Tipe II terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Kimia Siswa Kelas X pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. Jambura J. Educ. Chem., 13(2), 157–163.

Damayanti S. and Apriyanto M. T., (2017), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA How to Cite (APA 6 th Style. (02), 235–244.

Hidanurhayati H., Sihaloho M., and La Kilo A., (2018), Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Disertai Media Kartu Pintar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI di SMA Negeri 1 Kabila. Jambura J. Educ. Chem., 13(2), 233–240.

La Kilo A., (2017), Solusi Rumus Derajat Keasaman Reaksi Asam Basa pada Larutan Penyangga dengan Metode Mol Awal (Rumus Akram). PATEN, 8(1065).

Laliyo L. A. R., Kau M., La Kilo J., and La Kilo A., (2020), KEMAMPUAN SISWA MEMECAHKAN MASALAH HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. AR-RAZI J. Ilm., 8(1), 1–8.

Maksum M. J., Sihaloho M., and La Kilo A., (2017), Analisis Kemampuan Pemahaman Siswa pada Konsep Larutan Penyangga Menggunakan Three Tier Multiple Choice Tes. Jambura J. Educ. Chem., 12(1), 47–53.

Mamanda S. and Sumantri M., (2018), Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games-Tournament dengan Menggunakan Media Kartu Cetak untuk Meningkatkan Hasil Belajar. J. Educ. Action Res., 2(4), 348–354.

Monoarfa Z. P., La Kilo A., and Botutihe D. N., (2017), Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 3 Gorontalo Utara pada Konsep Larutan Penyangga. Jambura J. Educ. Chem., 12(2), 215–223.

Muderawan I. W., Wiratma I. G. L., and Nabila M. Z., (2019), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN KIMIA. J. Pendidik. Kim. Indones., 3(1), 17–23.

Qurrota D. and Suardana I. N., (2017), Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. J. Pendidik. Kim. Indones., 1(2).

Rahmawati N. K., (2017), Implementasi Teams Games Tournaments dan Number Head Together ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis,.

Salman L., Suleman N., and La Kilo A., (2017), Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang Disertai dengan Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TPHP SMK Negeri 2 Gorontalo pada Materi Sistem Koloid. Jambura J. Educ. Chem., 12(2), 193–200.

Sugiata I. W., (2019), Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. J. Pendidik. Kim. Indones., 2(2), 78.

Suprapto A. N., (2013), PERMAINAN MONOPOLI SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKANMINAT BELAJAR TATA BOGA DI SMA. J. Ilm. Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (1).

Susanna S., (2018), Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas XI MAN 4 Aceh Besar. Lantanida J., 5(2), 93–105.

Susanti F., Ayub S., and Taufik M., (2016), Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Kartu Soal dengan Model Pembelajaran Direct Instruction Di SMAN 7 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016,.

Zumaroh E., Widana I. D., and Muliani N. L., (2017), Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) pada pembelajaran kimia untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. J. Pendidik. Kim. Indones., 1(1), 30–36.

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Rumape, O., Christopel, N., La Kilo, J., & La Kilo, A. (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI KARTU NAMA DARI TATA NAMA SENYAWA KIMIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 40–46. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.26292

Issue

Section

Articles